4 Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih

Apakah penyebab layar HP Anda berubah hitam putih? Anda mungkin sedang bingung sendiri karena mendapati layar HP yang sebelumnya berwarna kini berubah menjadi hitam putih. Padahal beberapa waktu yang lalu HP tersebut dapat berfungsi normal. Tetapi mengapa sekarang layarnya berubah menjadi tidak berwarna seperti HP zaman dahulu? Anda terus bertanya-tanya dalam hati apakah penyebab sebenarnya dari masalah tersebut.

Sebagai perangkat yang berteknologi canggih, HP bukanlah sekadar alat untuk melakukan sambungan telepon. Namun lebih dari itu, perangkat ini memiliki fungsi yang sangat banyak. Anda mungkin kurang begitu menyadari kalau HP yang dipunyai sekarang jauh lebih hebat dibandingkan dengan perangkat di tahun sebelumnya. Maka dari itu, penampilan yang dihasilkan oleh layar HP begitu penting dalam mendukung fungsi-fungsinya.

layar-hp-hitam-putih.jpg

Anda bisa memperbaiki layar HP yang berubah menjadi hitam putih dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab 1. Kesalahan pada Pengaturan

Tampilan layar HP yang berubah hitam putih bisa saja disebabkan karena kesalahan dalam pengaturan. Hal ini bisa terjadi lantaran Anda mengotak-atik pengaturan tampilan atau ada aplikasi yang memiliki kewenangan untuk mengatur tampilan HP. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah pengaturan inversi warna (vision). Memang benar bila Anda mengaktifkan opsi ini makan baterai HP akan menjadi lebih awet. Tetapi dampaknya pada kualitas gambar yang tampil di layar menjadi lebih buruk, tidak tajam, sampai tidak berwarna.

Penyebab 2. Ulah Orang Jahil

Percaya atau tidak layar HP Anda bisa dibuat secara sengaja hanya mampu menampilkan warna hitam putih. Mungkin saja ada orang yang jahil yang sedang mengerjai Anda dengan mengaktifkan fitur ini. Adapun cara untuk mengembalikan warnanya adalah Anda bisa masuk ke menu Settings dan pilih About Phone. Lalu sentuh 7 kali pada opsi Build Number sampai muncul pemberitahuan you are now a developer. Selanjutnya pilih Developer Options, lalu pilih Simulate color space. Langkah terakhir Anda cukup memilih Disabled.

Penyebab 3. Layar Sudah Rusak

Kerusakan pada layar HP umumnya berdampak pada layar tersebut menjadi bergaris-garis, tidak responsif, atau mati total. Jarang sekali ada layar yang rusak kemudian warnanya berubah menjadi hitam putih. Tetapi tidak menutup kemungkinan layar HP Anda memang benar-benar rusak. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencoba me-reset semua data dan pengaturan HP. Jika setelah dilakukan reset ternyata layar tetap hanya menampilkan warna hitam dan putih saja, maka penyebabnya pasti pada layar yang telah rusak.

Penyebab 4. Sensor Warna Rusak

Anda bisa memasang layar yang disangka rusak tadi ke HP lain apakah dapat menampilkan warna dengan baik atau tidak. Jika layar masih bisa menampilkan warna dengan baik artinya layar tersebut tidak rusak. Untuk menguatkan buktinya, Anda bisa coba memasangkan layar baru ke mesin dari HP Anda yang bermasalah. Apakah kini warnanya sudah tampil normal atau belum? Apabila layar baru yang dipasang ternyata juga sama hanya menampilkan warna hitam dan putih, tandanya sensor warna di HP Anda sudah rusak. Mau tidak mau Anda harus mengganti keseluruhan mesinnya karena sulit mengganti komponen sensor warna ini.