7 Tips agar Koneksi Internet Menjadi Stabil

Butuh tips biar koneksi internet menjadi lebih stabil? Di zaman serba canggih seperti sekarang, kita bisa selalu terhubung dengan orang lain melalui perangkat telepon. Bukan hanya sekadar menelepon atau ditelepon, tetapi kita juga bisa menggunakan perangkat tersebut untuk keperluan lain. Salah satunya yaitu mengakses jaringan internet kapan pun dan di mana pun kita mau. Hal ini membuat kita bisa terhubung orang lain dengan lebih baik.

Kami kira semua orang kini membutuhkan koneksi internet yang stabil, termasuk Anda pula. Bukan hanya cepat, koneksi internet yang stabil memungkinkan kita dapat selalu terhubung setiap waktu. Meskipun kecepatan internet di Indonesia lebih lambat daripada negara-negara tetangga, tetapi kita patut bersyukur setidaknya kualitasnya sekarang sudah jauh lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Harganya pun menjadi lebih terjangkau.

tips-agar-internet-stabil.jpg

Anda yang menginginkan koneksi internet yang stabil bisa mencoba trik-trik di bawah ini!

  1. Pilih Browser yang Paling Tepat

Ada banyak sekali browser yang bisa Anda gunakan untuk berselancar di dunia maya. Setiap browser tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebisa mungkin Anda bisa memilih browser yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. Contohnya seperti teknologi kompresi file sehingga ukuran file yang tengah dibuka bisa diperkecil tanpa merubah kualitasnya secara signifikan. Anda bisa memakai Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera Turbo.

  1. Matikan Gambar Jika Tidak Perlu

File gambar memiliki ukuran yang lebih besar daripada file teks. Apalagi jika file gambar tersebut mempunyai kualitas HD (High Definition). Jadi ketika Anda sedang iseng mencari suatu informasi, padamkanlah gambar untuk sementara waktu sehingga koneksi internetnya menjadi lebih cepat. Anda bisa menonaktifkan fitur penampilan gambar ini melalui menu pengaturan/setting yang ada di browser.

  1. Jangan Akses Banyak Laman Sekaligus

Batasi laman internet yang Anda buka dalam suatu waktu. Hentikan membuka banyak halaman website sekaligus. Karena selain dapat memboroskan penggunaan kuota data, kecepatan akses browser juga akan melambat. Biasakanlah membuka laman internet satu per satu. Baca terlebih dahulu informasi yang terdapat pada laman tersebut. Setelah selesai membaca, Anda bisa membuka laman yang lain. Hal ini juga berguna supaya sistem browser bisa beristirahat sejenak.

  1. Padamkan Fitur Update Software Otomatis

Ada beberapa software yang dibekali dengan fitur software update otomatis. Misalnya seperti software yang berjenis antivirus. Walaupun sejatinya fitur ini bagus sebab mempermudah pengguna dalam memperbaharui software, namun dampaknya adalah koneksi internet Anda bisa menjadi sibuk. Kalau bisa padamkan semua fitur update otomatis di software-software yang Anda instal. Biarkan Anda sendiri yang melakukan update ketika waktunya sudah tepat.

  1. Beraih ke Operator Seluler yang Lain

Operator seluler di Indonesia mempunyai kualitas layanan yang berbeda-beda. Faktanya belum tentu jaringan internet milik operator seluler A yang internetnya bagus di tempat lain pasti akan bagus pula di tempat Anda. Kunci dasarnya terletak pada kekuatan sinyal operator seluler tersebut di daerah Anda. Semakin kuat sinyal seluler yang bisa didapatkan oleh gadget, maka semakin cepat pula internetnya. Anda bisa mencoba beberapa operator untuk menemukan mana yang paling bagus.

  1. Beli Paket Data yang Lebih Baik

Ini juga termasuk salah satu trik marketing yang biasa dilakukan oleh operator seluler. Belum tentu semua paket data yang ditawarkan oleh operator tersebut mempunyai kecepatan internet yang sama. Biasanya paket data yang harganya murah memiliki koneksi yang lebih lambat daripada paket data yang berharga lebih mahal. Anda harus mencoba membeli beberapa paket data secara bergantian untuk mengetahui mana paket yang memiliki kecepatan sesuai kebutuhan Anda.

  1. Ganti Perangkat Telepon Anda

Jika semua cara di atas sudah dicoba, tetapi sambungan internet masih putus dan nyambung tidak stabil artinya telepon Anda sudah rusak. Anda perlu mengganti perangkat tersebut. Pilih perangkat yang telah ditanami teknologi berbasis internet yang terbaru. Untuk sekarang, pilih gadget yang sudah mendukung jaringan internet 4G. Walaupun harganya lebih mahal, Anda dijamin tidak akan menyesal karena HP Android tersebut memiliki semua fitur yang Anda butuhkan.