5 Cara Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi

Teknologi touchscreen pada smartphone memang sangat membantu pengguna dalam mengoperasikan telepon genggam ini. Kita tak perlu bersusah-payah atau mengeluarkan tenaga untuk menekan tombol-tombol tersebut. Cukup dengan menyentuh layar ini, smartphone akan langsung merespons sentuhan jari-jemari Anda. Pemakaian tombol digital juga membuat desain smartphone nampak begitu menawan. HP terlihat sungguh elegan, modern, dan futuristik.

Akan tetapi, kendati HP sudah dilengkapi dengan layar berteknologi touchscreen, tetap saja ada tombol fisik yang menyertainya. Tombol-tombol fisik ini meliputi tombol menu, tombol home, dan tombol back. Khusus tombol back atau tombol kembali berfungsi untuk menggulir ke tampilan layar sebelumnya. Jika dibandingkan dengan kedua tombol fisik yang lain, tombol back ini yang paling sering digunakan. Alhasil kondisinya pun cepat mengalami kerusakan dan tidak berfungsi lagi.

tombok-back-tidak-berfungsi.jpg

Terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tombol back pada HP Android yang tidak berfungsi, di antaranya :

Lakukan Restart Smartphone Anda

Anda bisa mencoba solusi yang paling sederhana terlebih dahulu. Tidak berfungsinya tombol back pada HP Anda mungkin disebabkan oleh kondisi sistem ponsel tersebut yang terlalu sibuk. Akibatnya HP Anda menjadi tidak dapat merespons perintah kembali ketika Anda menekan tombol back. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda menjalankan aplikasi berat atau aplikasi yang terlalu banyak. Solusinya yaitu Anda tinggal merestart smartphone agar kondisinya segar lagi.

Cobalah Melakukan Factory Reset

Kerusakan pada sistem operasi Android juga bisa menyebabkan tidak berfungsinya sejumlah perangkat keras di HP Anda. Masalah ini juga bisa menjangkiti tombol-tombol fisik, termasuk di antaranya tombol menu, tombol home, dan tombol back. Cara mengatasi kerusakan pada sistem Android yaitu melakukan factory reset. Pulihkan kondisi smartphone Anda dan buatlah lapang layaknya HP yang masih baru. Anda bisa mengikuti panduan melakukan factory reset yang pernah kami ulas sebelumnya.

mengatasi-tombol-back-mati.jpg

Bersihkan Komponen Tombol Back

Kenyataannya kinerja tombol fisik dapat terganggu akibat komponen-komponen penyusunnya dalam keadaan kotor. Partikel-partikel kotoran yang menyelubungi komponen tombol tersebut mengganggu fungsinya sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Komponen penyusun tombol back tidak dapat menangkap perintah ketika Anda menekannya karena terhalangi oleh kotoran. Solusinya adalah Anda tinggal membongkar housing HP bagian depan, lalu bersihkan komponen tombol fisiknya.

Gantilah dengan Tombol Back Baru

Kalau Anda sudah berusaha membersihkan tombol back sampai bersih total, kemudian memasangnya lagi seperti semula dengan benar tapi tombol tersebut tidak mau bekerja. Artinya ialah kondisinya sudah mengalami kerusakan. Mau tak mau, Anda mesti mengganti komponen-komponen penyusunnya. Anda tak usah cemas karena komponen ini banyak tersedia di toko online. Tinggal pilih saja mau komponen yang asli atau tiruan. Kemudian pasang deh pada HP Anda. Dijamin tombol ini pasti bisa berfungsi lagi.

Pasang Aplikasi Tombol Back Digital

Bagi Anda yang tidak mau repot-repot mengurusi tombol back smartphone yang tiba-tiba mati dan tidak bisa berfungsi sama sekali, Anda bisa memasang tombol back versi digital. Untungnya kini sudah banyak tersedia aplikasi yang dapat memunculkan tombol back di HP Android. Salah satunya yaitu aplikasi yang bernama Go Launcher Ex. Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store, lalu menginstal di smartphone. Dan kini HP Android Anda pun sudah mempunyai tombol menu, tombol home, dan tombol back digital.