6 Cara Memilih Charger HP yang Tepat untuk Smartphone Anda

Kita membutuhkan charger untuk mengisi daya listrik ke dalam baterai smartphone. Dengan charger ini, baterai ponsel dapat digunakan berkali-kali. Anda hanya perlu memasang charger ini ke stop kontak, lalu menghubungkan kabelnya ke smartphone untuk melakuan pengisian daya listrik ke baterai. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka produk smartphone selalu dilengkapi dengan charger. Sehingga pengguna ponsel langsung dapat mengecas baterai smartphone yang baru dibelinya.

Karena terus digunakan, lama-kelamaan charger akan mengalami kerusakan. Charger tersebut sudah tak bisa dipakai untuk mengecas HP lagi. Mau tidak mau Anda pun harus membeli charger yang baru supaya tetap dapat menge-charge baterai smartphone. Namun sayangnya begitu banyak charger yang tersedia di pasaran dengan kualitas yang beranekaragam. Bahkan tidak sedikit loh charger yang baru saja dipakai langsung rusak. Tak jarang pula charger tersebut jusru merusak baterai smartphone.

tips-memilih-charger-hp.jpg

Kalau Anda mau membeli charger HP, silakan ikuti tips-tips di bawah ini untuk memilihnya ya!

Beli Charger yang Original dan Pastikan Asli

Kalau Anda mempunyai budget yang cukup banyak, mendingan beli saja produk charger yang original. Sebab charger yang ori pasti memiliki kualitas yang bagus. Charger tersebut telah menjalani serangkaian uji mutu untuk menjamin kualitasnya. Pasti Anda tidak akan kecewa telah membelinya. Charger ini juga selalu dilengkapi dengan garansi. Sehingga bila dipakai sebentar sudah rusak, Anda bisa menggantinya dengan charger baru secara gratis. Namun Anda juga harus memastikan bahwa charger tersebut benar-benar asli.

Pilih Charger Aftermarket yang Berkualitas

Charger HP yang berkualitas tak melulu charger yang asli buatan pabrikan smartphone ternama loh. Sebab kenyataannya ada banyak pula produk charger aftermarket yang memiliki mutu yang bagus. Anda hanya perlu sedikit repot mencari informasi kira-kira charger dengan merek apa yang kualitasnya bagus tetapi harganya tak terlalu mahal. Anda bisa mencari informasi ini di internet. Atau bisa juga bertanya langsung kepada si penjual. Mintalah rekomendasi charger yang bermutu tinggi dengan harga yang bersahabat. Mereka pasti tahu deh.

Pastikan Konektornya Sesuai Port HP

Jangan sampai salah dalam membeli charger ya. Beberapa produk smartphone mempunyai port atau lubang charging yang tidak umum dari biasanya. Ada yang dilengkapi port USB cukup besar, terlalu kecil, port seperti kamera digital, dan lain-lain. Nah, pastikan charger yang Anda beli memiliki kabel dengan konektor yang sesuai bentuk port charging pada HP Anda. Kalau perlu, Anda bisa membawa smartphone Anda saat membeli charger ini. Jangan lupa untuk mencobanya di depan penjual ya. Apakah charger tadi bekerja atau tidak.

Charger dengan Kemampuan Fast Charging

Waktu tunggu proses pengisian daya listrik ke baterai smartphone dirasakan begitu lama oleh pengguna. Apalagi sekarang kapasitas baterai sudah cukup besar sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk mengisinya sampai penuh. Untungnya sekarang telah ditemukan teknologi fast charging. Dengan teknologi ini, waktu charging menjadi jauh lebih cepat. Anda tidak perlu khawatir terhadap kesehatan baterai. Teknologi fast charging sudah cukup pintar dalam mendeteksi kapasitas baterai. Proses charging otomatis akan melambat ketika baterai hampir penuh.

Pastikan Kabel USB Chargernya Elastis

Jangan sampai salah memilih charger. Anda sebaiknya membeli charger yang dilengkapi kabel USB yang elastis. Hindari memilih charger dengan kabel yang terlalu kaku atau terlalu tipis. Kabel yang terlalu kaku membuat sulit ditekuk. Kalau pun Anda memaksa menekuknya, maka bagian tembaga di dalamnya akan mudah terputus. Begitu pula jika kabel tersebut terlalu tipis, usianya pasti tidak akan lama. Sebaiknya Anda memilih charger yang dilengkapi kabel USB yang elastis sehingga Anda bisa memakainya dengan mudah. Jangan beli charger tersebut kalau ada bagian kabelnya yang tertekuk.

Jangan Beli Jika Bungkusnya Sudah Rusak

Pastikan charger yang akan Anda beli masih terbungkus oleh kemasan yang rapi dan bersegel. Jangan mau membeli charger yang bungkusnya sudah rusak. Sebab kemungkinan besar charger tersebut sudah pernah digunakan, atau setidaknya dicoba. Jika Anda membayar dengan harga charger yang baru, maka Anda pun harus mendapatkan charger yang benar-benar baru dan sama sekali belum pernah dicoba sebelumnya. Anda juga patut curiga kalau kondisi pembungkus charger tersebut nampak berdebu dan kotor sekali. Jangan mau membelinya.