5 Cara Merawat HP Android Baru yang Benar

Bagaimana cara merawat HP android baru? Smartphone kini telah menjelma dari sekadar perangkat komunikasi menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Saat ini HP memiliki fitur-fitur yang luar biasa canggih. Desain bentuknya pun sangat keren. Tidak hanya bisa membantu mempermudah kehidupan, HP juga dapat mendukung penampilan kita. Tak ayal bila HP selalu diburu orang. Banyak orang berlomba-lomba membeli HP yang paling baru.

Kenyataannya memang teknologi terus berkembang sangat cepat. Apalagi teknologi yang ada di dalam ponsel genggam. Setiap tahun selalu ada teknologi baru yang akan menggoda Anda sebagai pengguna HP untuk menjajalnya. Teknologi tersebut memang sangat menarik untuk dicoba kemampuannya. Apalagi buat Anda yang memang seorang techno-addict. Biar HP tadi tidak gampang rusak, Anda harus merawatnya dengan baik.

cara-membuat-hp-android-baru.jpg

Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk merawat HP baru? Berikut ini kiat-kiatnya!

Kiat 1. Lakukan Kalibrasi Baterai HP

Baterai merupakan komponen yang paling penting sebagai sumber daya HP. Tetapi baterai mudah rusak jika penggunaannya salah. Sebaiknya Anda langsung melakukan kalibrasi baterai untuk memaksimalkan kemampuannya dan meminimalisir terjadinya kerusakan. Caranya isilah daya baterai HP yang baru dibeli sampai penuh 100%, lalu gunakan sampai baterainya benar-benar habis dan HP tidak bisa dinyalakan lagi. Kemudian isi kembali baterai HP hingga 100% dan gunakan sampai 0%. Begitu seterusnya dalam 2 minggu pertama.

Kiat 2. Pasang Pelindung Layar HP

Memang benar sebagian besar smartphone sekarang sudah dilengkapi gorilla glass sebagai pelindung layarnya. Tetapi masih ada kemungkinan layar tersebut tergores apabila terkena butiran-butiran pasir. Guna memastikan layar HP baru Anda benar-benar tidak bisa tergores, Anda sebaiknya memasang pelindung layar HP tambahan. Pilih pelindung yang bersifat scratch resistant sehingga layar HP Anda bisa seratus persen aman. Jangan sampai Anda menyesal begitu melihat ada goresan di layar HP karena enggan memasang pelindung tambahan.

Kiat 3. Perbarui Firmware ke Versi Teranyar

Produsen smartphone senantiasa memberikan update firmware untuk melindungi penggunanya. Tugas Anda di sini ialah memanfaatkan update tersebut sebaik-baiknya dengan melakukan update secara berkala. Selain berguna untuk meningkatkan kemampuan HP Anda, update ini juga akan menutup bug yang mungkin ada di firmware versi sebelumnya. Jangan biarkan mencuri data-data yang ada di dalam HP Anda. Disarankan melakukan proses update ini melalui jaringan WiFi yang kondisi internetnya stabil agar lancar.

Kiat 4. Bijaksana Menginstal Aplikasi

Di Play Store terdapat jutaan aplikasi yang bisa dipasang di perangkat telepon pintar Anda. Tetapi Anda harus bijaksana dalam menginstal aplikasi tersebut. Pilihlah aplikasi-aplikasi yang memang Anda butuhkan. Hindari memasang aplikasi yang jenisnya sama atau aplikasi yang tidak jelas fungsinya karena dapat membebani kinerja RAM dan baterai serta mengurangi kapasitas memori internal. Hindari menginstal aplikasi dari sumber selain Play Store.

Kiat 5. Cek Pengaturan Sambungan Data

Sering terjadi masalah pada pengguna HP baru, di mana setting sambungan datanya belum diatur dengan benar. Akibatnya pulsa di kartu SIM yang terpasang banyak tersedot oleh pemakaian data seluler yang tidak Anda sengaja. Usahakan jangan masukkan kartu SIM Anda langsung ke dalam HP baru. Anda perlu menyalakan HP terlebih dahulu tanpa kartu SIM untuk mengatur sambungan internetnya. Khusus untuk HP dengan dual SIM-card, setel sambungan mobile data ke kartu SIM yang telah Anda isi dengan paket internet hemat.