3 Cara Melepas Sekrup Gundul di Casing HP, Komputer, dan Laptop

Kadang-kadang kita perlu membuka casing smartphone atau pun komputer dan laptop. Misalnya untuk membersihkan bagian dalam perangkat tersebut, mengganti komponen yang sudah rusak, melakukan perbaikan, atau sekadar mengecek kondisinya. Sebenarnya mudah saja untuk membuka casing ponsel. Anda hanya perlu melepaskan semua sekrup yang terpasang dari dudukannya. Barulah kemudian casing HP dapat dibuka dengan mudah sekali dari housing.

Namun pekerjaan yang sepele ini akan menjadi malapetaka apabila sekrup yang terpasang pada ponsel ternyata sudah gundul. Seharusnya di bagian kepala sekrup ada celah yang membentuk pola tertentu sebagai tempat masuknya obeng. Kalau celah ini sudah rusak sehingga bentuknya menjadi bundar, maka tak ada lagi tempat bagi obeng untuk berpijak. Inilah yang dimaksud sekrup gundul. Anda bakal kesulitan dalam memutar sekrup tersebut menggunakan obeng.

membuka-sekrup-yang-gundul.jpg

Lantas, bagaimana caranya melepaskan sekrup yang sudah gundul dari casing smartphone, komputer, laptop, maupun perangkat elektronik yang lainnya? Kami berikan 3 solusinya!

Solusi 1. Sambungkan dengan Obeng

Ini merupakan trik yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi sekrup yang sudah gundul. Trik ini juga memiliki risiko yang kecil. Caranya yaitu Anda dapat menyambungkan obeng dengan sekrup tersebut. Setelah tersambung kuat, Anda tinggal memutar obengnya saja sehingga sekrup yang telah tersambung pun bakal ikut berputar. Tapi lem apa yang bisa dipakai untuk menyambungkan obeng dengan sekrup? Bukan lain yaitu lem besi.

Anda bisa mendapatkan lem besi di toko bangunan terdekat. Wujudnya berupa pasta yang cukup kental. Jadi Anda tak usah khawatir lem ini bakal meluber sebab karakteritiknya memang kental. Anda tinggal meletakkan lem ini cukup satu tetes saja di bagian ujung obeng. Setelah itu tempelkan obeng tersebut di atas sekrup. Tahan posisinya sekitar 20-30 menit sampai lem mengering sempurna. Cara ini akan membuat obeng menyatu dengan sekrup. Terakhir Anda tinggal memutar obeng berlawanan arah jarum jam sehingga sekrup pun keluar dari dudukannya.

Solusi 2. Buat Cerukan di Dekat Sekrup

Tips ini bisa diambil jika sekrup hanya rusak di bagian kepalanya saja yang mengalami gundul. Sedangkan bagian kaki sekrup masih mulus dan tidak dol. Kondisi ini ditandai dengan bodi sekrup yang tak berkarat. Sebenarnya sekrup ini dapat berputar dengan lancar. Namun karena tak bisa memegangnya, maka Anda pun tidak dapat memutar sekrup ini. Diperlukan upaya paksa untuk membuat cerukan di sekitar sekrup ini sehingga Anda dapat menjangkaunya meski sedikit.

Di sini Anda membutuhkan obeng minus yang ujungnya masih tajam sehingga dapat digunakan untuk melukai permukaan casing ponsel. Kami ingatkan sebelumnya, trik ini akan membuat casing smartphone atau komputer Anda mengalami goresan atau luka yang cukup dalam. Anda tinggal mengarahkan ujung obeng di sekitar sekrup dengan tekanan yang cukup kuat. Setelah cerukan yang dibuat sudah cukup dalam, selanjutnya masukkan kuku tangan Anda. Gunakan kuku Anda untuk memutar sekrup tadi secara manual berlawanan arah jarum jam.

Solusi 3. Potong Bagian Kepala Sekrup

Jauh lebih ekstrem dengan langkah pertama dan kedua di atas, tapi trik ini sudah terbukti ampuh dalam melepaskan sekrup yang gundul. Asalkan Anda melakukannya dengan hati-hati, tidak akan ada dampak negatif yang ditimbulkannya. Anda hanya perlu memotong bagian kepala sekrupnya saja, dimana bagian ini memang yang berfungsi sebagai penahan. Barulah kemudian Anda bisa melepaskan casing dengan mudah sebab sudah tak ada lagi bagian sekrup yang menahannya.

Bagaimana cara memotong kepala sekrup? Kami biasanya menggunakan bor listrik yang ukurannya paling kecil. Kalau mau lebih aman, Anda bisa memakai gergaji besi yang kecil. Anda cukup mengarahkan mata bor listrik tersebut tepat pada bagian kepala sekrup. Nyalakan bor ini sesekali saja agar getarannya tidak terlalu kencang. Lakukan secara perlahan-lahan dan penuh dengan kehati-hatian. Lama-kelamaan kepala sekrup pun akan rusak dan terpotong. Sementara untuk kaki sekrup yang masih tertanam bisa Anda keluarkan memakai pinset.