5 Perbedaan Screen Guard dan Tempered Glass

Apa perbedaan screen guard dan tempered glass? Kebanyakan produk handphone saat ini diproduksi dengan kelengkapan berupa layar sentuh (touchscreen). Anda tidak perlu memakai keypad untuk mengoperasikannya. Tinggal gunakan saja jari tangan Anda untuk menyentuh layar HP tersebut. Maka secara otomatis, sistem di HP pun dapat menangkap perintah yang Anda berikan melalui sentuhan pada layarnya.

Namun sayangnya layar HP mudah tergores akibat terlalu sering disentuh. Jika diperhatikan dengan baik, Anda akan menjumpai ada banyak garis-garis halus di permukaan layar HP tadi. Hal ini tentu saja sangat mengganggu Anda. Selain dapat mengurangi nilai estetika HP, goresan halus tersebut juga dapat mengurangi responsivitas layar dalam menanggapi perintah dari Anda. Anda harus melindungi permukaan layar HP tersebut.

perbedaan-screen-guard.jpg

Di pasaran, terdapat dua macam aksesori yang berfungsi untuk melindungi layar HP yaitu screen guard dan tempered glass. Perbedaan antara kedua aksesori HP ini sangat banyak. Namun yang paling mendasar terletak pada bahan bakunya. Screen guard terbuat dari bahan plastik. Sedangkan tempered glass dibikin dari kaca yang telah diproses sedemikian rupa. Kali ini kita akan membahas perbedaan antara screen guard dan tempered glass secara lengkap agar Anda bisa memilih sendiri mana yang paling pas.

Karakteristik

Sesuai namanya, tempered glass adalah pelindung layar HP yang terbuat dari kaca berjenis tempered. Kaca ini mengalami proses pengolahan yang lebih panjang daripada kaca biasa sehingga kekuatannya pun lebih baik. Produk tempered glass yang biasa dipakai untuk melindungi layar HP memiliki ketebalan sekitar 0,3-0,5 mm. Sementara untuk produk screen guard merupakan pelindung layar HP yang terbuat dari plastik. Ukuran ketebalannya kurang lebih 0,1 mm.

Sensitivitas

Walaupun perbedaan tingkat sensitivitas antara tempered glass dan screen guard tidak terlalu mencolok, tetapi screen guard lebih unggul. Screen guard memungkinkan layar HP dapat merespons jari Anda dengan lebih cepat berkat ukurannya yang cukup tipis. Anda bisa melihat saat mengoperasikan aplikasi yang berat. Sedangkan tingkat sensitivitas tempered glass agak lebih lambat daripada screen guard. Namun perbedaannya tipis sekali sehingga tidak berpengaruh besar terhadap kenyamanan Anda.

Estetika

Faktor estetika ini sangat dipengaruhi oleh jenis material dan ukurannya. Tempered glass yang notabene terbuat dari bahan kaca tentu saja tampak lebih berkelas daripada screen guard. Penampilan smartphone Anda akan tampak semakin mahal setelah dipasangi pelindung layar ini. Tapi sayangnya ukuran tempered glass yang cukup tebal dapat mengganggu kenyamanan Anda saat mengoperasikan HP. Berbanding terbalik dengan tempered glass, screen guard akan membalut layar HP tanpa merusak estetikanya.

Instalasi

Proses pemasangan tempered glass jauh lebih mudah dibandingkan dengan memasang screen guard. Di samping karena ukurannya yang lebih tebal, desain tempered glass yang telah dibuat sedemikian rupa tersebut memang sudah memperhatikan faktor kemudahan dalam instalasi. Anda tidak akan menemukan kesulitan berarti pada saat memasang tempered glass. Di sisi lain Anda harus teliti ketika memasang screen guard. Kesalahan dalam mengatur posisinya dapat mengakibatkan screen guard tadi menggelembung.

Harga

Harga produk memang tergantung mutu dan kualitasnya. Namun secara garis besar harga tempered glass lebih mahal daripada harga screen guard. Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli produk pelindung layar HP berbahan kaca ini. Apalagi jika Anda ingin tempered glass yang orisinal buatan merek ternama. Sebaliknya harga screen guard terbilang sangat terjangkau. Bahkan Anda bisa mendapatkannya hanya dengan modal uang senilai Rp 20.000 saja.