10 Penyebab Ghost Touch Pada HP Touch Screen

Pernahkah Anda mendapatkan masalah berupa layar HP yang bergerak-gerak sendiri ketika sedang asyik-asyiknya menggunakan handphone tersebut? sebenarnya bukan cuma Anda seorang yang pernah mengalaminya. Ada banyak sekali pengguna HP berlayar touch screen yang juga mengalami masalah serupa. Masalah ini sendiri dikenal dengan sebutan ghost touch. Namun Anda tidak perlu takut sebab masalah tersebut tak ada hubungannya dengan hantu.

Ciri-ciri HP yang mengalami masalah ghost touch yaitu layar bergerak-gerak sendiri seperti ada yang menyentuhnya, padahal kita sama sekali tidak menyentuhnya. Akibatnya ialah Anda pun menjadi sangat terganggu dengan masalah tersebut. Layar HP bergerak semaunya sendiri. Saat Anda mencoba memberikan perintah pun layar tersebut tidak memberikan respons sesuai dengan perintah Anda. Sehingga Anda dibuat kesal bukan main.

penyebab-ghost-touch-hp.jpg

  1. Cacat Bawaan

Tidak menutup kemungkinan kalau HP milik Anda mengalami cacat bawaan sejak dari pabriknya. Kemungkinan penyebab ini diperkuat jika banyak pengguna lain yang juga mengalami masalah yang sama. Beberapa produk smartphone memang mempunyai kelemahan yaitu masalah ghost touch yang sering menimpanya. Di sinilah pentingnya Anda perlu membaca review terlebih dahulu sebelum membelinya.

  1. Layar Kotor

Kotoran yang menempel pada layar juga bisa menyebabkan terjadinya ghost touch. Lalu sensor pada layar menganggap kalau kotoran tersebut sebagai sebuah sentuhan yang harus direspons. Dari sinilah awal mula kekacauan dimulai. Layar akan memberi beberapa respons yang tidak sesuai dengan perintah Anda. Bahkan pada kasus yang parah, layar akan bergerak-gerak sendiri.

  1. Layar Basah

Bahkan butiran-butiran air yang menempel pada permukaan layar HP pun dapat mengakibatkan timbulnya masalah ghost touch. Sekali lagi butiran air ini dianggap oleh sensor layar sebagai sebuah sentuhan. Layar pun menjadi bergerak-gerak tidak karuan. Jika air yang membasahi layar terlalu banyak, sentuhan dari jari Anda akan terhalangi. Anda pun mengalami kesulitan untuk mengoperasikan HP.

  1. Layar Terlalu Panas

Sering kali pengguna akan mengalami masalah ghost touch hanya saat suhu layarnya dalam kondisi yang sangat panas. Mula-mula masalah ini sama sekali tidak dirasakan. Tapi setelah HP digunakan dalam waktu yang lama dan suhu HP menjadi panas, kasus ghost touch pun terjadi. Diawali dari respons layar yang lambat sekali. Setelah itu layar pun bergerak sendiri tanpa kita sentuh.

  1. Layar Terlalu Sensitif

Layar pada HP mempunyai tingkat sensitivitas yang sudah ditetapkan oleh produsen. Dengan demikian, layar tersebut dapat memberikan respons dengan baik sesuai sentuhan yang kita berikan. Jika tingkat sensitivitas layar HP terlalu tinggi, layar tadi tidak mampu bekerja dengan baik. Semua sentuhan yang diterimanya dianggap sebagai sebuah perintah yang harus direspons dan dilaksanakan.

  1. Layar Rusak

Kondisi layar yang sudah rusak tidak mampu memberikan respons sesuai apa yang kita perintahkan. Kerusakan ini biasanya diawali dengan layar yang sering mengalami keterlambatan dalam merespons semua perintah kita. Kemudian layar tersebut tidak mau memberikan respons sama sekali. Kinerja layar menjadi sangat kacau sehingga tak bisa menangkap perintah yang diterimanya dengan benar.

  1. RAM Terlalu Sibuk

Kasus ghost touch juga bisa terjadi lantaran kinerja RAM yang terlampau padat. Ada banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan oleh RAM pada suatu waktu. Karena saking banyaknya, bahkan RAM pun menjadi bingung harus menyelesaikan tugas yang mana pertama kali. Dampaknya yaitu layar pun menjadi berhenti sejenak (blank). Lalu masalah ghost touch terjadi beberapa saat.

  1. Bug Pada ROM

ROM merupakan memori yang khusus dipakai untuk menyimpan sistem operasi pada HP. Seiring dengan berjalannya waktu, ROM ini bisa mengalami masalah. Crash yang terjadi pada ROM mengakibatkan sistem yang disimpan menjadi rusak. Hal ini akan berdampak pada sistem kerja HP dalam menangkap sebuah sentuhan. ROM yang crash menyebabkan kinerja layar pun mengalami masalah.

  1. Charger Rusak

Tidak sedikit pengguna HP yang tetap memakai ponselnya pada saat perangkat ini sedang diisi ulang daya baterainya. Memang benar seharusnya HP tetap bisa dipakai dengan normal meskipun sedang di-charge. Tetapi bila timbul ghost touch pada layar HP selama proses pengisian daya baterai ini berlangsung, maka besar kemungkinan kalau kondisi charger sudah rusak sehingga arus listrik yang mengalir tidak sesuai.

  1. Tangan Anda Kotor

Bukan tidak mungkin munculnya ghost touch disebabkan oleh Anda sendiri. Sebagai contoh, kondisi tangan Anda yang kotor mengakibatkan sensor pada layar tidak bisa menangkap perintah yang Anda berikan dengan tepat. Begitu pula jika kondisi jari tangan Anda basah atau berminyak, handphone Anda pun menjadi salah dalam menerjemahkan sentuhan dari jari tangan Anda.