8 Solusi Mengatasi Gagal Instal Aplikasi di iPhone

Bagaimana cara mengatasi gagal instal aplikasi di iPhone? Masalah ini sebenarnya cukup umum terjadi, khususnya pada perangkat yang baru saja melakukan update iOS ke versi terbaru melalui jaringan OTA. Kemungkinan penyebabnya yaitu adanya kesalahan konfigurasi di dalam iPhone yang mengakibatkan App Store tidak bisa melayani permintaannya. Penyebab lainnya adalah ada aplikasi yang tidak terunduh sempurna sehingga membuat sistem di dalam iPhone mengalami kebingungan.

Sebelumnya kami ingatkan bahwa trik ini hanya bekerja apabila iPhone Anda menampilkan pesan kesalahan yang berbunyi Unable to Purchase : (nama aplikasi) could not be purchased at this time. Please try again later. Kalau pesan kesalahan yang tampil di perangkat iPhone Anda persis seperti itu, maka kami berani memastikan kalau solusi di bawah ini pasti berhasil mengatasinya. Tetapi jika pesan kesalahannya berbeda, Anda juga membutuhkan trik yang lain untuk memperbaikinya.

mengatasi-gagal-instal-aplikasi.jpg

Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba kerjakan :

  1. Mulailah dengan mereboot iPhone Anda untuk menyegarkan kondisi sistem di dalamnya. Kadang-kadang dibutuhkan proses rebooting sebanyak 2-3 kali untuk membuat sistem iOS benar-benar segar kembali.
  2. Cobalah cek kondisi koneksi internet Anda. Jaringan internet yang tidak stabil bisa memicu aplikasi gagal diinstal oleh perangkat iPhone. Kasus ini paling banyak terjadi pada saat kondisi cuaca sedang buruk.
  3. Anda bisa memanfaatkan fitur hotspot dari perangkat ponsel lain untuk membantu mendownload aplikasi di iPhone. Bisa juga dengan mengunjungi area hotspot terdekat yang terkenal dengan kecepatannya yang bagus.
  4. Matikan opsi pembatasan (restrictions) pada menu General di dalam Settings. Meskipun fungsi fitur ini sangat baik sebagai salah satu piranti keamanan, tetapi ada beberapa aplikasi tepercaya yang diblokir olehnya.
  5. Matikan opsi update aplikasi secara otomatis (Automatic App Updates) pada menu iTunes & App Store di dalam Settings. Hal ini akan mencegah iPhone melakukan update otomatis yang kerap membuat sistem menjadi sibuk, khususnya bila jaringan internet Anda lambat.
  6. Cobalah keluar dari App Store, lalu masuk kembali. Caranya dengan menekan tombol sign out pada tab Apple ID di menu Store. Tujuan dilakukannya proses ini adalah menyegarkan kembali akun Apple ID Anda.
  7. Anda juga bisa mencoba mereset Network Settings di bagian General dalam menu Settings. Setelah konfigurasi jaringan sudah terhapus seluruhnya, Anda bisa melakukan konfigurasi ulang jaringan. Masalah kesalahan konfigurasi jaringan bisa diatasi dengan langkah ini.
  8. Solusi terakhir yaitu melakukan restore ulang sistem operasi di dalam iPhone Anda. Mungkin saja dalam proses penginstalannya dulu, ada sejumlah program yang tidak terinstal dengan baik sehingga mengakibatkan beberapa fitur iPhone tidak dapat bekerja semestinya. Pastikan Anda melakukan restore ulang di jaringan yang stabil.