7+3 Tips Fotografi Ponsel Biar Hasil Fotonya Bagus!

Akhir-akhir ini fotografi ponsel semakin disukai oleh orang-orang di Indonesia. Alasannya karena teknik fotografi ini jauh lebih simpel dan praktis. Ponsel juga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Kita membutuhkan ponsel untuk dapat terus menjalin komunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Jadilah pada saat kita melihat suatu objek yang menarik untuk difoto, maka kamera di ponsel yang menjadi senjata utamanya. Cukup arahkan ponsel dan sentuh tombol bidik, foto yang kita inginkan berhasil diambil.

Percayakah Anda kalau foto jepretan dari kamera ponsel bisa mempunyai kualitas yang setara dengan foto hasil bidikan kamera profesional? Kenyataannya memang demikian. Anda bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi hanya dengan memakai kamera ponsel asalkan Anda melakukannya dengan benar. Mengambil foto suatu objek secara asal-asalan tentu hasilnya tidak akan memuaskan. Anda harus mengetahui trik-trik fotografi dan mempelajarinya supaya bisa membuat foto berkualitas tinggi memakai ponsel.

tips-fotografi-kamera-ponsel.jpg

Mari kita belajar tips fotografi yang lengkap bersama-sama!

Tips 1. Pakai Resolusi yang paling Tinggi

Wajib hukumnya saat Anda memotret foto menggunakan kamera ponsel harus menyetel resolusi yang paling tinggi. Hal ini sangat berguna terutama bila Anda ingin memotong foto tersebut sehingga hasil gambarnya tetap kelihatan jelas dan tidak pecah. Namun foto yang beresolusi mempunyai ukuran yang besar. Foto tersebut membutuhkan kapasitas memori yang cukup banyak. Jadi pastikan Anda telah menyetel agar foto tersimpan di kartu memori eksternal secara otomatis agar kinerja ponsel tidak terbebani.

Tips 2. Bersihkan Lensa Kamera dengan Kain

Semua bagian ponsel wajib Anda bersihkan setiap hari. Tak terkecuali pula dengan lensa kameranya. Karena ponsel sering Anda letakkan begitu saja, besar kemungkinannya kondisi ponsel ini mudah kotor. Sehingga Anda perlu membersihkannya serutin mungkin. Anda bisa menggunakan kain lap kacamata untuk membersihkan lensa kamera ponsel. Usapkan kain ini secara perlahan-lahan di permukaan lensa dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang. Pastikan semua partikel kotorannya hilang.

Tips 3. Terapkan Aturan Komposisi

Komposisi yang dimaksud di sini adalah penyusunan elemen di dalam suatu bingkai. Fotografi ponsel tetap perlu menerapkan aturan komposisi ini supaya dapat menghasilkan gambar yang bagus. Aturan komposisi seperti rule of third atau rule of space akan sering digunakan ketika membidik foto secara potrait. Pose subjek foto juga harus tampil baik supaya hasilnya pun menarik. Berikan arahan kepada subjek foto untuk melakukan beberapa pose seperti menyilangkan kaki atau memandang ke samping.

Tips 4. Cari Tahu Sudut yang Terbaik

Setiap orang memiliki ciri-ciri yang tidak sama. Inilah yang membuat seseorang tampak lebih bagus jika difoto dari sudut tertentu. Misalnya ketika si A difoto dari kiri hasilnya bagus, tetapi kalau difoto dari arah kanan hasilnya tidak maksimal. Beberapa penyebabnya antara lain gaya berbusana, model rambut, postur muka, dan bentuk hidung. Jangan sungkan untuk mengambil foto beberapa kali dari arah sudut yang berbeda-beda. Dengan melakukan eksplorasi sudut ini, Anda bisa menemukan sudut yang paling tepat.

Tips 5. Hindari Pemakaian Zoom Digital

Pantangan bagi kamera ponsel untuk menggunakan fitur zoom. Hal ini dikarenakan resolusi ponsel saat ini belum terlalu tinggi. Apabila Anda memperbesar tangkapan gambar dengan mengaktifkan zoom, maka kualitas foto tersebut akan semakin menurun. Setiap kali Anda memperbesar ukuran zoom yang digunakan, pada saat yang sama gambar pun akan semakin pecah. Jika Anda ingin memotret suatu objek yang letaknya cukup jauh, tidak ada cara lain selain Anda harus mendekati objek tersebut.

Tips 6. Pastikan Mendapat Sinar yang Pas

Kamera ponsel tidak dilengkapi dengan fitur pengaturan shutter speed atau bukaan aperture. Maka solusi satu-satunya ialah Anda harus memaksimalkan cahaya yang ada untuk mendapat hasil foto yang optimal. Anda bisa menerangi subjek dengan cahaya matahari serta lampu tambahan. Hati-hati saat menggunakan lampu flash bawaan ponsel. Lampu flash ini akan menghasilkan muka yang datar dan bayangan yang tajam sebab arah datangnya cahaya langsung mengarah ke objek sehingga perlu disiasati. Anda juga perlu mengatur white balance ketika mengaktifkan lampu flash.

Tips 7. Pegang Ponsel dengan Posisi Stabil

Anda harus mengusahakan posisi ponsel stabil mungkin sesaat setelah menekan tombol bidik. Beruntung karena ukuran ponsel yang kecil membuat Anda lebih mudah memeganginya. Semakin stabil dan tenang posisi ponsel tersebut, maka semakin tajam pula gambar yang dihasilkannya. Ada baiknya Anda menyandarkan siku tangan ke suatu benda yang besar, padat, dan permanen ketika sedang memfoto dengan ponsel supaya stabil. Anda harus menunggu sesaat setelah menyentuh tombol shoot karena kamera ponsel memiliki waktu jeda antara saat Anda menekan tombol sampai gambar berhasil difoto.

Tips 8. Lakukan Editting Foto Secukupnya

Bahkan seorang fotografer profesional pun perlu melakukan proses editting setelah dia sukses mendapatkan foto sebagai bahan bakunya. Ibarat seorang koki, proses editting seperti Anda sedang memasak bahan makanan supaya menghasilkan masakan yang lezat. Di sini Anda bisa melakukan editting seperlunya. Kuncinya adalah jangan pernah berlebihan dalam mengedit foto tersebut. Beberapa editting dasar seperti cropping, burning, dan dodging akan sangat membantu Anda memperbaiki penampakan foto yang telah diambil.

Tips 9. Kenali Fitur-fitur pada Kamera Ponsel

Kamera ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur bawaan yang dapat membantu Anda mengambil foto yang kualitasnya lebih baik. Anda harus mengenali masing-masing fitur tersebut beserta kegunaannya. Jangan sebatas bergantung pada mode manual. Cobalah periksa apakah ada fitur white balance, eksposure, ISO, dan pengaturan fokus di dalamnya. Kemudian pelajari fungsi fitur ini satu per satu. Contohnya menggunakan ketukan tangan untuk memperoleh fokus akan menghasilkan foto yang resolusinya lebih tajam.

Tips 10. Ambil Foto di Lokasi Menarik

Faktor lokasi berperan penting dalam menentukan daya tarik suatu foto. Lokasi yang menarik dengan sendiri akan membuat foto Anda tampak memesona berkat daya tarik yang dimilikinya. Anda juga tidak perlu repot mengelola background saat mengambil foto di tempat-tempat yang menarik ini. Bahkan background dari tempat tersebut justru dapat membantu meningkatkan kualitas foto Anda. Jadi kalau Anda mau mempelajari dunia fotografi, Anda harus pergi ke tempat-tempat yang menarik dan mengeksplorasinya.