3 Cara Mengatasi Baterai HP yang Sudah Ngedrop

Handphone menggunakan sumber tenaga dari baterai. Baterai tersebut umumnya terpasang di bagian belakang produk. Penggunaan baterai memungkinkan Anda bisa membawa HP ke mana pun. Anda tidak perlu memasang kabel listrik pada HP, lalu menyambungkannya dengan stop kontak. HP tetap bisa menyala meskipun tidak dilengkapi kabel. Benar-benar praktis sekali. Itu sebabnya, baterai mempunyai peranan yang sangat penting.

Baterai adalah peranti untuk menyimpang energi listrik. Untuk mengalirkan energi listrik dari stop kontak agar bisa disimpan oleh baterai, kita membutuhkan charger. Baterai HP dapat diisi dengan energi listrik berulang-ulang kali. Namun Anda tidak selamanya bisa memakai baterai tersebut karena sebenarnya setiap baterai memiliki usia pemakaian. Semakin Anda sering mengisi daya listrik ke dalamnya, maka baterai ini akan semakin rusak.

Salah satu tanda baterai yang sudah rusak yaitu kemampuannya dalam menyimpan energi listrik menurun. Baterai tersebut tak mampu menyimpan daya listrik seperti dulu kala. Baterai hanya sanggup menyimpan listrik sedikit sekali. Akibatnya indikator volume baterai yang ada di handphone pun mengalami kesalahan dalam membaca kapasitas baterai. Volume baterai yang tadinya 100% cepat sekali menurun ke angka 50% atau 30%. Ini artinya baterai sudah ngedrop.

mengatasi-baterai-yang-ngedrop.jpg

Walaupun Anda tidak bisa mengembalikan kondisi baterai yang sudah ngedrop seperti baru lagi, tetapi Anda masih bisa kok meningkatkan sedikit performanya. Berikut ini caranya!

Cara 1. Menjemur Baterai di Bawah Terik Matahari

Percaya atau tidak, mengatasi baterai HP yang sudah ngedrop bisa dilakukan dengan cara yang mudah sekali. Iya benar, Anda bisa memulihkan kondisi baterai ini cukup dengan menjemurnya di bawah terik matahari. Pastikan terlebih dahulu kalau kondisi cuaca sedang cerah, cenderung panas. Kemudian Anda bisa meletakkan baterai HP di atap rumah atau tempat yang terbuka.  Biarkan sinar matahari memanasi baterai tersebut dan membuatnya normal kembali.

Cara 2. Menyimpan Baterai di Dalam Freezer

Freezer juga bisa membantu Anda memulihkan kembali baterai HP yang sudah ngedrop. Alat elektronik ini mampu menciptakan udara yang sangat dingin sehingga dapat memperbaiki sel-sel elektrolit penyusun baterai yang sudah rusak. Agar aman dan tidak mengalami korsleting, Anda bisa membungkus baterai menggunakan kantung plastik terlebih dahulu. Setelah itu, masukan baterai ke dalam freezer. Simpan selama 10-12 jam.

Cara 3. Menusuk Baterai Menggunakan Jarum

Kondisi baterai yang sudah ngedrop biasanya akan menggelembung. Hal ini disebabkan oleh susunan sel-sel elektrolit di dalamnya yang sudah berantakan. Anda tidak boleh membiarkan kondisi ini. Tidak hanya dayanya cepat habis, baterai yang kembung juga bisa mengakibatkan timbulnya efek pelangi pada layar HP. Anda bisa mengatasi baterai yang sudah kembung ini dengan menusuknya memakai jarum yang tajam.