8 Cara Menghemat Kuota Data Internet di HP

Sekarang internet boleh dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia. Keberadaan internet begitu penting bagi kehidupan kita. Berkat internet, hidup menjadi jauh lebih mudah. Kita bisa tetap terhubung dengan orang lain yang berada di belahan Bumi lainnya memakai internet. Kita juga dapat menjelajahi tempat lain dari rumah menggunakan internet. Dan tentu saja kita bisa membeli berbagai barang melalui sambungan internet.

Perkembangan teknologi telepon seluler juga mendorong orang-orang untuk menggunakan internet di kehidupannya sehari-hari. Semua produk handphone kini telah mendukung jaringan internet. Ditambah dengan harga paket internet yang cukup murah dibandingkan dahulu kala, maka orang-orang saat ini memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap internet. Bahkan tak sedikit orang yang rela menahan lapar asalkan masih bisa terhubung ke internet.

cara-menghemat-kuota-internet.jpg

Walaupun harga paket internet saat ini sudah cukup murah, namun Anda tidak boleh lantas menggunakannya seenak hati. Sebisa mungkin Anda menghemat penggunaan kuota data yang tersedia supaya kehidupan Anda tetap seimbang. Tapi bagaimana sih caranya menghemat kuota data internet di HP itu?

  1. Hindari Nongkrong di Media Sosial

Pada hakikatnya, media sosial diciptakan untuk memastikan kita tetap bisa terhubung dengan orang lain meskipun dia sedang berada di tempat yang jauh. Namun kenyataan yang terjadi malah tidak sesuai harapan. Di satu sisi media sosial memang berhasil mendekatkan orang yang jauh. Tetapi di sisi lain media sosial juga akan menjauhkan orang yang dekat. Salah satu alasannya karena Anda terlalu asyik memantau kondisi di media sosial sehingga lupa dengan lingkungan sekitar. Karena terlalu asyik nongkrong, tanpa sadar Anda juga telah menghabiskan banyak kuota.

  1. Gunakan Mode Gratis yang Tersedia

Beberapa website kelas raksasa kini telah menyediakan mode gratis pada layanannya. Misalnya seperti Facebook, Twitter, dan Line. Jika Anda mengunjungi laman website tersebut melalui mode gratisnya, maka kuota data Anda sama sekali tidak berkurang. Anda bisa mengakses website Facebook, Twitter, dan Line melalui free mode secara garis. Namun sayangnya, Anda tidak bisa menampilkan gambar di laman versi gratis ini. Tapi lumayan juga untuk mendapatkan informasi recehan atau sekadar nongkrong.

  1. Gunakan Browser yang Hemat Data

Teknologi internet semakin maju. Cara kerja browser untuk menampilkan informasi ke pengguna juga telah mengalami perkembangan. Saat pertama kali ditemukan, browser akan menyajikan informasi secara mentah ke pengguna. Akibatnya kuota data yang dibutuhkan pun begitu besar karena informasi tadi tidak diolah terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan browser modern yang akan melakukan kompresi data terlebih dahulu sebelum informasinya ditampilkan ke pengguna sehingga bisa menghemat pemakaian kuota internet.

  1. Matikan Fitur Penampil Gambar di Browser

Anda pasti sepakat bila tak semua gambar yang ditampilkan oleh browser itu berguna bagi Anda, kan? Malahan jumlah gambar yang tidak berguna ini jauh lebih banyak daripada gambar yang benar-benar Anda butuhkan. Perlu diketahui, semua gambar yang ditampilkan oleh browser akan menyedot kuota data. Jadi daripada kuota yang Anda miliki terbuang sia-sia, lebih baik matikan saja fitur penampil gambar yang ada di browser. Anda bisa masuk ke menu pengaturan di dalam browser.

  1. Hapus Aplikasi Jahat yang Boros Kuota

Aplikasi yang berbasis gambar atau streaming video biasanya akan menghabiskan jatah kuota data milik Anda secara cepat. Penyebabnya tidak lain karena dibutuhkan kuota dalam jumlah yang besar untuk menampilkan file berupa gambar atau video tersebut. Beberapa contoh aplikasi yang sebaiknya Anda hapus antara lain Instagram, YouTube, 1CAK, Vidio, dan sebagainya. Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mengakses website-website ini melalui browser sehingga lebih hemat data.

  1. Kurangi Streaming, Lebih Baik Mendownload

Aktivitas streaming memang terasa sangat mengasyikkan. Kita bisa menonton video yang kita sukai secara langsung tanpa perlu menunggu. Apalagi kecepatan internet di Indonesia kini sudah meningkat sehingga membuat proses pemutaran video streaming menjadi lebih lancar dan tanpa buffering. Namun Anda perlu menyadari bahwa ketika melakukan streaming video, Anda memerlukan kuota data yang sangat besar. Apalagi aktivitas ini juga terlalu mengasyikkan sehingga Anda biasanya lupa diri telah menghabiskan kuota yang banyak sekali.

  1. Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Beberapa aplikasi yang Anda pasang di dalam HP memiliki kemampuan untuk tetap bekerja sendiri meskipun Anda sedang tidak membukanya. Sebenarnya Anda telah memberikan izin bagi aplikasi tersebut untuk berjalan di latar (background) sewaktu pertama kali menginstalnya. Sayangnya aplikasi yang berjalan di background ini kadang-kadang menyedot banyak kuota data tanpa Anda sadari. Jikalau tidak penting, Anda lebih baik menghentikan kinerja aplikasi tersebut secara paksa.

  1. Jangan Izinkan Update secara Otomatis

Sebagai pengguna, Anda memiliki hak penuh untuk mengelola izin semua aplikasi yang telah diinstal di dalam HP. Termasuk untuk mengatur pembaharuan (update) aplikasi-aplikasi tersebut. Biasanya pengembang aplikasi akan rutin meluncurkan versi terbaru dari aplikasi buatannya setiap 3 bulan sekali. Sayanya kita harus mendownload file update ini secara penuh sehingga ukurannya begitu besar. Lebih baik Anda matikan pilihan update aplikasi secara otomatis. Jadi Anda bisa mengupdate aplikasi tersebut secara manual yakni saat Anda berada di area hotspot gratis.