5 Trik Charger HP agar Cepat Penuh

Handphone dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi kembali daya listriknya secara berulang-ulang. Anda bisa menggunakan charger khusus HP untuk melakukannya. Cukup pasang charger tersebut pada stop kontak, lalu hubungkan kabelnya dengan port USB di HP. Maka baterai pun akan terisi dengan energi listrik secara otomatis. Rata-rata proses charging HP membutuhkan waktu yang berkisar antara 2-4 jam.

Bagi sebagian besar pengguna HP, waktu charging baterai ini terasa sangat lama. Apalagi kalau kehidupan Anda tidak bisa terlepas dari HP. Harus menunggu kapasitas listrik di dalam baterai terisi penuh ibarat Anda menunggu waktu setahun lamanya. Karena sudah tak sabar lagi, maka beberapa pengguna pun melepaskan charger dari HP padahal baterainya belum penuh. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, baterai HP pun akan cepat rusak.

agar-charger-lebih-cepat.jpg

Lebih baik buatlah agar proses charging baterai HP Anda berjalan lebih cepat. Memangnya bisa? Tentu saja. Begini triknya!

Trik 1. Gunakan Charger Berkekuatan Besar

Model charger yang ada di pasaran memang itu-itu saja. Namun tahukah Anda kalau charger ini memiliki kemampuan yang berbeda-beda? Charger untuk tablet umumnya mempunyai daya kerja yang lebih besar daripada charger smartphone. Hal ini tidak terlepas dari kapasitas baterai tablet yang biasanya juga lebih besar sehingga menuntut waktu pengisian yang lebih cepat agar pengguna tetap merasa nyaman. Jadi cobalah ganti charger HP Anda dengan charger untuk tablet.

Trik 2. Ganti Baterai dengan Kapasitas Kecil

Baterai dengan ruang penyimpanan energi listrik yang lebih besar menuntut waktu pengisian ulang yang lebih lama karena jumlah energi listrik pun lebih banyak. Semakin besar kapasitas baterai, maka semakin lama pula proses charging yang harus dilakukan jika menggunakan charger yang sama. Kalau Anda tidak sabar menunggu baterai tersebut terisi penuh, ganti saja menggunakan baterai dengan kapasitas yang lebih kecil. Namun hal ini juga akan berpengaruh pada waktu pemakaian HP menjadi lebih singkat.

Trik 3. Pakailah Kabel USB Berkualitas Tinggi

Charger saat ini dilengkapi dengan kabel USB yang berfungsi sebagai media perantara untuk mentransfer energi listrik dari kepala charger ke baterai HP. Ternyata kualitas kabel USB yang Anda gunakan dapat mempengaruhi jumlah energi listrik yang berhasil ditransfer serta tingkat kecepatan proses pengirimannya. Jadi kami sarankan pakailah kabel USB yang berkualitas tinggi. Paling mudah tentu saja menggunakan kabel USB yang orisinal.

Trik 4. Selalu Padamkan HP saat Proses Charging

Hindari kebiasaan buruk dengan melakukan charging baterai ketika HP dalam keadaan sedang menyala. Tidak hanya akan membuat proses pengisian ulang energi listrik ke dalam baterai HP menjadi semakin lama, tetapi kebiasaan buruk ini juga dapat merusak baterai. Baterai HP Anda akan cepat menggelembung karena dipaksa terus bekerja selagi baterainya sedang diisi. Perlu diketahui, HP yang didiamkan sebenarnya tidak benar-benar diam. HP tersebut masih bekerja untuk memproses aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar. Jadi matikanlah HP terlebih dahulu sebelum di-charging.

Trik 5. Hentikan Paksa Aplikasi di Background

Kadang-kadang kita terpaksa menge-charge HP dalam keadaan menyala. Terutama saat proses ini dilakukan pada siang hari. Alasannya karena Anda tidak mau melewatkan telepon atau SMS penting dari orang lain. Biar proses charging tetap berjalan cepat, sebaiknya Anda matikan dulu fitur-fitur HP yang banyak menguras energi listrik seperti mobile data, WiFi, mobile hotspot, GPS, dan sinkronisasi. Setelah itu hentikan paksa aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang di belakang layar. Jangan lupa juga untuk membersihkan RAM lewat menu pengaturan.