7 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca

Kartu SD adalah penolong bagi pengguna HP yang membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar. Sebab dari kartu ini, pengguna bisa meningkatkan kemampuan handphone dalam menyimpan file. Walaupun kapasitas memori internalnya terbatas, tetapi dengan penambahan kartu SD, maka kapasitas memori HP pun otomatis akan meningkat karena ditambah memori eksternal. Kini Anda pun dapat menyimpan file dalam jumlah yang lebih banyak.

Masalahnya yaitu kartu SD sebagai perangkat memori eksternal tidak selamanya bekerja secara normal. Kadang-kadang kartu ini pun mengalami problem yang mengakibatkan file-file di dalamnya tidak bisa terbaca sama sekali. Anda pun menjadi bingung sendiri. Sebab file-file di dalam ponsel tersebut sangat penting. Bagaimana caranya Anda bisa menyelamatkan file kalau kartu SD saja tidak bisa dibaca?

kartu-sd-tidak-terbaca.jpg

Untungnya kami mempunyai solusi yang jitu untuk mengatasi kartu SD yang tidak terbaca di HP. Apa saja? Berikut ini kiat-kiat untuk mengatasinya!

Gunakan Aplikasi File Manajer Tambahan

Ada begitu banyak aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam menggunakan smartphone. Salah satunya yaitu aplikasi yang berjenis file manajer. Aplikasi ini berguna untuk membantu Anda dalam mengelola file. Sebenarnya HP sudah memiliki aplikasi pengelola file bawaan pabrik. Namun kadang-kadang aplikasi tersebut mengalami error. Akibatnya file di kartu SD pun tidak terbaca, padahal kartu tidak rusak. Solusinya yaitu Anda tinggal menginstal aplikasi file manajer yang baru.

Atur Ulang Posisi Pemasangan Kartu SD

Masalah yang sepele juga bisa mengakibatkan HP tidak sanggup membaca isi file di dalam kartu SD loh. Misalnya yaitu posisi pemasangan kartu SD yang tidak benar atau sedikit bergeser akan mengakibatkan HP tidak bisa membaca kartu dengan baik. Oleh sebab itu, Anda harus melepaskan kartu tersebut dari slot terlebih dahulu. Kemudian pasang lagi dengan posisi yang tepat. Pastikan kartu sudah terpasang dengan mantap dan tidak bergoyang.

Bersihkan Pin Kartu SD dengan Penghapus

Kartu SD mempunyai pin yang berfungsi sebagai konektor. Pin ini berwarna emas dan terletak di bagian bawah kartu. Kadang-kadang file yang tidak terbaca disebabkan oleh kondisi pin pada kartu SD yang sudah kotor. Kotoran akan menyelimuti permukaan pin sehingga mengakibatkan komponen pembaca di HP tidak mampu membaca isi file di dalam kartu SD dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba membersihkan pin kartu SD menggunakan penghapus pensil. Bersihkan beberapa kali sampai kondisinya menjadi bersih kembali.

Rapatkan Slot Kartu SD yang Longgar

Umumnya tempat pemasangan kartu SD berupa slot. Jadi untuk memasangnya, pengguna HP harus memasukkan kartu ini ke slot yang telah tersedia. Ukuran slot tersebut sudah dirancang secara matang sehingga benar-benar pas dengan ukuran kartu SD. Sehingga pada saat kartu dipasang di slot tersebut, maka posisinya akan terpasang secara mantap dan tidak bergoyang. Sebab jika kartu bergoyang akan mengakibatkan koneksi antara komponen HP dan kartu SD terputus sehingga kartu pun tidak terbaca. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kondisi slot yang sudah terlalu longgar. Anda harus merapatkannya kembali.

Pindahkan ke HP Lainnya

Bukan tidak mungkin tidak terbacanya kartu SD di HP Anda bukan disebabkan oleh kondisi kartu tersebut yang sudah rusak, tapi komponen di dalam HP yang justru telah rusak sehingga tidak mampu membaca kartu tersebut. Maka tak heran file di dalam kartu SD pun tidak dapat ditampilkan di file manajer. Anda bisa mencoba memindahkan kartu SD tersebut ke HP lainnya. Jika isi kartu SD dapat dibaca di HP lain, artinya HP Anda yang sudah rusak.

Gunakan HP Jadul untuk Membaca

Percaya atau tidak, kartu SD yang tidak terbaca di HP dengan sistem Android maupun iOS bisa dibaca oleh HP jadul loh. Kejadian ini begitu aneh tapi sudah kami alami sendiri beberapa kali. Kami sarankan gunakan HP Nokia jadul yang masih menggunakan sistem operasi Symbian atau Java. Pasanglah kartu SD di slot memori yang tersedia. Kalau berhasil, maka file-file yang ada di dalam kartu pun akan terbaca dengan baik oleh HP jadul tersebut.

Pakailah Card Reader untuk Membaca

Jika Anda sudah tidak mempunyai HP jadul, Anda bisa menggunakan card reader untuk membaca file-file di kartu SD yang tidak terbaca oleh HP. Card reader ini begitu ampuh dalam membaca file di SD card asalkan kondisinya memang tidak rusak. Anda juga bisa memanfaatkan fitur card reader yang biasanya terdapat di flash disk atau modem USB. Anda tinggal memasang kartu SD yang error di slot card reader. Kemudian pasanglah pada komputer. File-file di dalam kartu tersebut pun pada akhirnya dapat dibaca.