12 Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas yang Harus Anda Tahu

Smartphone Xiaomi memang begitu fenomenal. Smartphone ini terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau kendati memiliki berbagai fitur yang canggih. Bahkan jika dibandingkan dengan smartphone merek ternama, harga HP Xiaomi ini masih jauh lebih murah loh. Sehingga banyak orang yang akhirnya tertarik membeli smartphone Xiaomi. Namun beberapa pengguna HP Xiaomi mengaku kalau gadgetnya cepat panas. Baru dipakai sebentar saja, HP tersebut sudah terasa panas sekali.

Sebenarnya masalah HP yang cepat panas ini dialami semua merek smartphone dengan beragam tipe. HP yang memanas merupakan kondisi yang wajar terjadi. Sebab pada dasarnya kinerja ponsel juga akan menghasilkan kalor sebagai efek sampingnya. Sehingga wajar sekali bila kemudian suhu HP pun menjadi panas. Tetapi jika suhu smartphone memanas dengan sangat cepat setiap kali Anda menggunakannya, barulah kondisi ini bisa dikatakan sebagai suatu keadaan yang tak wajar alias bermasalah.

Di bawah ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan HP Xiaomi Anda cepat memanas. Anda sebaiknya menghindari aktivitas pemakaian smartphone yang semacam ini karena dapat menyebabkan dampak buruk bagi smartphone Anda. Bukan tidak mungkin, ponsel pintar Anda bakal cepat rusak apabila Anda menggunakannya dengan cara yang salah kaprah seperti ini.

hp-xiaomi-tidak-cepat-panas.jpg

  1. Kondisi Sinyal HP yang Terlalu Lemah

Saat pertama kali dinyalakan, HP akan langsung mencari sinyal telepon. Perangkat ini akan terus melakukan pencarian sinyal sampai berhasil menemukannya. Jika sudah ketemu, sinyal ini akan terus dipertahankannya. HP akan terus bekerja supaya tetap terkoneksi dengan sinyal tersebut. Jadi meskipun HP mendiamkannya, sebenarnya HP terus bekerja mencari sinyal dan menjaga agar tetap terkoneksi. Kalau kondisi sinyalnya lemah, HP harus bekerja lebih keras.

  1. Widget di Homescreen Terlalu Banyak

Gunakanlah HP Anda layaknya perangkat telepon. Walaupun kemampuan smartphone masa kini sudah banyak sekali, hendaknya Anda tak berlebihan dalam mengoperasikannya. Sebab semakin banyak tugas yang harus dikerjakan oleh HP tersebut, maka semakin banyak pula energi yang dikeluarkannya. Begitu juga dengan panas yang dihasilkan oleh HP ini pun akan semakin banyak. Batasilah penggunaan HP Anda untuk pekerjaan yang penting-penting saja.

  1. Pengaturan Brightness Terlalu Cerah

Anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar smartphone melalui menu Pengaturan Tampilan. Di sini terdapat pilihan Kecerahan (brightness) yang dapat diatur sesuka hati. Bahkan ada pula loh fitur agar HP memilih sendiri berapa tingkat kecerahan layarnya secara otomatis. Namun Anda mesti ingat, semakin cerah tampilan layar HP, maka semakin cepat panas pula layarnya. Anda sebaiknya mengatur kecerahan layar ini sesuai kebutuhan dan jangan terlalu cerah.

  1. Memakai HP Ketika Sedang Di-charging

Berkali-kali kami mengingatkan jangan pernah menggunakan HP saat sedang di-charge. Bahkan untuk sekadar mengecek pesan terbaru dari Whatsapp pun sebaiknya Anda tak melakukannya. Biasakan untuk mengistirahatkan ponsel Anda selagi HP tersebut sedang diisi ulang baterainya. Menggunakan HP ketika sedang dicas akan membuatnya cepat panas sebab HP tersebut akan melakukan dua pekerjaan sekaligus. Listrik yang masuk akan langsung keluar.

  1. Ponsel Menjalankan Aplikasi Berat

Ingat-ingat betul spesifikasi dari smartphone yang Anda miliki. Karena kemampuannya sangat dipengaruhi oleh spesifikasinya. Meskipun di Play Store terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa diinstal di HP secara gratis, tapi Anda perlu memperhatikan kesesuaian antara aplikasi tersebut dengan spesifikasi smartphone. Jangan paksa ponsel menjalankan aplikasi yang terlalu berat. Kalau Anda tetap melakukannya, smartphone tersebut menjadi cepat panas.

  1. Banyaknya Aplikasi di Latar Belakang

Tahukah Anda, ada beberapa aplikasi yang tetap bekerja walaupun Anda tidak membukanya? Istilahnya adalah aplikasi tersebut berjalan di latar belakang (background). Biasanya sih aplikasi-aplikasi dengan tipe ini didominasi oleh aplikasi sosial media dan toko online yang memang kita sebagai pengguna terus membutuhkan update informasi terbaru dari aplikasi tersebut. Namun dampak buruknya ialah aplikasi ini memerlukan resource HP yang sangat besar.

agar-hp-tidak-cepat-panas.jpg

  1. Memainkan Game yang Sangat Berat

Sama halnya seperti pemilihan aplikasi, Anda pun perlu memilih game yang ingin diinstal di HP secara bijaksana. Kalau ukuran game tersebut terlalu besar, jangan sekali-kali Anda memasang game tadi karena justru akan memberatkan kinerja ponsel. Smartphone yang memanas dengan cepat merupakan dampak teringan dari HP yang menjalankan game terlalu berat. Sedangkan dampak parahnya, mungkin saja HP Anda tiba-tiba menjadi mati total.

  1. Fitur Mobile Data/Internet Selalu Aktif

Khusus bagi Anda yang tak mempunyai toko online, alangkah baiknya Anda tidak terus-menerus menyalakan mobile data pada smartphone. Karena faktanya koneksi data merupakan fitur HP yang paling memakan resource. Ponsel harus bekerja lebih keras saat Anda mengakses internet. Akibatnya suhu ponsel pun akan menjadi cepat panas kalau Anda terus-menerus menyalakan mobile data. Sebaiknya sih segera matikan koneksi mobile data kalau urusan Anda sudah selesai.

  1. Fitur Tidak Penting Selalu Diaktifkan

Penyebab HP Xiaomi Anda cepat panas yang berikutnya yaitu Anda selalu mengaktifkan fitur-fitur HP padahal tidak sedang menggunakannya. Misalnya seperti fitur bluetooth, WiFi, hotspot, dan lain-lain. Tanpa Anda sadari fitur-fitur tambahan ini menyedot banyak energi ketika Anda mengaktifkannya. Sebaiknya kalau Anda tidak sedang menggunakan fitur-fitur tersebut, silakan matikan saja supaya kinerja HP menjadi lebih ringan.

  1. Fitur Power Saving Tidak Dinyalakan

Jangan menyepelekan fitur power saving yang ada pada HP. Karena kenyataannya fitur ini bisa menghemat tenaga smartphone dalam jumlah yang cukup banyak hingga mencegah panas HP yang berlebih. Fitur ini sendiri bekerja dengan membatasi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh HP. Namun Anda tak perlu khawatir sebab perbedaan kinerjanya tidak terlalu kentara kok. Tapi justru hasilnya terlihat jelas sekali, di mana HP lebih hemat baterai.

  1. Versi MIUI Tidak Di-update Paling Baru

Ketika ada update terbaru dari MIUI, sebaiknya Anda lekas melakukan pembaharuan di sistem HP Anda. Jangan tunda-tunda sampai besok. MIUI terbaru tentu lebih bagus daripada versi yang sebelumnya. Bug-bug yang menyebabkan pemborosan baterai pun telah teratasi dengan baik. Begitu pula dengan kinerja HP Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Ponsel tersebut tak akan cepat panas serta terhindar dari kinerja yang terlalu dipaksakan.

  1. Menggunakan Ponsel di Tempat Panas

Ternyata suhu udara di luar juga dapat mempengaruhi suhu smartphone Anda loh. Kalau Anda tidak percaya, cobalah gunakan ponsel Anda di tempat yang terbuka serta terkena terik cahaya matahari secara langsung. Kami jamin deh ponsel tersebut pasti akan memanas dengan cepat sekali. Beberapa tipe ponsel bahkan memberi peringatan karena saking panasnya suhu ponsel tersebut. Hendaknya Anda memakai ponsel di tempat yang teduh dan sejuk.