3 Cara Perbaiki Speaker HP Kena Air yang Sudah Terbukti

Apalah artinya HP tanpa speaker yang bisa berfungsi dengan baik? Anda pasti akan mengalami kesulitan ketika menggunakannya. Jangankan memainkan musik, saat dipakai menelepon pun Anda akan mengalami kendala dalam mendengarkan suara dari lawan bicara. Suaranya tidak jelas, terdengar sangat berisik, atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Pada akhirnya Anda terpaksa harus memakai earphone setiap kali ini menyalakan speaker.

Gangguan pada speaker HP dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya yaitu HP yang terkena air, baik secara sengaja maupun tidak. Air merupakan musuh utama dari semua alat elektronik, termasuk telepon seluler. Air bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek (korsleting) sehingga mengakibatkan kinerja perangkat menjadi tidak normal atau mati. Begitu pula dengan speaker HP yang terkena air pun bisa mengalami masalah.

speaker-hp-terkena-air.jpg

Jika Anda sudah mengetahui kalau kondisi speaker HP Anda basah akibat air, kami sarankan jangan malah menyalakan speaker tersebut karena dapat memicu korsleting listrik dan memperparah keadaannya. Solusi-solusi berikut ini bisa Anda ambil guna mengatasinya sesegera mungkin.

Solusi 1. Keringkan Speaker Memakai Hairdryer

Satu-satunya penyebab munculnya masalah pada HP Anda yaitu air yang membasahi bagian speakernya. Inilah penyebab utama mengapa speaker tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda harus menghilangkan kandungan air yang terdapat di speaker secepat mungkin. Dibutuhkan waktu yang cukup lama apabila Anda hanya menjemurnya saja. Kami sarankan gunakan hairdryer untuk mengeringkan speaker. Pakailah hairdryer dengan daya maksimal untuk mempercepat proses pengeringan ini.

Solusi 2. Timbunlah HP Anda di Dalam Beras

Tidak semua orang mempunyai hairdryer. Apalagi bagi seorang pria, hairdryer bukanlah alat elektronik yang penting. Mungkin Anda juga tidak memiliki hairdryer? Tenang saja karena kami masih memiliki solusi yang tepat buat Anda untuk mempercepat proses pengeringan speaker pada handphone. Bagaimanakah itu? Caranya yaitu menguburkan HP Anda di dalam beras. Beras memiliki kemampuan menyerap kelembaban dengan cepat, termasuk air dan uap air. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami sarankan Anda perlu menimbun HP di beras minimal selama 2 hari berturut-turut.

Solusi 3. Ganti Speaker HP yang Sudah Rusak

Masalah pada speaker berhubungan dengan perangkat keras. Tidak ada satu pun aplikasi yang mampu memperbaikinya jika hardware yang mengalami kerusakan. Ukuran speaker ponsel yang kecil juga menyulitkan Anda untuk memperbaikinya. Satu-satunya jalan keluar yang dapat diambil yaitu mengganti speaker tersebut dengan speaker yang baru. Beruntung kalau garansi HP masih berlaku sehingga Anda dapat mengajukan klaim penggantian speaker. Tarif normal penggantian speaker di pusat layanan HP terbilang cukup mahal sekitar Rp 300-400 ribu. Untuk alternatifnya, Anda bisa menggantinya dengan speaker yang bukan orisinal.