7 Cara Mudah Perbaiki HP yang Tidak Bisa Dicas

Telepon seluler memungkinkan kita dapat membuat sambungan telepon di mana saja dan kapan saja. Telepon ini tetap bisa digunakan meski tidak terhubung dengan kabel. Adanya baterai di dalam ponsel tersebut sudah menjadi sumber tenaga yang cukup membuatnya untuk tetap dapat menyala. Jadilah HP bisa kita gunakan di berbagai kesempatan. Namun supaya HP tersebut tetap bisa terus menyala, Anda perlu mengisi ulang daya listrik ke dalam baterainya. Anda perlu melakukan charging ulang baterai.

Proses charging dilakukan ketika kapasitas listrik di dalam baterai HP tinggal sedikit. Rekomendasi dari kami, lakukan proses ini saat indikator baterai sudah menunjukkan angka 30 persen. Jangan biarkan kapasitas baterai tersebut benar-benar kosong karena akan membuatnya cepat rusak. Tetapi bagaimana jadinya apabila saat Anda hendak mengisi ulang baterai tersebut ternyata HP tidak bisa dicas? Anda pasti pusing bukan main menghadapi masalah tersebut. Bagaimana cara mengisi baterai kalau tidak dapat dicas lagi?

hp-tidak-bisa-dicas.jpg

Berikut ini solusi-solusi yang patut Anda coba untuk mengatasi HP yang tidak bisa dicas baterainya!

Pastikan Charger Tidak Rusak

Kita mulai dari kemungkinan yang paling simpel yuk. Coba Anda cek kondisi charger apakah masih dapat bekerja dengan baik atau tidak? Sebab bukan tidak mungkin penyebab HP Anda tidak bisa dicas karena charger yang digunakan memang sudah rusak. Anda bisa mencoba menggunakan charger tersebut ke HP lainnya, apakah bisa mengisi daya listrik? Kalau tetap tidak bisa, cobalah Anda gerak-gerakkan kabelnya. Jika kemudian baterai HP dapat diisi, kemungkinan besar kabelnya saja yang rusak. Namun kalau charger tetap tidak mau mengisi listrik ke HP artinya charger tersebut memang telah rusak.

Cas HP dalam Kondisi Padam

Jika Anda mencoba mengisi daya listrik dalam kondisi HP menyala namun tidak berhasil, cobalah Anda matikan HP tersebut. Tekan tombol power HP, lalu sentuh tombol power off/padamkan. Setelah itu, Anda bisa mencoba lagi memasang charger ke ponsel untuk mengisi daya listrik ke dalam baterainya. Biasanya trik sederhana berhasil mengatasi HP yang tidak bisa dicas akibat kinerja sistem yang terlalu sibuk. Dampaknya yaitu ponsel pun tidak mampu merespons konektor charger yang sudah dipasangkan kepadanya. Cukup dengan memadamkan HP, masalah ini langsung selesai diperbaiki.

Cabut Baterai dan Pasang Lagi

Anda juga bisa mencoba solusi lain untuk mengatasi HP yang tidak dapat dicas. Triknya sederhana saja. Anda tinggal melepaskan baterai di HP tersebut terlebih dahulu. Bukalah casing belakang HP Anda, lalu cabut baterai yang tertanam di sana. Tunggulah sekitar 10-15 detik. Kemudian pasanglah baterai HP ke tempatnya semula. Sekarang Anda dapat mencoba mengecas kembali HP tersebut. Jika trik ini berhasil, maka HP pun dapat dicas kembali. Sama seperti sebelumnya, masalah ini dikarenakan oleh sistem HP yang terlalu sibuk bekerja sehingga mengalami error dalam melakukan tugas-tugasnya.

Cek Kondisi Tempat Baterai

Bukan tidak mungkin penyebab HP Anda tidak bisa dicas karena tempat baterai yang bermasalah. Hal ini biasanya terjadi akibat lempengan konektor yang bersentuhan dengan baterai telah rusak, melengkung, atau terputus. Akibatnya konektor ini tidak mampu menyentuh baterai dengan benar. Port baterai yang terbuat dari tembaga tidak dapat disentuh oleh konektor tersebut. Jadi wajar sekali bila kemudian listrik pun tidak bisa mengalir ke dalam baterai HP ini. Untuk memperbaikinya, Anda bisa membetulkan posisi konektor ini supaya dapat menempel ke baterai dengan rapat dan kuat.

Perbaiki Port USB yang Rusak

Cobalah Anda menggunakan charger lain yang diketahui kalau kondisi charger tersebut masih bekerja normal. Perhatikan hasilnya. Apakah charger ini mampu mengisi daya listrik ke dalam baterai HP atau tidak? Kalau HP tetap tidak dapat diisi, kemungkinan besar port USB pada HP Anda sudah rusak. Anda bisa memastikannya sekali lagi dengan menghubungkan HP tersebut ke laptop, apakah HP terdeteksi atau tidak? Jika ponsel Anda tidak terdeteksi, bisa jadi port USB-nya rusak. Anda bisa memperbaikinya atau mengganti komponen tersebut.

Gunakan Charger Desktop

Smartphone Anda tidak bisa dicas baterainya karena port USB-nya sudah rusak, tetapi Anda tidak punya uang cukup untuk membawanya ke tukang service HP. Maka Anda bisa mengambil solusi alternatif yaitu menggunakan charger desktop. Di Indonesia khususnya, charger ini disebut pula sebagai charger kodok. Cara memakai charger desktop yaitu pasanglah baterai yang sudah Anda lepaskan dari ponsel di tempat dudukan pada charger ini. Lalu Anda pun dapat memasang charger ini ke stop kontak. Pada saat lampu indikator charger berkedap-kedip menandakan proses pengisian daya baterai sedang berlangsung. Jika sudah selesai, lampu indikator akan diam.

Ganti dengan Baterai Baru

Bukan tidak mungkin tidak terisinya baterai smartphone Anda dikarenakan kondisi baterai tersebut yang memang sudah rusak parah. Kalau baterai yang ngedrop saja masih bisa diisi meskipun kemampuannya dalam menyimpan listrik sudah tidak normal. Namun bila baterai tersebut sudah benar-benar rusak, maka baterai tersebut tidak dapat diisi lagi. Kondisi ini umumnya menimpa pada baterai yang dibiarkan ngedrop terlalu lama, baterai yang mengalami konsleting, baterai yang terjatuh dari ketinggia, atau baterai yang terkena air. Solusinya tidak lain yaitu gantilah baterai tersebut dengan yang baru.