5 Cara Mengatasi Kamera HP yang Berembun

Kamera pada smartphone saat ini memang mempunyai fungsi yang sangat penting. Bahkan kini kamera pun memiliki pengaruh besar bagi kita dalam melakukan aktivitas percakapan melalui telepon selular, terutama ketika berkomunikasi lewat video call. Oleh sebab itu, produsen pembuat smartphone terus berinovasi untuk membuat kamera dengan kualitas yang sebagus mungkin. Kita sebagai pengguna akan diuntungkan dengan perkembangan kamera smartphone ini.

Akan tetapi, kamera smartphone pun dapat mengalami masalah yang membuat penggunanya merasa kesal bukan main. Misalnya yaitu kamera HP tersebut berembun. Kasus kamera HP yang berembun ini tentunya sangat mengganggu pengguna karena menyebabkan hasil potret foto menjadi tidak maksimal. Gambar yang tercipta nampak buram, kusam, dan tidak jelas. Kebanyakan kasus kamera yang berembun ini disebabkan oleh HP yang terkena air hujan atau rembesannya saja.

mengatasi-kamera-hp-berembun.jpg

Untuk mengatasi kamera HP yang berembun, Anda bisa menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :

Letakkan Silica Gel di Sampingnya

Silica gel merupakan bahan yang sangat efektif digunakan untuk menyerap uap air serta kelembaban. Bahkan produsen sepatu saja selalu memakainya untuk menjaga sepatu-sepatu buatannya agar tetap kering. Coba deh Anda buka kardus sepatu Anda, pasti di dalamnya ada sebuah kantung kecil yang berisi butiran-butiran. Inilah yang dinamakan silica gel. Anda cukup meletakkan smartphone yang kameranya berembun di dalam kardus sepatu tersebut. Pasti masalahnya bakal teratasi.

Peram di Dalam Beras Semalaman

Bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kamera HP yang berembun yaitu beras. Beras memang ampuh sekali menyerap udara yang lembab, termasuk embun yang terjebak di dalam kamera smartphone loh. Bagaimana caranya sih? Anda pasti punya simpanan beras di rumah, kan? Nah, Anda bisa memasukkan smartphone yang bermasalah tadi ke dalam butiran-butiran beras, lalu biarkan selama semalaman. Dijamin deh besoknya kamera HP Anda sudah tidak berembun lagi.

Manfaatkan Lampu yang Hangat

Ada yang bilang menjemur smartphone di bawah sinar matahari dapat mengatasi kamera ponsel yang berembun. Memang benar sih embun di dalam kamera tersebut bakal sirna. Tapi kamera HP Anda juga bisa mengalami penurunan pada performanya atau bahkan akan rusak akibat terbakar sinar matahari. Mending gunakan saja solusi yang memang terbukti aman. Contohnya yaitu memanfaatkan lampu UV untuk menghangatkan bagian kamera HP sampai embunnya lenyap akibat menguap.

Arahkan Kipas Tepat ke Kamera

Anda juga bisa banget kok memanfaatkan kipas angin untuk menghilangkan embun di dalam kamera HP. Bagi smartphone dengan baterai removable sih gampang saja ya untuk membuka casing belakangnya. Namun jika HP Anda menggunakan baterai non-removable, Anda perlu memakai obeng untuk dapat membuka casing tersebut. Setelah casing belakang ini terbuka, langsung saja Anda bisa mengarahkan kipas angin beberapa saat tepat ke kamera. Meski memakan waktu cukup lama, cara ini sangat aman.

Manfaatkan Panas dari Hairdryer

Para cewek nih yang biasanya mempunyai hairdryer di rumah. Kalau Anda juga memilikinya. Anda bisa memanfaatkan hairdryer tersebut untuk mengeringkan kamera HP yang berembun. Tapi usahakan Anda memakai hairdryer ini dengan jarak yang cukup jauh dari smartphone agar tidak terkena panas berlebih ya. Caranya sih Anda tinggal mengarahkan hairdryer ini selama beberapa saat tepat ke bagian kamera HP sampai embunya menghilang karena menguap akibat suhu panas.