7 Tips Mengambil Foto dengan Kamera HP

Apakah Anda membutuhkan tips-tips mengambil foto dengan kamera HP? Zaman sekarang orang-orang selalu membawa HP. Hal ini tidak terlepas dari fungsi HP saat ini yang bukan hanya sekadar alat untuk berkomunikasi jarak jauh, tetapi juga peranti multimedia. HP mempunyai kemampuan yang sangat banyak. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti menonton film, bermain game, membaca berita, dan lain-lain.

Salah satu fungsi dasar yang dimiliki oleh HP adalah kamera. Dengan kamera HP tersebut, Anda dapat mengabadikan momen-momen berharga yang terjadi setiap hari. Anda tinggal menekan tombol bidiknya saja, maka sebuah foto pun berhasil diabadikan. Sayangnya kualitas kamera HP masih kalah jauh dibandingkan dengan kamera DSLR. Tetapi dengan menerapkan trik-trik yang tepat Anda bisa menghasilkan foto yang bagus memakai kamera HP.

foto-dengan-kamera-hp.jpg

Di bawah ini tips-tips buat Anda yang ingin menghasilkan foto berkualitas tinggi menggunakan kamera HP.

  1. Pilih HP Berkamera Bagus

Anda harus memulainya dengan memilih smartphone yang mempunyai kamera berkualitas bagus terlebih dahulu. Percuma keahlian yang Anda kuasai jika tidak didukung oleh perangkat yang mumpuni. Meskipun HP A dan HP B sama-sama memiliki kamera, tetapi mungkin saja kualitasnya tidak sama. Anda perlu memperhatikan tingkat ketajaman kamera serta tingkat kerapatan foto yang dihasilkannya. Beberapa fitur tambahan seperti autofocus dan LED flash juga perlu Anda perhatikan.

  1. Atur Jarak yang Tepat

Setelah Anda menentukan objek yang akan difoto, kemudian aturlah jarak antara Anda dengan objek tersebut. Foto pemandangan akan terlihat indah saat dibidik dari jarak yang cukup jauh. Sebaliknya foto benda-benda mati tampak menarik saat difoto dari jarak cukup dekat dengan sudut yang pas. Pastikan kamera Anda hanya menangkap objek-objek yang sesuai dengan tema foto yang ingin dihasilkan.

  1. Jangan Menggunakan Zoom

Semua kamera HP pastinya mempunyai fitur zoom. Fitur ini berguna untuk membuat jarak antara Anda dengan objek seolah-olah lebih dekat. Jadi Anda tidak perlu repot mendekati objek yang jaraknya cukup jauh. Tetapi khusus untuk kamera HP, sebaiknya Anda jangan pernah memakai zoom. Jika Anda tetap bersikukuh menggunakannya, kami jamin hasil fotonya tampak buram. Berjuanglah sedikit dengan mendekati objek yang ingin Anda foto.

  1. Pertahankan Posisi HP

Pada saat mengambil foto, Anda harus mempertahankan supaya posisi HP tetap diam. Usahakan tangan Anda tidak bergoyang saat memegang HP dan menekan tombol bidiknya. Triknya ialah tahan nafas Anda sejenak ketika sedang membidik foto. Maka hasil fotonya pun tampak lebih jernih dibandingkan sebelumnya. Bila karena hal-hal tertentu Anda tidak bisa menahan tangan agar tetap diam, Anda dapat memanfaatkan alat bantu seperti tripod yang dilengkapi tombol penekan shooter kamera.

  1. Manfaatkan White Balance

Kebanyakan pengguna kamera HP tidak terlalu mempedulikan fitur white balance yang tersedia. Mereka menyetel fitur ini ke opsi otomatis sehingga tidak perlu repot lagi mengaturnya sendiri. Kalau kamera dipakai untuk mengambil foto di lingkungan indoor sih masih bagus karena tidak terlalu terpengaruh sinar matahari. Tetapi saat digunakan untuk mengambil foto di outdoor, hasilnya foto tampak pucat dan warnanya kusam. Itu sebabnya, Anda perlu memilih opsi white balance yang sesuai dengan kondisi cuaca.

  1. Maksimalkan Fungsi Autofocus

Autofocus merupakan salah satu fitur yang sangat membantu dalam menghasilkan foto yang bagus memakai kamera HP. Dengan memakai fitur ini, Anda bisa menghasilkan foto yang lebih berkualitas. Objek utama foto tampak lebih nyata dan jelas berada di depan latar yang sedikit buram. Sebaiknya Anda terus berlatih membidik foto dengan autofocus sehingga lama-kelamaan Anda bisa mengaturnya secara tepat.

  1. Pilih Resolusi Paling Tinggi

Jangan pernah setengah-setengah dalam melakukan suatu pekerjaan. Termasuk saat Anda membidik foto memakai kamera HP, Anda tidak boleh setengah hati memakai semua fitur yang tersedia. Sebisa mungkin pilihlah tingkat resolusi foto yang paling besar sehingga foto yang Anda hasilkan pun bermutu paling bagus. Bidiklah foto tersebut dengan keyakinan yang tinggi bahwa Anda juga bisa mengambil foto yang berkualitas.