4 Cara Mengatasi Download Pending di Play Store

Mayoritas HP yang ada saat ini menggunakan sistem operasi android. Tercatat pada November 2018 ini, versi android yang paling anyar yaitu Android Pie. Android merupakan sistem operasi yang berbasis open source dan gratis. Pengguna HP android juga bisa mendapatkan jutaan aplikasi android secara cuma-cuma melalui aplikasi Google Play Store. Di sini tersedia banyak sekali aplikasi dengan berbagai fitur yang menarik.

Untuk dapat mendownload aplikasi di Google Play Store, Anda sebagai pengguna HP wajib membuat akun terlebih dahulu. Kemudian masuklah lewat menu login yang tersedia. Setelah itu, Anda bisa mencari aplikasi-aplikasi yang hendak dipasang di HP android. Cobalah beberapa aplikasi yang bisa mendukung fungsionalitas HP. Cara menginstal aplikasi di HP android yaitu Anda hanya perlu menekan tombol instal pada aplikasi terkait.

Kadang-kadang proses download aplikasi di Play Store akan mengalami kendala. Contohnya yaitu download pending alias pengunduhan tertunda. Jika HP Anda terkena masalah ini, Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir. Ini merupakan masalah sepele yang sangat mudah diatasi. Bahkan hampir seluruh pengguna HP android pasti pernah mengalaminya. Faktor penyebab yang paling utama ialah sistem HP yang sedang sibuk.

download-pending-play-store.jpg

Berikut ini solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di atas!

  1. Cobalah Restart HP Anda

HP android bisa mengalami masalah yang sepele hingga masalah fatal. Masalah sepele biasanya berhubungan dengan sistem. Sistem yang terlalu sibuk akan menyebabkan kinerja HP menjadi tidak normal. Perintah yang seharusnya dilaksanakan oleh sistem tersebut menjadi tidak berjalan dengan semestinya. Anda memerintahkan operasi A, tapi sistem malah memberikan respons B. Solusinya adalah coba restart HP Anda agar kinerja sistem HP menjadi normal kembali.

  1. Hentikan Aplikasi Lain secara Paksa

Kasus download pending di Google Play Store tercatat lebih banyak terjadi pada HP yang memiliki RAM dengan kapasitas memori yang terbatas. Biasanya kapasitas RAM yang dimiliki oleh HP tersebut tak terlalu banyak. Hal ini lagi-lagi mengakibatkan sistem operasi pada HP android mengalami kewalahan dalam melayani segala perintah yang harus dilaksanakannya. Anda bisa membuat kapasitas memori di RAM menjadi lapang kembali dengan memaksa aplikasi yang sedang tidak digunakan supaya berhenti.

  1. Keluar dari Play Store, Lalu Masuk Lagi

Tak ada satu pun sistem di dunia ini yang sempurna. Pasti ada bug yang dimiliki oleh semua sistem. Tidak terkecuali pula dengan sistem pada Play Store. Kadang-kadang Google Play Store bisa mengalami error sendiri tanpa sebab. Entah masalahnya ada di sistem, jaringan, server, atau HP pengguna. Hal ini menyebabkan segala aktivitas yang Anda lakukan di dalam Play Store menjadi tidak direspons dengan baik. Kalau Anda mengalami masalah ini, cobalah keluarkan akun Anda kemudian masuk kembali.

  1. Install Ulang Aplikasi Google Play Store

Anda sudah mencoba ketiga solusi di atas, namun hasilnya tetap nihil? Kemungkinan besar aplikasi Google Play Store di HP Anda sudah mengalami kerusakan (crash). Data-data yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut untuk bekerja ada yang hilang. Tentu saja kondisi ini membuat aplikasi Play Store tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Satu-satunya jalan keluar yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu uninstall aplikasi Play Store, lalu instal sekali lagi.