10 Cara Mengatasi HP Panas Saat Main Game

HP zaman sekarang bukan sekadar alat komunikasi jarak jauh belaka. Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk menelepon seseorang yang berada di kejauhan. Tapi HP pun memiliki fungsi sebagai perangkat multimedia. Anda bisa bermain game menggunakan HP. Mulai dari game sederhana seperti tetris, puzzle, atau teka-teki silang sampai dengan game berbasis 3 dimensi pun bisa dimainkan di perangkat yang satu ini.

Jadi tidak mengherankan kalau ada begitu banyak orang yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap HP. Perangkat ini seolah-olah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Semua orang membutuhkannya. Apalagi bagi anak-anak remaja yang hobi bermain game, kebanyakan dari mereka lebih memilih tidak jajan ketimbang tidak bermain HP. Anak-anak ini pun sangat betah menggenggam HP untuk menyelesaikan game.

Anda mungkin termasuk salah seorang pecandu game di HP? Kami yakin Anda pasti sering merasakan suhu ponsel menjadi panas sekali di tengah-tengah asyiknya bermain game, kan? Terang saja sebab pada hakikatnya HP bukanlah perangkat untuk bermain game. Beratnya file yang harus diproses oleh sistem ketika Anda bermain game menjadi pemicu utama mengapa suhu HP menjadi naik drastis. Selain itu, tidak adanya alat pendingin yang melengkapi HP semakin memperparah masalah ini.

hp-panas-saat-main-game.jpg

Apabila suhu HP Anda menjadi panas sekali, Anda sebaiknya langsung melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya sebelum kerusakan yang lebih fatal terjadi.

Stop Bermain Game untuk Sementara

Yang harus Anda pahami bahwa semua perangkat mempunyai batasan kemampuan. Jangan pernah memaksakan kinerja suatu perangkat. Anda sendiri tidak mau dipaksa bekerja terus-menerus, kan? Suhu yang menjadi panas menandakan kalau HP tersebut sudah kelelahan. Anda harus memberikannya kesempatan untuk beristirahat. Berhentilah bermain game untuk sejenak waktu. Biarkan suhu HP menjadi normal kembali.

Lakukan Restart HP Guna Menyegarkan

Setelah Anda menghentikan permainan game, segera restart HP tersebut. Proses restart ini begitu penting dilakukan terutama saat suhu ponsel sudah meningkat tajam. Tujuannya adalah menyegarkan kembali komponen-komponen elektronik penyusun HP tersebut beserta sistem operasi di dalamnya. Jangan pernah menjadi pemilik smartphone yang egois. Lakukan restart setiap kali ponsel Anda terasa panas supaya merasa segar.

Hentikan Paksa Aplikasi yang Lainnya

HP masa kini dijuluki sebagai smartphone karena mempunyai fungsi yang begitu banyak. Untuk mendukung fungsi tersebut, berbagai aplikasi dibutuhkan dengan tujuan yang berbeda-beda. Tidak hanya aplikasi berbasis game, ada pula aplikasi sosial media, email, pesan instan, file manager, browser internet, editting, dan masih banyak lagi. Untuk mengurangi beban ponsel selama Anda bermain game, hentikan paksa aplikasi-aplikasi yang lainnya.

Beralih ke Sambungan WiFi

Tahukah Anda, sambungan internet melalui WiFi lebih hemat energi baterai ketimbang mobile data. Apalagi jika Anda mengakses internet di Hotspot yang mempunyai kecepatan data sangat tinggi. Manfaat internet yang cepat salah satunya yaitu menghemat konsumsi tenaga dari baterai. HP pun menjadi tidak cepat panas karena kinerjanya stabil. Bila memungkinkan, Anda bisa memulai beralih ke sambungan WiFi saat bermain game dari sekarang.

Matikan Fitur-fitur Tidak Berguna

Fitur-fitur yang dimiliki oleh smartphone kini juga sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Sayangnya Anda tidak membutuhkan semua fitur ini pada suatu waktu. Pasti ada beberapa fitur yang tidak terpakai ketika Anda bermain game. Sayangnya tidak sedikit pengguna HP yang lupa mematikan fitur tersebut. Baterai pun menjadi boros. Cobalah Anda cek sekali lagi fitur-fitur di HP. Matikan untuk sementara waktu fitur-fitur yang tidak digunakan seperti bluetooth, mobile data, mobile hotspot, sinkronisasi, dan GPS location.

Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Layar menjadi salah satu komponen HP yang menghabiskan daya cukup banyak. Terutama untuk mencerahkan penampilan layarnya, HP membutuhkan energi yang tidak sedikit. Pada prinsipnya, semakin cerah tampilan layar ponsel, maka semakin banyak pula tenaga yang dibutuhkannya. Artinya baterai Anda akan cepat habis dan suhu HP pun cepat menjadi panas manakala tampilan layar HP terlalu cerah. Anda bisa meredupkannya dengan menurunkan ke beberapa level.

Jangan Sambil Diisi Dayanya

Dilarang keras bermain game pada saat handphone Anda sedang di-charge. Memang benar Anda bisa memainkan game lama sekali kalau dilakukan sambil mengisi daya HP. Seolah-olah daya listrik pada baterai HP tersebut tidak pernah habis. Tenaga yang dikeluarkan oleh ponsel akan kembali diisi oleh charger. Namun faktanya kebiasaan seperti ini buruk sekali. Jika terus Anda lakukan, cepat atau lambat pasti HP Anda akan mengalami kerusakan yang fatal.

Pindah ke Ruangan yang Sejuk

Percaya atau tidak, suhu ruangan juga dapat mempengaruhi temperatur ponsel. Ketika Anda memainkan HP di tempat yang panas, suhunya pun akan cenderung cepat meningkat. Begitu pula saat Anda bermain game di ruangan yang dilengkapi AC, pasti suhunya bakal lebih stabil. HP tidak cepat panas ketika digunakan di ruangan yang cukup dingin. Anda bisa mencoba tips ini dengan berpindah ke ruangan yang lebih sejuk.

Manfaatkan Kipas Angin

Seperti kita tahu, handphone tidak dilengkapi dengan perangkat pendingin berupa fan seperti komputer atau laptop. Maka tak heran kalau suhu HP akan terus meningkat selama digunakan. Pemakaian aplikasi yang katanya bisa mendinginkan HP pun sama sekali tidak berguna. Aplikasi ini benar-benar tidak akan membantu Anda, justru memenuhi memori internal saja. Lebih baik Anda memanfaatkan kipas angin untuk mendinginkan HP selama digunakan.

Lepaskan Casing Belakang

Jika temperatur HP Anda mudah menjadi panas setiap kali Anda bermain game, cobalah cara tradisional tetapi sudah terbukti manjur untuk mengatasinya. Caranya yaitu Anda bisa melepas casing bagian belakang HP tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat sirkulasi udaranya menjadi lebih lancar. Model casing yang terlalu rapat turut andil dalam membuat HP menjadi cepat panas. Apalagi bila Anda memasang casing tambahan. Lepaskan semua casing di bagian belakang dan biarkan HP Anda bernapas lega.