3 Cara Ampuh agar HP Tidak Ada Iklan yang Mengganggu

Canggihnya handphone masa kini di satu sisi menguntungkan pengguna dengan kemampuan yang dimilikinya. Boleh dibilang kalau HP sekarang serba bisa apa saja. Namun di sisi lain HP tersebut juga memiliki masalah yang lebih banyak. Contohnya yang paling sederhana yaitu adanya iklan yang mengganggu. Kasus iklan ini memang tidak ada di HP zaman dahulu. Cuma HP kekinian saja yang mengalami gangguan dari iklan.

Iklan yang muncul di handphone tentu sangat mengganggu aktivitas Anda. Setiap kali Anda hendak melakukan sesuatu di ponsel tersebut, maka tampilan HP pun terganggu akibat layar yang tertutupi oleh iklan. Dampaknya yaitu Anda merasa tidak nyaman saat menggunakan HP. Anda harus memikirkan bagaimana caranya supaya iklan-iklan yang mengganggu ini tidak muncul lagi. Tapi apakah solusinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi iklan-iklan ini?

agar-hp-tidak-ada-iklan.jpg

Selain muncul secara terang-terangan, iklan pada ponsel Android juga bisa muncul secara sembunyi-sembunyi atau berjalan di latar belakang. Adapun ciri-ciri HP yang sebenarnya ada iklannya yaitu:

  1. Kinerja HP menjadi lambat
  2. Kapasitas baterai HP cepat habis
  3. Kuota data Anda cepat berkurang
  4. Sambungan telepon sering terputus
  5. Kapasitas memori internal cepat penuh

Berikut ini solusi-solusi yang bisa Anda ambil untuk mengatasinya!

Solusi I. Blokir Iklan di Browser Internet

Tahukah Anda, iklan yang mengganggu HP muncul melalui sambungan internet. Iklan tersebut berasal dari luar sistem ponsel. Iklan hanya tampil saat Anda mengaktifkan mobile data saja. Jadi Anda bisa mulai mencegah kedatangan iklan dengan menggunakan browser internet yang sudah mempunyai fitur ad blocker. Untungnya Google Chrome sebagai browser bawaan sistem operasi Android telah memilikinya. Tugas Anda tinggal mengaktifkan fitur ad blocker tersebut. Niscaya tidak ada iklan mengganggu lagi yang tampil.

Solusi II. Hapus Aplikasi yang Tidak Jelas

Sebenarnya tidak semua iklan yang muncul di browser internet mengganggu pengguna. Ada beberapa iklan yang justru menguntungkan. Misalnya seperti iklan tentang penawaran spesial, diskon, promo, acara menarik, konser, dan lain-lain. Sedangkan iklan yang berjenis pop up memang sangat mengganggu karena muncul secara tiba-tiba serta sulit untuk dihilangkan. Faktanya, iklan mengganggu ini biasanya hanya muncul di aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Hapuslah aplikasi tersebut dengan membersihkan file cache bawaannya terlebih dahulu.

Solusi III. Instal Aplikasi Jenis Ad Blocker

Banyaknya permintaan pengguna smartphone yang berbasis Android untuk menghilangkan iklan di ponselnya mendorong beberapa pengembang untuk menciptakan aplikasi yang dapat menyembunyikan atau menghilangkan iklan. Anda bisa mendownload aplikasi jenis Ad Blocker di Play Store. Pilihlah aplikasi yang mempunyai reputasi paling baik, kemudian tekan instal untuk memasangnya. Tentu saja tidak semua iklan akan diblokir oleh aplikasi ini. Hanya iklan-iklan yang dinilai mengganggu saja yang bakal diblokir.