7 Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh

Teknologi layar sentuh kini diadopsi oleh hampir semua produk smartphone keluaran terbaru. Teknologi ini memungkinkan kita sebagai pengguna dapat memberikan perintah kepada sistem ponsel memakai sentuhan pada bagian layar. Cukup dengan menyentuh layar ponsel tersebut, maka sistem smartphone akan langsung memberikan respons terhadap perintah kita. Teknologi ini tentunya sangat membantu pengguna saat memakai HP serta mendukung kenyamanannya.

Cuma kadang-kadang ada sedikit masalah yang menimpa layar smartphone berteknologi touchscreen. Masalahnya yaitu layar tersebut tidak memberikan respons atas perintah berupa sentuhan yang telah kita lakukan. Berkali-kali Anda mencoba menyentuh layar HP, namun layar tersebut cuma terdiam saja seolah-olah Anda sama sekali tidak menyentuhnya. Tentunya Anda merasa kesal sendiri dengan masalah ini, ya kan? Apa sih penyebabnya? Bagaimana pula solusi mengatasi masalah ini?

layar-sentuh-tidak-bisa-disentuh.jpg

Tidak bekerjanya fungsi touchscreen pada layar ponsel bisa ditimbulkan oleh berbagai penyebab. Oleh sebab itu, Anda bisa memperbaikinya dengan mencari tahu sumber masalahnya terlebih dahulu. Berikut ini tata cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa kondisi layar perangkat ponsel!

  • Perhatikan dengan baik kondisi layar ponsel Anda. Pastikan tidak ada bagian yang retak, rusak, atau terkelupas.
  • Jika smartphone Anda dipasangi casing tambahan atau pelindung layar, cobalah melepaskan aksesori tersebut.
  • Usahakan Anda tidak mengenakan sarung tangan saat memakai ponsel sebab layar touchscreen sulit meresponsnya.
  • Kalau Anda memasang stiker tambahan pada layar smartphone atau sensor touchcreen, cobalah lepaskan stiker ini.
  • Pastikan kondisi layar ponsel Anda dalam keadaan yang bersih. Adanya kotoran di layar akan mengganggu kinerjanya.

SOLUSI

Jikalau layar smartphone Anda tiba-tiba tidak memberikan respons terhadap sentuhan, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan solusi-solusi sebagai berikut :

  1. Reboot Smartphone Anda

Bukan tak mungkin tidak berfungsinya fungsi touchscreen pada ponsel Anda disebabkan oleh error sementara yang menimpanya. Ponsel tersebut mengalami hang untuk sementara waktu. Jadi untuk mengatasinya, Anda tinggal melakukan restart atau reboot terhadap HP tersebut. Mengingat layar HP Anda tidak bekerja, langsung saja Anda bisa melakukan reboot secara paksa dengan melepaskan baterai lalu memasangnya kembali. Kalau HP Anda memakai baterai non-removable, tekan tombol power selama 30 detik hingga HP mereboot secara otomatis.

  1. Hapus Aplikasi yang Bermasalah

Masalah pada layar ponsel juga mungkin disebabkan oleh aplikasi yang baru saja Anda instal. Kenyataannya memang tidak semua aplikasi selalu bekerja dengan baik di HP Android. Apabila HP Anda tak didukung oleh aplikasi tersebut sepenuhnya, maka error mungkin saja bisa terjadi. Cara mengeceknya yaitu Anda bisa masuk ke mode aman. Silakan Anda tekan dan tahan tombol power di perangkat hingga mati lalu menyala kembali. Jika layar berfungsi dalam mode aman, maka bisa dipastikan kalau penyebabnya ada di aplikasi. Hapus saja aplikasi tersebut.

  1. Nonaktifkan Fungsi Developer

Beberapa pengguna smartphone kerap kali mengaktifkan fungsi developer untuk meningkatkan performa perangkat miliknya. Namun sayangnya fungsi ini juga sering membawa masalah pada sistem HP. Salah satunya yaitu layar menjadi bermasalah. Jika Anda telah mengaktfikan fungsi developer ini, cobalah Anda matikan kembali dan perhatikan hasilnya. Anda bisa memasuki menu Pengaturan, lalu Sistem, dan Opsi Developer. Geser pilihannya ke kiri untuk mematikan opsi developer ini.

  1. Ganti Touchscreen yang Rusak

Bagian layar ponsel pintar dilengkapi dengan touchscreen di permukaannya. Layar touchscreen inilah yang berfungsi untuk menangkap perintah Anda lalu memberikan respons. Touchscreen smartphone terpisah dari layar LCD ponsel. Belum tentu saat LCD ponsel mampu menampilkan gambar dengan baik berarti layar touchscreen-nya pun dalam kondisi baik. Sebab kedua bagian ponsel ini terpisah satu sama lain meskipun kinerjanya berhubungan. Silakan Anda ganti layar touchscreen HP barangkali biang keroknya ada di sini.

  1. Keringkan Ponsel yang Basah

Ketika HP Anda kemasukan air biasanya bakal terjadi berbagai masalah yang timbul setelahnya. Salah satunya yaitu kinerja layar ponsel menjadi tidak normal atau bahkan tidak bisa disentuh sama sekali dan tidak memberikan respons. Error tersebut timbul tak lain karena komponen listrik penyusun HP mengalami konsleting. Anda bisa mencoba mengeringkan ponsel yang basah ini dengan melepaskan semua komponennya, lalu keringkan memakai kain lap atau hairdryer. Bila perlu, Anda bisa menjemur komponen-komponen ini sampai kering kembali.

  1. Ganti dengan Charger Lainnya

Kalau error pada layar HP Anda terjadi hanya saat smartphone digunakan dalam kondisi sedang dicas, maka kemungkinan besar sumber masalahnya terletak pada charger yang Anda gunakan. Charger tersebut mungkin saja sudah rusak sehingga mengalirkan daya listrik yang terlalu besar. Inilah yang menyebabkan layar smartphone tidak mampu bekerja dengan semestinya. Guna mengatasi masalah ini, Anda bisa mengganti charger tersebut dengan charger lainnya. Pakailah charger yang original sehingga kualitasnya benar-benar terjamin.

  1. Lapangkan Memori RAM Ponsel

Layar touchscreen pada smartphone juga bisa mendadak tidak berfungsi apabila sistemnya terlalu sibuk bekerja. Sistem HP Anda menerima beban kerja yang terlalu banyak dibandingkan kapasitas dan kemampuannya dalam mengelola perintah. Biang keroknya tak lain karena RAM yang terlalu kecil. Ketika mendapatkan perintah yang terlalu banyak, RAM menjadi terlalu penuh sehingga mengalami hang. Sistem HP Anda menjadi macet. Alhasil sentuhan pada layar HP pun sama sekali tidak diresponsnya. Anda bisa mencoba melapangkan kapasitas RAM di HP.