6 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terdeteksi HP

Bagaimana cara mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi oleh HP? Anda mungkin saat ini tengah menderita masalah HP yang tidak mampu membaca kartu SIM (SIM card). Kartu SIM tersebut telah dipasang pada posisinya dan Anda yakin pemasangannya sudah benar. Tetapi mengapa HP menganggap bahwa kartu SIM belum terpasang? Pasti ada sesuatu yang tidak beres antara HP tersebut atau kartu SIM yang bermasalah.

HP yang tidak mampu mendeteksi keberadaan kartu SIM memang sangat menjengkelkan. Apalagi jika Anda sedang berniat menelepon seseorang menggunakan nomor kartu SIM tersebut. Anda pun mencoba melepaskan kartu SIM tadi dan memasangnya lagi ke dalam slot yang tersedia. Namun hasilnya masih sama saja. HP tetap tidak bisa membaca kartu SIM dan menganggap bahwa Anda belum memasang kartu SIM.

kartu-sim-tidak-terdeteksi.jpg

Ikuti panduan berikut ini untuk mengatasi HP yang tidak bisa membaca kartu SIM!

  1. Ketahui Sumber Masalahnya

Tidak terbacanya kartu SIM bisa dikarenakan oleh kerusakan kartu SIM tersebut sendiri atau error yang terjadi pada HP. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencoba memasang kartu SIM ke HP lain. Jika kartu SIM terdeteksi oleh HP lain artinya kartu tadi masih bagus. Namun bila kartu SIM tidak bisa dikenali oleh ponsel-ponsel lainnya, kartu tersebut sudah rusak. Anda bisa menggantinya ke service center terdekat.

  1. Pasang Kartu SIM Lain

Anda juga bisa membaca kartu SIM lain ke smartphone yang dianggap bermasalah tadi. Apabila HP ternyata mampu mendeteksi keberadaan kartu SIM yang baru tersebut berarti slotnya masih bekerja. Kemungkinan penyebab HP tidak bisa membaca kartu SIM lama adalah kartunya rusak atau masalah-masalah yang berhubungan dengan slot. Intinya di sini Anda sudah mengetahui kalau slot SIM HP masih bekerja.

  1. Bersihkan Pin Konektor

Partikel-partikel kotoran bisa menutup permukaan pin yang terdapat pada slot SIM dan kartu SIM. Jika ada salah satu pin yang tidak saling bertemu, maka slot SIM pun tidak bisa membaca kartu SIM dengan baik sehingga menganggap keberadaannya tidak ada. Anda bisa mencoba membersihkan permukaan kedua pin konektor ini menggunakan penghapus pensil selama beberapa kali.

  1. Coba Ganjal Kartu SIM

Ini merupakan penyebab yang paling sering ditemukan, di mana keadaan slot SIM sudah terlalu longgar. Akibatnya kartu SIM pun hanya melayang di dalam slot. Pin pada kartu SIM ini tidak menempel ke konektor HP. Karena posisinya demikian, wajar saja kalau kartu SIM tidak terbaca. Solusinya ganjal bagian atas kartu SIM dengan kertas yang kuat sehingga posisi kartu ini tertekan ke bawah dan menempel ke konektor.

  1. Angkat Pin Pembaca Kartu

Bila Anda perhatikan dengan baik, terdapat beberapa pin di dalam slot atau soket tempat penyimpanan kartu SIM pada HP yang berfungsi untuk membaca kartu. Mungkin saja ketika Anda memasang kartu SIM dengan tenaga yang cukup kuat, pin ini tertekan sehingga posisinya agak turun ke bawah. Anda perlu mengangkat posisi pin tersebut lagi ke atas sekitar 1-2 mm sehingga bisa menempel lagi dengan kartu SIM.

  1. Ganti Konektor HP

Jika Anda sudah mencoba semua langkah di atas tetapi tidak ada satu pun yang membuahkan hasil, mau tidak mau Anda harus mengganti konektor HP yang sudah rusak. Adapun konektor yang perlu diganti adalah konektor yang terdapat pada slot/soket SIM yang bertugas membaca kartu SIM. Pilihlah komponen yang orisinal, lalu pasang pada posisinya dengan benar.