8 Cara Mengatur Penyimpanan Samsung J2 Prime

Anda mungkin sudah mempunyai HP Samsung Galaxy J2 Prime? Ponsel yang satu ini memang begitu menarik. Desainnya yang ciamik, kamera yang berkualitas tinggi, serta harganya yang terjangkau menjadi daya tarik utama dari produk smartphone buatan Samsung ini. Cuma satu masalah klasik yang dimiliki oleh J2 Prime yaitu kapasitas memori internal yang tersedia sangat terbatas. Samsung J2 Prime hanya dibekali memori internal sebesar 8 GB saja.

Anda jangan mengira kalau memori internal dengan kapasitas 8 GB itu besar. Faktanya adalah hampir seluruh ruangan di dalam memori ini telah digunakan untuk menyimpan file-file sistem operasi. Sedangkan kapasitas memori yang tersisa hanya sekitar 1-1,3 GB. Padahal Anda masih harus menginstal beberapa aplikasi tambahan untuk mendukung kinerja HP. Hal ini membuat Anda menjadi tidak leluasa saat menggunakan Samsung Galaxy J2 Prime.

Pengguna Samsung J2 Prime harus pintar dalam mengatur penyimpanan agar memori internal tidak cepat penuh. Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan!

mengatur-penyimpanan-samsung-j2-prime.jpg

Simpan Foto, Video, dan Musik di SD Card

Walaupun memori internal Samsung J2 Prime cuma 8 GB saja, tetapi Anda bisa menambahkan memori eksternal dengan kapasitas sampai 256 GB. Setelah SD Card ini terpasang, tugas Anda selanjutnya ialah memindahkan semua file bukan program ke memori eksternal. Di antaranya seperti foto, video, dan musik wajib disimpan di dalam memori eksternal. Biarkan memori internal hanya menampung file-file program saja.

Pindahkan File Lampiran ke SD Card

Jika seseorang mengirimkan file lampiran melalui aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line, Messenger, atau BBM, maka file lampiran ini akan tersimpan di dalam folder bawaan aplikasi yang biasanya terdapat di dalam memori internal. Seiring berjalannya waktu jumlah file yang Anda terima akan semakin bertambah. Alhasil memori internal pun banyak terkuras untuk menampung file-file ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba memindahkan file-file tersebut ke memori eksternal. Semua file ini berada di dalam folder yang memiliki nama sesuai dengan nama aplikasi.

Hapus Cache secara Berkala

Cache merupakan file yang dipakai oleh aplikasi untuk mendukung kinerjanya. File ini dibuat oleh aplikasi secara otomatis ketika Anda membuka aplikasi tersebut dan menjalankannya. Lama-kelamaan jumlah cache yang dibuat oleh aplikasi semakin banyak, lalu akhirnya akan menumpuk. Silakan Anda bisa menghapus cache tersebut secara berkala karena pada dasarnya cache ini tidak terlalu penting. Toh, aplikasi masih bisa membuat cache yang baru jika Anda sudah menghapus cache lama.

Uninstall Aplikasi Bawaan yang Tak Berguna

Saat pertama kali dinyalakan, Samsung J2 Prime sudah mempunyai aplikasi-aplikasi bawaan. Sayangnya sebagian dari aplikasi bawaan ini tidak berguna. Daripada memenuhi memori internal HP Samsung, lebih baik Anda disable saja aplikasi tersebut. Beberapa contoh aplikasi yang tak berguna misalnya Radio, Hangouts, Galaxy Gift, dan Galaxy App. Silakan Anda bisa menyesuaikan sendiri aplikasi yang tidak berguna bagi Anda.

Jangan Update Aplikasi Bawaan

Hampir sebagian besar aplikasi bawaan Samsung J2 Prime mempunyai ukuran file yang begitu besar. Mungkin karena fitur yang dimilikinya juga banyak maka ukuran file-nya pun besar sekali. Ukuran file ini akan meningkat berkali-kali lipat saat Anda melakukan update aplikasi tersebut ke versi yang terbaru. Jadi kami sarankan jangan lakukan update aplikasi bawaan. Kalau aplikasi ini tetap meminta update, lebih baik Anda instal aplikasi lain yang ukurannya lebih kecil.

Pasang Hanya Aplikasi yang Penting

Disadari atau tidak memang kita menjadi tidak leluasa saat menggunakan handphone yang mempunyai memori internal dengan kapasitas yang sangat terbatas. Hal ini pula yang berlaku bagi Anda pengguna Samsung J2 Prime. Anda tidak bisa menginstal aplikasi dalam jumlah yang banyak karena alokasi ruang untuk menyimpan file-file aplikasi ini terbatas sekali. Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang akan diinstal dan pastikan aplikasi tersebut memang Anda butuhkan. Aplikasi yang tidak dibuka selama 3 hari lebih baik dihapus saja.

Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Beberapa aplikasi memungkinkan Anda untuk memindahkannya ke memori eksternal. Jika Anda menemukan fitur ini, segera pindahkan aplikasi tersebut ke SD Card. Sekali lagi biarkan memori internal hanya menampung file-file penting untuk mendukung program pada sistem operasi dan aplikasi. Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yaitu melalui menu Pengaturan lalu Aplikasi. Pilih nama aplikasi yang dimaksud, kemudian tekan penyimpanan. Aplikasi tadi bisa dipindah kalau muncul pilihan pindahkan aplikasi ke memori eksternal.

Jadikan SD Card Sebagai Memori Internal

Dengan sedikit trik ternyata kita bisa loh menjadikan SD Card sebagai memori internal HP. Terbayang kan bagaimana performa Samsung J2 Prime saat mempunyai memori internal sebesar 256 GB? Wow, pastinya Anda bakal sangat leluasa ketika ingin menyimpan file atau memasang aplikasi pada HP tersebut. Namun Anda harus menyadari bahwa trik ini dilarang oleh pihak pabrik sehingga akan menghapus garansi produk HP Anda. Kami akan memberikan panduan selengkapnya di artikel mendatang.