5 Cara Membuat Speaker HP Lebih Keras

Bagaimana cara membuat speaker HP menjadi lebih keras? HP zaman sekarang bukan sekadar alat yang bisa digunakan untuk melakukan sambungan telepon jarak jauh, tetapi juga memiliki kegunaan yang lain. Contohnya seperti memutar lagu atau film serta memainkan game. Yap, HP kini sudah berkembang menjadi perangkat yang sangat canggih. Jadi memang pantas sekali kalau sebutan HP sudah berubah menjadi smartphone alias telepon pintar.

Faktanya penggunaan smartphone justru lebih banyak dipakai untuk keperluan sarana hiburan daripada menggunakannya untuk menelepon seseorang. Salah satunya adalah mendengarkan musik favorit melalui perangkat HP. Anda tinggal memilih file lagu yang akan diputar, lalu dengarkan tanpa perlu repot sama sekali. Dengan menggunakan HP, Anda bisa mendengarkan lagu kapan pun dan di mana pun Anda mau.

speaker-hp-lebih-keras.jpg

Namun masalahnya suara yang dihasilkan oleh speaker HP tersebut kadang-kadang terdengar kurang keras. Anda bisa mengakali kondisi ini memakai trik-trik sebagai berikut!

  1. Pilih File Berkualitas HD

Perlu Anda ketahui, file musik mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Ada file yang berkualitas rendah, sedang, tinggi, dan super (HD). Meskipun lagu yang dimuatnya sama, tetapi masing-masing file tersebut memiliki tingkat kejernihan suara yang berbeda. Sebisa mungkin pilih file yang berkualitas HD agar Anda bisa mendapatkan musik yang lebih keras dan lebih jernih. Hindari memilih file yang berkualitas rendah sebab suara yang diperdengarkannya lebih pelan dan berisik.

  1. Pakai Aplikasi Musik Khusus

Semua HP pasti sudah dilengkapi dengan aplikasi pemutar musik bawaan. Sayangnya aplikasi tersebut hanya dilengkapi fitur-fitur standar yang berkualitas minimal. Ada baiknya Anda mengunduh aplikasi pemutar musik khusus sehingga dapat memuat file lagu dengan lebih baik. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut di Google Play atau Apps Store tergantung sistem operasi yang dipakai. Pilihlah aplikasi terbaik yang telah memiliki penilaian positif yang banyak.

  1. Masukkan HP ke Wadah

Kami mempunyai trik unik supaya suara musik yang dihasilkan oleh HP terdengar lebih keras. Anda bisa mencoba memasukkan HP tersebut ke dalam suatu wadah plastik yang cukup tebal. Hasilnya adalah suara musik HP akan kedengaran lebih keras dan lebih bagus daripada sebelumnya. Penyebabnya tidak lain suara yang dikeluarkan oleh speaker HP terpantul ke dinding wadah selama beberapa kali sehingga menimbulkan gaung. Oleh karena itu, suaranya pun menjadi lebih keras.

  1. Mengganti Speaker Bawaan

Jika Anda termasuk salah seorang yang gemar mengotak-atik suatu barang, tidak ada salahnya Anda mengganti speaker bawaan HP tersebut dengan speaker lain yang memiliki kualitas lebih bagus. Pilihlah speaker pengganti yang memiliki dimensi sama persis sehingga Anda gampang memasangnya ke perangkat HP. Hati-hati saat mengerjakannya agar tidak merusak komponen yang lain. Setelah yakin speaker sudah terpasang dengan benar, silakan Anda menguji cobanya.

  1. Menyambungkan ke Speaker Lain

Ini merupakan solusi terakhir yang bisa Anda coba untuk membuat suara HP menjadi lebih keras. Anda cukup membeli speaker yang dilengkapi dengan port USB atau bluetooth. Lalu sambungkan HP Anda dengan speaker tersebut, baik melalui kabel USB maupun bluetooth. Maka lagu pun akan terdengar lebih keras karena diputar oleh perangkat speaker khusus. Disarankan belilah perangkat speaker yang dilengkapi dengan fitur pengaturan suara.