5 Cara Mengatasi Ghost Touch Samsung J2 Prime

Bagi Anda yang mempunyai anggaran terbatas tapi ingin membeli smartphone yang bermutu tinggi, Anda bisa memilih Samsung Galaxy J2 Prime. Ini merupakan ponsel pintar terbaik yang dibanderol dengan harga terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di kisaran Rp 1,3 jutaan. Disebut HP murah terbaik karena Samsung J2 Prime dibekali dengan spesifikasi yang sangat bagus. Terutama kameranya yang jernih, khas dari Samsung. Selain itu Samsung J2 Prime juga terlihat seperti ponsel mewah berkat desain yang dimilikinya.

Namun sayangnya Samsung J2 Prime mempunyai satu kekurangan yang sering dikeluhkan oleh para penggunanya. Tidak lain yaitu ghost touch. Ghost touch merupakan masalah yang sering menimpa ponsel berlayar touchscreen. Ciri-ciri HP yang mengalami masalah ghost touch yaitu layarnya bergerak-gerak sendiri tanpa Anda sentuh sama sekali. Jadi seperti ada hantu yang menyentuh layar HP tersebut. Sebagai pengguna, Anda tentu akan merasa terganggu dengan masalah ini. HP menjadi tidak mau merespons perintah dengan baik.

ghost-touch-samsung-j2-prime.jpg

Khusus bagi Anda yang menggunakan Samsung J2 Prime, Anda bisa mengatasi masalah ghost touch pada HP tersebut dengan kiat-kiat sebagai berikut!

Kiat 1. Membersihkan Layar HP

Kasus ghost touch pada umumnya disebabkan kondisi layar yang kotor atau basah. Partikel-partikel debu atau butiran-butiran air yang menempel di permukaan layar dianggap oleh sensor HP sebagai sebuah sentuhan. Alhasil, layar pun akan memberikan respons dengan melakukan beberapa pekerjaan seperti menggeser layar, membuka aplikasi, atau membuka keyboard tanpa Anda berikan perintah. Masalah layar yang kotor atau basah ini bisa diatasi secara mudah cukup dengan membersihkan permukaannya.

Kiat 2. Mendiamkan HP Beberapa Saat

Biasanya ghost touch terjadi ketika suhu layar HP dalam keadaan yang panas. Penyebabnya tidak lain karena Anda terlalu lama menggunakan HP tersebut. HP Samsung J2 Prime yang dipaksa bekerja keras pada waktu bersamaan juga dapat mengakibatkan suhunya meningkat secara tajam. Layar yang terlalu panas membuat sensor sentuhannya menjadi terlalu sensitif. Tidak ada jalan lain untuk mengatasi HP yang kepanasan ini selain membiarkan HP agar beristirahat sejenak. Biarkanlah suhu HP tersebut menjadi normal kembali.

Kiat 3. Melakukan Factory Reset

Bukan tidak mungkin penyebab timbulnya masalah ghost touch pada Samsung J2 Prime Anda adalah pengaturan pada sistem yang mengalami kerusakan. Akibatnya yaitu handphone tidak mampu memberikan respons seperti seharusnya. Karena sistem sudah berubah, setiap perintah yang diterima layar akan ditanggapi dengan respons yang berbeda. Untuk mengembalikannya agar normal kembali, Anda bisa mencoba melakukan factory reset pada Samsung J2 Prime tersebut. Anda bisa melakukannya melalui menu Settings atau tombol fisik.

Kiat 4. Memasang Tempered Glass

Memasang tempered glass pada Samsung J2 Prime juga sudah beberapa kali terbukti mampu menghilangkan ghost touch pada layar. Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung layar, namun ternyata ghost touch juga mampu bertindak sebagai peranti yang mendukung kinerja layar. Anda hanya perlu memasang ghost touch yang sesuai dengan spesifikasi layar HP Samsung J2 Prime. Kemudian lihat hasilnya. Ghost touch pun tidak terjadi lagi.

Kiat 5. Mengganti Layar Touchscreen

Bukan tidak mungkin layar pada produk Samsung J2 Prime milik Anda sudah rusak. Dampaknya yaitu layar tersebut tidak sanggup merespons setiap perintah yang diberikan dengan benar. Jika kondisi ini terjadi, satu-satunya jalan keluar yang dapat diambil yaitu mengganti layar touchscreen bawaan dengan layar baru. Usahakan Anda membeli produk layar yang asli sehingga kualitasnya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Lakukan penggantian layar HP ini dengan hati-hati.