4 Solusi Mengatasi Tombol Home Smartphone yang Tidak Berfungsi

Smartphone saat ini dilengkapi denga layar yang berteknologi touchscreen. Hal ini memungkinkan kita bisa memberikan perintah kepada smartphone tersebut memakai sentuhan. Cukup dengan menyentuh permukaan layarnya, sistem pada smartphone akan memberikan respons sesuai dengan perintah yang Anda berikan. Walaupun sudah memakai teknologi layar sentuh, namun smartphone tetap dilengkapi dengan beberapa tombol fisik untuk mendukung kenyamanan pengguna.

Rata-rata produk smartphone dilengkapi dengan tiga tombol fisik yaitu tombol power, tombol volume, dan tombol home. Di antara ketiga tombol fisik tersebut, tombol home biasanya yang paling berisiko mengalami kerusakan. Tombol home berfungsi untuk mengembalikan tampilan layar ke beranda. Cukup dengan menekan tombol ini sekali saja, maka tampilan layar HP seketika akan berpindah ke beranda. Fungsi ini sangat berguna ketika Anda ingin mengakses menu lain tanpa harus menekan tombol back barkali-kali.

solusi-tombol-home-tidak-berfungsi.jpg

Namun bagaimana kalau tombol home ini rusak? Apakah kita masih bisa memperbaikinya? Bagaimana solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

Solusi 1. Silakan Restart Smartphone Anda

Ada kalanya tombol home pada smartphone tidak berfungsi karena kondisi sistem yang terlalu sibuk. Sistem harus melakukan pekerjaan yang begitu banyak, hingga akhirnya HP mengalami hang karena tidak mampu melaksanakan tugas-tugas tersebut. Layar smartphone pun terdiam. Sistem sama sekali tidak meberikan respons terhadap semua perintah Anda, termasuk saat menekan tombol home. Kalau sudah begini, solusi yang paling cepat yaitu melakukan restart HP secara paksa. Anda bisa melepaskan baterai HP dan memasangnya kembali. Lalu nyalakan HP kembali.

Solusi 2. Hapus Aplikasi yang Terakhir Diinstal

Bukan tidak mungkin error yang mengakibatkan tombol home tidak berfungsi disebabkan oleh aplikasi di smartphone tersebut. Dugaan yang paling kuat yaitu error ini timbul dari aplikasi yang terakhir kali Anda install. Mungkin saja ukuran aplikasi tersebut terlalu besar atau aplikasi tadi membutuhkan RAM yang sangat banyak untuk mendukung kinerjanya. Karena kebutuhan aplikasi ini tidak mampu dipenuhi oleh HP, maka dampaknya yaitu HP mengalami error. Cobalah Anda restart dulu smartphone tersebut. Lantas hapuslah aplikasi yang terakhir kali Anda pasang.

Solusi 3. Coba Bersihkan Tombol Home

Jangan menyepelekan partikel-partikel debu yang mengotori smartphone ya. Sebab kotoran dan debu tersebut dapat mengganggu kinerja ponsel pintar Anda. Bahkan tumpukan debu di sekitar tombol home juga bisa mengakibatkan tombol ini tidak berfungsi sama sekali. Tombol ini sulit ditekan karena terganjal oleh debu, tingkat sensitivitasnya berkurang, tombol tidak dapat terhubung ke komponen HP lainnya, atau masalah-masalah lainnya. Salah satu jalan keluar yang bisa ditempuh yaitu membersihkan tombol home ini sampai ke bagian dalamnya. Jadi Anda perlu membongkar casing depan smartphone.

Solusi 4. Gantilah Komponen Tombol Home

Solusi terakhir untuk mengatasi tombol home yang tidak berfungsi yaitu menggantinya dengan tombol yang baru. Ya, mungkin saja tombol tersebut sudah rusak sehingga tidak mampu menanggapi perintah Anda maupun menyampaikan perintah tersebut ke sistem HP. Biasanya rusaknya tombol HP ini karena kemasukan air sehingga mengalami konsleting listrik atau HP terjatuh dari ketinggian lalu menghantam benda yang keras. Tombol home yang sudah rusak sulit diperbaiki. Lebih baik beli saja tombol home yang baru. Kemudian pasanglah tombol ini di tempatnya dengan benar.