6 Penyebab SMS di HP Android Tidak Terkirim dan Solusinya

Fungsi dasar HP yaitu sebagai alat komunikasi jarak jauh. Selain melalui sambungan telepon, Anda juga dapat melakukan hubungan komunikasi dalam jarak yang jauh memakai SMS (Short Message Service). Ini merupakan salah satu kemampuan dasar telepon genggam. Bahkan sebelum ditemukan smartphone, HP sudah mampu melakukan telepon dan SMS. Fitur SMS memungkinkan kita dapat mengirimkan pesan singkat kepada orang lain sehingga lebih praktis daripada menelepon.

Namun apa jadinya kalau smartphone tidak mampu melaksanakan pekerjaan utamanya? Anda bingung sendiri karena HP tiba-tiba tidak bisa mengirimkan SMS. Setiap kali Anda mencoba mengirim pesan singkat via menu SMS, pesan tersebut tak terkirim. HP hanya menunjukkan indikator di layar bahwa sistem sedang mengirim SMS. Tetapi berapa lama pun Anda menunggunya, SMS ini tetap tidak bisa terkirim. Pasti ada suatu masalah yang sedang menimpa HP Anda sehingga menjadi error.

penyebab-sms-tidak-terkirim.jpg

SMS tidak terkirim pada HP Android bisa disebabkan oleh berbagai perihal. Di antaranya yaitu :

  1. Pulsa Anda Kurang

Dimulai dari penyebab yang paling sepele. Bukan tak mungkin tidak terkirimnya SMS yang coba Anda kirimkan dikarenakan pulsa di HP Anda yang masih tersisa sedikit. Akibatnya pulsa ini tidak mampu membiayai layanan SMS yang akan Anda digunakan. Tak heran jika SMS pun pasti bakal gagal terikirim. Memang kebanyakan pengguna jarang mengecek sisa pulsa di ponselnya, apalagi setelah biaya layanan telepon dan SMS semakin terjangkau. Cobalah Anda cek sisa pulsa di HP Anda. Segera lakukan pengisian ulang pulsa kalau masih tinggal sedikit.

  1. Ada Gangguan Jaringan

Kualitas layanan jaringan telekomunikasi di Indonesia memang belum terlalu memuaskan. Tak jarang layanan tersebut mengalami gangguan atau penurunan dalam performanya, terutama saat kondisi cuaca sedang buruk atau sedang ada perbaikan sambungan. Jika kondisi ini terjadi, maka HP Anda bakal sulit mendapatkan sinyal. Dampaknya yaitu Anda tidak bisa menggunakan layanan telepon, SMS, maupun internet. Anda dapat menanyakan ke teman yang menggunakan provider yang sama apakah mengalami gangguan juga atau tidak.

  1. Ponsel Terlalu Sibuk

Kenyataannya sistem pada HP Android harus melakukan berbagai pekerjaan. Tidak hanya tugas di bidang komunikasi saja, tetapi ponsel tersebut juga harus melayani fitur yang lainnya seperti multimedia, penyimpanan data, keamanan, dan lain-lain. Maka tak heran, HP Android butuh RAM yang besar supaya mampu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik. Kalau RAM di ponsel kurang memadai, maka sistem pun menjadi terlalu sibuk. Ponsel Anda akan mengalami hang bila dibiarkan terus-menerus. Anda bisa merestart HP untuk menyegarkannya kembali.

  1. Masalah Pada Sistem

Sistem operasi yang tertanam di dalam HP Android pun bisa mengalami kerusakan (crash). Saat sistem ini sudah rusak, kinerjanya menjadi tidak normal atau bahkan tidak mampu bekerja sama sekali. Untuk sekadar mengirimkan SMS pun HP tersebut tidak bisa melakukannya karena sistem yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut sudah rusak. Solusi pertama untuk mengatasi masalah ini yaitu melakukan reset pengaturan ke awal. Kalau tidak berhasil, Anda bisa mereset HP tersebut melalui BIOS dengan melakukan format terlebih dahulu.

  1. Salah Nomor Tujuan

Coba deh Anda cek sekali lagi nomor tujuan SMS yang ingin Anda kirimkan. Apakah nomor ini memang sudah benar atau belum? Sebab kalau Anda mengirimkan SMS ke nomor yang salah, tapi nomor tersebut tidak terdaftar atau belum didaftarkan di provider manapun, maka dapat dipastikan SMS Anda tidak bakal terkirim. Kan penerimanya sendiri saja tidak ada? Jadi wajar sekali masalah ini terjadi. Silakan Anda bisa mengecek kembali nomor tujuannya. Perbaiki digit nomor yang sebelumnya salah Anda tulis.

  1. Salah Nomor Pusat

Kinerja layanan SMS di HP didukung oleh nomor pusat layanan. Kabar baiknya setiap provider telekomunikasi di Indonesia mempunyai nomor pusat layanannya sendiri. Sehingga proses kirim SMS pun dapat dilakukan dengan cepat sekali. Saat Anda mengirimkan SMS, SMS tersebu akan terkirim ke nomor pusat terlebih dahulu. Dari sini lalu SMS dikirimkan lagi ke nomor pusat sesuai nomor provider tujuan. Barulah kemudian SMS Anda tadi bakal diterima oleh nomor tujuan. Biasanya sistem HP Android akan mendeteksi nomor pusat layanan secara otomatis. Namun jika sistem melakukan kesalahan, Anda pasti tidak akan bisa mengirim dan menerima SMS.

Di bawah ini daftar lengkap nomor pusat layanan SMS dari berbagai provider telekomunikasi di Indonesia :

  • Simpati : +6281100000
  • Kartu AS : +6281100000
  • Loop : +6281100000
  • IM3 : +62855000000
  • Mentari : +62816124
  • XL : +62818445009
  • Axis : +628315000032
  • 3 : +6289644000001

Silakan Anda bisa mencoba solusi di atas satu per satu. Kami jamin pasti di antara solusi-solusi tersebut, ada salah satu, dua, atau tiga yang berhasil mengatasi masalah Anda.