5 Perbedaan Tempered Glass dan Gorilla Glass

Apakah perbedaan antara tempered glass dan gorilla glass? Inilah dia salah satu pertanyaan yang sering disampaikan di kolom komentar akhir-akhir ini. Hal tersebut jelas tidak mengherankan sebab tempered glass dan gorilla glass memang sama-sama termasuk teknologi baru. Keduanya baru muncul setelah telepon seluler berlayar sentuh berhasil ditemukan. Dengan memasang tempered glass/gorilla glass, maka layar ponsel tersebut menjadi terlindungi dan tidak mudah tergores.

Perbedaan antara layar ponsel yang dilengkapi dengan pelindung dan tanpa pelindung memang tidak kelihatan pada awalnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kualitas layar yang telah dipasangi pelindung dapat bertahan dengan baik. Layar tersebut tetap terlihat jernih, tidak ada goresan, dan mampu memberikan respons dengan baik. Sebaliknya untuk ponsel yang tidak dilengkapi pelindung layar, maka layarnya menjadi penuh goresan-goresan halus, tampak buram, dan lama-kelamaan menjadi tidak responsif.

perbedaan-tempered-glass.jpg

Saat ini terdapat dua jenis pelindung layar yang dijual di pasaran yaitu tempered glass dan gorilla glass. Teknologi tempered glass sudah ditemukan lebih awal dibandingkan dengan gorilla glass sehingga boleh dibilang kualitasnya sedikit kalah saing. Tetapi bukan berarti tempered glass lebih jelek ketimbang gorilla glass loh. Sebab perbedaan kualitas kedua produk ini memang tipis sekali.

Tempered Glass

Tempered glass merupakan pelindung layar dari kaca yang pertama kali ditemukan. Produk ini terbuat dari susunan kaca yang berlapis-lapis sehingga mampu memberikan perlindungan yang sangat kuat. Di antaranya lapisan oleophobic, lapisan film pet, lapisan silikon penyerap, dan lain-lain. Bisa dikatakan kalau kekuatan tempered glass lima kali lebih kokoh daripada kaca biasa. Anda perlu membeli tempered glass secara terpisah di toko aksesori HP sebab tidak ada produk smartphone yang sudah dipasangi tempered glass dari pabriknya.

Gorilla Glass

Gorilla glass adalah sebuah merek dagang dari produk pelindung kaca milik perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Corning. Jadi bahan baku dan proses pembuatan gorilla glass masih dirahasiakan oleh pihak Corning. Yang pastinya tidak ada lapisan oleophobic pada produk gorilla glass sehingga ukurannya lebih tipis. Tidak sedikit perusahaan ponsel yang bekerja sama dengan Corning sehingga banyak ponsel yang sudah dilengkapi gorilla glass sejak awal. Selain dipakai sebagai pelindung layar HP, gorilla glass juga bisa diaplikasikan untuk melindungi layar televisi dan laptop.

Perbedaan

Berikut ini perbedaan-perbedaan yang mendasar antara tempered glass dan gorilla glass, antara lain :

  1. Tempered glass adalah produk pelindung layar HP dari kaca. Semua perusahaan boleh membuat tempered glass. Sedangkan gorilla glass merupakan salah satu merek pelindung layar HP dari kaca milik Corning.
  2. Tempered glass tersedia dalam berbagai jenis bentuk, ukuran, dan kualitas yang berbeda-beda tergantung pabrik yang membuatnya. Sementara gorilla glass tersedia dalam beberapa variasi misalnya 2.0, 3.0, 4.0, dan seterusnya.
  3. Perusahaan tempered glass secara umum hanya memproduksi produk untuk digunakan pada ponsel. Berbeda dengan Corning yang membuat gorilla glass untuk ponsel, televisi, dan laptop.
  4. Ada banyak ponsel yang sudah dilengkapi dengan gorilla glass oleh pabrik pembuatnya. Namun untuk menggunakan tempered glass, Anda harus membelinya secara terpisah.
  5. Gorilla glass memiliki tingkat ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan tempered glass. Kekuatannya pun lebih baik. Bahkan Corning sendiri mengklaim kalau gorilla glass hanya bisa digores menggunakan berlian.