4 Penyebab Smartphone Meledak dan 10 Cara Mencegahnya

Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar tentang ledakan yang terjadi pada smartphone. Layaknya sebuah bom waktu, smartphone tersebut meledak begitu saja. Bahkan ledakan pada smartphone ini juga terjadi di dalam pesawat yang sedang terbang. Sungguh ini merupakan suatu kejadian yang sangat menakutkan. Bayangkan jikalau kasus ini menimpa diri Anda sendiri. Pastinya Anda bakal mengalami trauma hebat setelahnya. Bahkan bukan tak mungkin Anda bakal takut lagi untuk menggunakan HP.

Anda tentu tidak menginginkan smartphone Anda tiba-tiba meledak, kan? Selain berbahaya bagi diri sendiri dan orang di sekitarnya, Anda pun akan mengalami kerugian yang cukup besar. Hal ini mengingat harga smartphone saat ini memang terbilang cukup mahal. Dengan meledaknya smartphone tersebut seolah-olah Anda kehilangan uang setidaknya Rp 1 juta dalam waktu hanya beberapa detik. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan wajib dilakukan dengan baik agar smartphone Anda terhindar dari bahaya ini.

penyebab-smartphone-meledak.jpg

PENYEBAB

Setidaknya terdapat 4 faktor yang bisa menyebabkan smartphone Anda tiba-tiba meledak, di antaranya :

  • Cacat Produk

Memang tidak dipungkiri kalau sudah banyak terjadi kasus smartphone yang meledak secara massal. Bahkan untuk menindaklanjuti kejadian tersebut, beberapa maskapai penerbangan melarang para penumpangnya membawa smartphone yang bermasalah ini. Sebuah kasus cacat produk memang kerap terjadi, baik pada HP tidak terkenal sampai HP buatan merek ternama. Anda  harus berhati-hati dengan kemungkinan buruk ini.

  • Baterai Bermasalah

Pada kasus ledakan pada smartphone, kebanyakan bagian yang meledak ialah baterainya. Kasus ini umumnya terjadi lantaran baterai tersebut memang bermasalah atau kesalahan pengguna dalam memakai HP. Masalah pada baterai misalnya tidak ada ruangan cukup antara lapisan pelindung panas dan bagian internalnya sehingga menyebabkan korslet. Atau bisa juga karena baterai tersebut tidak memiliki insulation tape. Beberapa baterai yang bermasalah juga memiliki tonjolan yang tajam sehingga dapat merusak separator antara anoda dan katoda.

  • Smartphone Terjatuh

Bukan tidak mungkin smartphone juga dapat meledak akibat terjatuh dari tempat yang cukup tinggi lalu menimpa permukaan yang cukup keras. Sama seperti sebelumnya, ledakan tersebut umumnya dipicu oleh kerusakan pada baterai. Sebenarnya sih baterai lithium-ion yang banyak dipakai oleh smartphone jarang meledak. Tetapi kalau baterai ini sampai rusak akibat terjatuh, maka bukan tidak mungkin baterai tersebut bisa meledak.

  • Smartphone Kepanasan

Faktor yang paling sering menyebabkan smartphone meledak yaitu suhunya yang meningkat secara drastis. HP yang mengalami kepanasan secara mendadak bukan tidak mungkin tiba-tiba akan meledak. Hal ini terjadi karena saat baterai smartphone memanas dengan cepat, maka akan terjadi aksi berantai yang memicu reaksi penambahan temperatur yang dapat memicu kebakaran atau ledakan pada baterai tersebut.

CARA MENCEGAH

Kami mempunyai  10 kiat-kiat untuk mencegah terjadinya ledakan pada smartphone.

  1. Jangan gunakan HP sewaktu sedang dicas
  2. Gunakan charger yang original
  3. Hentikan charging setelah baterai terisi 100%
  4. Pakailah baterai yang asli
  5. Jangan gunakan baterai yang telah rusak
  6. Boleh pakai charging case asalkan asli
  7. Pasanglah charger di outlet yang aman
  8. Pastikan smartphone tidak tertumpuk
  9. Segera matikan ponsel ketika basah
  10. Hindari meletakkan HP di tempat yang panas