5 Penyebab Baterai Tidak Terisi Saat Dicas

Baterai menjadi peranti penyuplai energi listrik yang dibutuhkan oleh HP. Energi yang ada di dalam baterai akan digunakan HP untuk bekerja. Handphone akan menyerap energi listrik tersebut sedikit demi sedikit hingga akhirnya habis tak tersisa. Untungnya Anda bisa mengisi ulang energi listrik pada baterai. Anda bisa mengandalkan charger untuk melakukan tugas ini. Cukup hubungkan saja HP ke charger, maka baterai akan terisi secara otomatis.

Keberadaan charger memang sangat membantu pengguna HP untuk mengisi kembali energi listrik yang ada di dalam baterai HP. Caranya pun dapat dilakukan dengan mudah sekali. Anda hanya perlu memasang charger ke stop kontak, kemudian hubungkan kabel USB pada charger ke port USB HP. Baterai pun akan langsung terisi kembali dengan listrik. Tugas Anda berikutnya tinggal menunggu baterai penuh yang ditandai dengan indikator menunjukkan 100%.

penyebab-baterai-hp-tidak-terisi.jpg

Namun suatu hari Anda mencoba melakukan charging baterai menggunakan charger seperti biasa tetapi ada masalah serius yang terjadi. Baterai tersebut sama sekali tidak mau terisi listrik. Apa sih penyebabnya?

  1. Listrik Mungkin Sedang Padam

Kita mulai dari penyebab paling dasar yang mungkin bisa terjadi yaitu aliran listrik ke rumah Anda memang sedang padam. Hal ini mungkin saja terjadi karena pemadaman oleh PLN atau sekering listrik Anda yang menjadi off akibat tidak mampu menahan lagi beban listrik yang harus ditanggung. Cobalah Anda periksa perangkat elektronik yang lain apakah menyala atau tidak? Kemudian cek meteran listrik. Jika mati, tanyakan ke tetangga sebelah apakah listrik di rumahnya juga padam.

  1. Terminal Listrik yang Dipakai Rusak

Agar bisa digunakan oleh banyak perangkat elektronik, maka aliran listrik dibagi-bagi menjadi beberapa titik menggunakan terminal listrik. Anda pun sudah biasa memasang charger di sini. Akan tetapi, terminal listrik ini bisa rusak. Kerusakan tersebut umumnya berupa sambungan yang terputus atau logam penghantar yang sudah berkarat. Hal ini mengakibatkan listrik tidak bisa mengalir di titik tersebut. Coba Anda pindahkan charger ke titik lainnya, jika berhasil berarti terminal listrik tadi memang rusak.

  1. Batok Kepala Charger yang Rusak

Kemungkinan ketiga adalah batok/kepala charger yang sudah rusak. Inilah penyebab yang paling sering mengakibatkan baterai tidak terisi. Di dalam kepala charger ini ada banyak komponen elektronik yang bertugas mengubah aliran listrik yang masuk untuk diproses dan disimpan ke dalam baterai. Jika ada salah satu saja komponen yang rusak, maka kepala charger pun tidak mampu menjalankan tugasnya. Anda harus memeriksa kondisi kepala charger ini menggunakan AVO meter.

  1. Kabel USB sudah Terputus

Charger juga dilengkapi dengan kabel USB untuk menghantarkan aliran listrik yang sudah diolah oleh kepala charger sehingga bisa disimpan di dalam baterai. Walaupun fungsinya sepele, tetapi kabel ini juga memiliki peranan yang sangat penting. Kalau ada salah satu kabel penyusun yang terputus, aliran listrik pun tidak dapat diterima oleh baterai. Coba Anda ganti kabel USB dengan yang lain. Apabila kali ini bekerja, maka kemungkinan besar kabel USB tersebut memang sudah terputus.

  1. HP sedang Mengalami Error

Kadang-kadang kita tidak bisa mengisi baterai HP, padahal sudah menggunakan charger yang baru. Listrik di rumah pun telah dicek menyala. Kemungkinan besar kasus ini terjadi lantaran ponsel Anda sedang error. Mungkin saja HP tersebut harus melayani tugas yang terlalu banyak sehingga tidak mampu merespons energi listrik yang masuk melalui charger. Solusinya silakan Anda coba restart/nyalakan HP, lalu tancapkan lagi kabel charger. Pasti kali ini baterai HP berhasil diisi kembali.