7 Trik Rahasia agar HP Kuat Menangkap Sinyal WiFi

Internet kini sudah menjadi barang yang begitu penting. Walaupun tidak kasat mata, namun kenyataannya internet memiliki manfaat besar. Saat ini kita membutuhkan internet untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah memakai internet. Berkat internet pula, kini jarak dan waktu bukan menjadi sebuah halangan bagi kita untuk terus dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Untungnya sekarang sudah banyak terdapat hotspot yaitu area yang menyediakan layanan internet. Ada yang berbayar, tetapi tak sedikit pula yang gratis. Jika dibandingkan mengakses internet menggunakan data pribadi, hotspot menawarkan layanan internet yang lebih cepat. Hotspot akan memancarkan sinyal yang kemudian ditangkap oleh WiFi yang tertanam di perangkat gadget Anda, baik smartphone maupun laptop.

agar-wifi-hp-lebih-kuat.jpg

Besarnya kekuatan sinyal yang mampu ditangkap oleh WiFi akan mempengaruhi kecepatan akses internetnya. Semakin kuat sinyal tersebut, maka semakin cepat pula kecepatan akses data internet pada gadget Anda. Agar HP Anda mampu menangkap sinyal WiFi yang kuat, kami punya trik rahasianya nih!

Trik 1. Gunakan Aplikasi WiFi Booster

Kini pengembang aplikasi berbasis sistem operasi Android semakin kreatif dalam menciptakan karya-karya yang baru. Beberapa aplikasi saat ini bisa memacu kinerja hardware HP agar dapat beroperasi lebih optimal. Salah satunya yaitu aplikasi yang bisa meningkatkan kemampuan WiFi HP dalam menangkap sinyal. Anda bisa mendownload aplikasi ini di Play Store, baik secara gratis maupun berbayar. Instal aplikasi tersebut, lalu gunakan sesuai kebutuhan.

Trik 2. Update Firmware Radio

Tidak hanya pengembang aplikasi yang terus berinovasi, hal yang sama juga dilakukan oleh para karyawan Google yang bertugas untuk mengembangkan sistem operasi Android. Hasil dari pengembangan ini selalu memiliki kinerja yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Itu sebabnya, Anda tidak boleh terlalu nyaman menggunakan firmware yang sekarang. Lakukan update firmware radio secara berkala karena terbukti mempengaruhi kinerja WiFi.

Trik 3. Mengatur Ulang WiFi

Kebanyakan pengguna smartphone tidak pernah mengotak-atik pengaturan WiFi di gadgetnya. Alasan utamanya karena ketidaktahuan terhadap fungsi fitur-fitur yang ada. Padahal mengatur konektivitas WiFi sesuai kebutuhan dapat meningkatkan performanya loh. Tapi di sisi lain, baterai HP pun akan cepat habis karena ponsel harus bekerja secara maksimal. Untuk melakukan pengaturan konektivitas WiFi, Anda bisa masuk ke Pengaturan WiFi, lalu pilih Advanced.

Trik 4. Ubah Frekuensi WiFi

Sebenarnya ada cukup banyak trik loh untuk meningkatkan performa WiFi dalam menangkap sinyal internet dari modem. Trik selanjutnya yaitu melakukan perubahan pada frekuensi WiFi. Pada umumnya, frekuensi tangkapan sinyal WiFi hanya mencapai 2,4 GHz saja. Dengan mengubah frekuensi, bukan tidak mungkin kecepatan koneksinya bisa lebih dari 5 GHz. Anda bisa mengubah frekuensi WiFi melalui menu Settings WiFi. Pada opsi Advanced, silakan Anda pilih WiFi Frequency Band. Ubah setelan standar menjadi Auto.

Trik 5. Gunakan ROM Custom

Jika trik-trik di atas tidak ada yang berhasil, Anda bisa mencoba jurus yang satu lagi. Anda bisa menggunakan ROM custom untuk meningkatkan performa HP dalam menangkap sinyal WiFi. Pemakaian ROM custom dapat menambah fitur pada smartphone Anda sehingga semakin kaya dan lengkap. Bahkan dengan ROM custom ini Anda pun dapat memodifikasi smartphone sesuai dengan keinginan. Cuma trik ini memang membutuhkan keahlian tingkat tinggi dan harus tersedia custom kernel di smartphone.

Trik 6. Lepaskan Casing Smartphone

Tidak sedikit pengguna ponsel yang memasang pelindung tambahan pada smartphone-nya. Maksudnya baik agar smartphone tersebut lebih terlindungi, tidak mudah kotor, dan tidak gampang rusak. Namun pemakaian casing pelindung ini juga memiliki dampak buruk yaitu kemampuan WiFi dalam menangkap sinyal akan menurun karena terhalangi. Sebaiknya Anda lepaskan saja casing pelindung tersebut agar tidak mengganggu kinerja HP.

Trik 7. Hapus Jaringan yang Disimpan

Kalau Anda sering menggunakan sinyal WiFi gratis di kafe, perpustakaan, restoran, atau tempat-tempat umum yang lainnya, pasti smartphone Anda akan banyak menyimpan jaringan WiFi. Semakin sering Anda berpindah-pindah tempat, maka semakin banyak jaringan WiFi yang tersimpan. Walau kelihatannya sepele, tetapi histori ini dapat mempengaruhi kinerja WiFi HP dalam menangkap sinyal loh. Sebaiknya Anda rutin menghapus data daftar WiFi lama yang sudah lama tidak digunakan lagi. Hal ini akan meringankan kinerjanya.