1 Cara Ampuh Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di HP Android

HP dengan sistem operasi android memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan HP pada generasi sebelumnya. Tidak hanya berfungsi sebagai perangkat telepon saja, tetapi HP tersebut mempunyai manfaat yang jauh lebih kompleks. Bahkan ponsel ini juga mampu mendukung pekerjaan kita sehari-hari. Maka tidak heran, HP android pun lantas dijuluki sebagai telepon pintar (smartphone) karena memang perangkat tersebut mampu mengerjakan berbagai tugas.

Namun di sisi lain, canggihnya kemampuan yang dimiliki oleh HP android mendorong para oknum nakal untuk membuat virus yang dapat merusaknya. Tujuannya sendiri bermacam-macam. Contohnya untuk mengambil data pengguna yang tersimpan di dalam smartphone, menyebabkan smartphone menjadi error, memperberat kinerja smartphone sehingga membuat performanya lamban, dan lain-lain. Anda mesti waspada terhadap kemungkinan virus yang menyerang HP Anda.

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali dari file yang sebenarnya merupakan virus, di antaranya :

  • File virus ini biasanya tidak dapat dibuka
  • File tidak bisa dijalankan menggunakan aplikasi apapun
  • File memiliki nama dari susunan huruf yang aneh
  • File mempunyai ekstensi yang tidak normal
  • File sama sekali tidak dapat dihapus

Apabila Anda menemukan adanya file dengan ciri-ciri seperti di atas pada kartu SD di HP android, Anda harus lekas menghapusnya. Tidak perlu bingung bagaimana cara melakukannya. Anda memang tak bisa menghapus file tersebut menggunakan HP andorid ataupun komputer. Namun ternyata file virus ini bisa gampang dihapus dengan memanfaatkan ponsel jadul loh. Ya, ponsel yang menggunakan sistem operasi bukan android dapat Anda pakai untuk menghapus file virus ini karena pada hakikatnya file tersebut diprogram untuk menyerang HP android saja.

Silakan Anda bisa mengikuti 5 langkah di bawah ini untuk menghapus file virus yang tak bisa dihapus menggunakan HP android ya!

  1. Padamkan smartphone android Anda dengan menekan tombol power, lalu memilih power off. Tunggu sejenak agar HP benar-benar mati. Kemudian keluarkan kartu SD yang terpasang pada smartphone tersebut dengan hati-hati.
  2. Siapkan handphone yang masih jadul seperti Nokia yang menggunakan java ataupun produk HP keluaran Negara China yang tidak memakai sistem operasi android. Biasanya HP jadul ini masih menggunakan keyboard fisik dan layarnya pun tidak touchscreen.
  3. Pasanglah kartu SD Anda pada handphone jadul tersebut. Pasanglah pada slot yang tepat supaya HP mampu mendeteksi keberadaannya. Setelah itu, Anda bisa menyalakan HP dan menunggu sebentar sampai sistem HP mampu membaca kartu SD.
  4. Silakan Anda pergi menuju ke folder My Files, Daftar Berkas, atau sejenisnya untuk mengakses isi file yang terdapat di dalam kartu SD. Lantas Anda bisa segera menuju ke file yang dicurigai sebagai virus karena file tersebut sebelumnya tidak bisa dihapus.
  5. Silakan Anda tekan tombol Pilihan, Options, atau sejenisnya. Kemudian gulirkan ke opsi Hapus, Delete, atau sejenisnya. Seketika file tersebut pun langsung terhapus. File tadi tidak berdaya karena memang program di dalamnya tidak berjalan di luar HP android.

Yap, cukup dengan melakukan kelima langkah di atas, maka kartu SD Anda kini bebas dari virus. Silakan Anda bisa mencobanya sendiri ya!