20 Tips Berguna agar HP Anda Tidak Cepat Rusak

Anda mungkin butuh tips agar HP tidak cepat rusak? HP seolah-olah kini menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Semua orang sudah mempunyai paling tidak sebuah HP. Tanpa disadari orang-orang telah sangat menggantungkan hidupnya dengan HP. Dari mulai sekadar berhitung, membuat catatan, membaca berita, mengetahui prakirakan cuaca, memutar musik, menonton film, sampai melakukan sambungan telepon. Jadi wajib hukumnya merawat HP sebaik mungkin supaya tidak mudah rusak.

Ada banyak orang yang mengatakan kalau HP zaman sekarang gampang sekali rusak. Tidak seperti HP zaman dahulu yang lebih awet dan mampu bertahan lama. Kami sendiri tidak setuju dengan pendapat tersebut sebab fungsi HP sekarang jauh berbeda dengan HP di masa lampau. Saat ini HP dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mirisnya justru fungsi dasar HP sebagai alat komunikasi paling jarang dipakai. Karena sangat sering dipakai itulah yang membuat HP rawan mengalami kerusakan.

tips-hp-tidak-cepat-rusak.jpg

Tetapi bila Anda mengikuti tips-tips di bawah ini, kami jamin HP Anda akan lebih awet!

  1. Gunakan HP sewajarnya saja. Ingat bahwa HP merupakan alat komunikasi jarak jauh. Jika Anda ingin menonton film atau bermain game, sebaiknya lakukan di televisi.
  2. HP yang memiliki ukuran di bawah 5 inci boleh Anda simpan di saku celana. Tetapi bila ukurannya lebih besar, masukkan HP di tas agar posisinya tidak tertekan.
  3. Peganglah HP dengan genggaman tangan yang kuat. Letakkan di tempat yang aman apabila sedang tidak digunakan.
  4. Hindari mengguncang-guncangkan HP tersebut. Jangan pernah membenturkannya dengan benda lain yang keras.
  5. Pastikan kondisi tangan Anda dalam keadaan bersih dan kering saat memegangi HP. Usahakan jangan menjatuhkan HP tersebut.
  6. Disarankan memasang pelindung di HP Anda. Dengan adanya pelindung ini, dampak yang timbul bila HP terjatuh bisa diminimalisir.
  7. Jangan pernah mencoba membongkar HP tanpa bimbingan dari ahlinya. Perbaiki kerusakan HP di kantor service resmi.
  8. Lakukan charging HP saat isi baterai tersisa 20 persen. Segera lepaskan kabel charging apabila indikator menunjukkan bahwa baterai sudah terisi penuh 100 persen.
  9. Jangan menggunakan HP pada saat daya baterainya sedang diisi. Matikan HP tersebut. Jangan lepas kabel charging jika baterai belum terisi penuh.
  10. Lakukan pengisian baterai hanya melalui stop kontak dari PLN. Hindari mengecharge baterai tersebut di kendaraan, laptop, atau perangkat lainnya.
  11. Minimalkan penggantian kartu SIM dan kartu memori eksternal. Bongkar pasang kartu yang terlalu sering akan menyebabkan slotnya menjadi longgar.
  12. Instal aplikasi yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi HP Anda. Hindari menginstal aplikasi ini bila HP Anda termasuk spesifikasi minimal.
  13. Jalankan aplikasi yang benar-benar akan digunakan. Apabila Anda sudah selesai memakainya, jangan lupa segera tutup aplikasi tersebut.
  14. Jika daya baterai HP Anda tiba-tiba menunjukkan indikator lemah padahal Anda tidak mungkin mengecharge-nya, segera matikan HP dan cabut baterainya.
  15. Jangan bermain-main dengan HP di tempat yang banyak airnya seperti kolam renang, sungai, dan air terjun kecuali bila HP Anda memiliki kemampuan anti-air.
  16. Hindari menyetel volume suara HP ke tingkat yang paling maksimal. Jika Anda ingin suara yang lebih keras sebaiknya hubungkan HP tersebut ke perangkat speaker.
  17. Lakukan pembersihan HP secara berkala. Hapus file-file yang tidak penting dan file sampah yang cuma memenuhi tempat penyimpanan memori HP Anda.
  18. Jangan menginstal aplikasi yang tidak berguna seperti antivirus dan penghemat baterai. Kedua aplikasi ini sama sekali tidak dibutuhkan di HP Android.
  19. Bersihkan fisik HP serutin mungkin ketika Anda sedang memiliki waktu luang. Anda cukup menggunakan kertas tisu dan cotton bud untuk membersihkan HP.
  20. Jangan paksa HP terus-menerus bekerja ekstra keras. Anda harus mendiamkannya supaya mesin di HP tersebut bisa beristirahat.