8 Trik Menyiasati RAM HP yang Kecil Cuma 1 GB

Handphone telah berhasil berkembang dari perangkat telepon biasa menjadi perangkat serba bisa yang mampu melakukan tugas apa saja. Tidak hanya menelepon atau mengirim pesan saja, Anda pun dapat  menonton video, memainkan game, hingga menyelesaikan pekerjaan kantor menggunakan perangkat yang satu ini. Perlu Anda ketahui, komponen yang berperan penting dalam membuat ponsel sanggup melaksanakan tugas-tugas tersebut ialah RAM (Random Access Memory).

RAM berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan memori sementara ketika smartphone melaksanakan tugas-tugas tertentu. Tanpa adanya RAM yang memadai, kinerja HP akan menjadi lambat akibat ruang memori yang tersedia dipenuhi oleh memori-memori sementara yang harus diproses. Oleh karena itu, kini smartphone telah dibekali dengan RAM yang memiliki kapasitas yang besar sekali. Tak hanya ukuran MB (mega byte) saja, RAM smartphone saat ini sudah mencapai bergiga-giga bytes.

menyiasati-ram-hp-kecil.jpg

Zaman sekarang smartphone yang dilengkapi dengan RAM 1 GB tergolong sebagai ponsel kelas low-end. RAM dengan kapasitas 1 GB termasuk kecil untuk standar ukuran saat ini. Mengapa? Sebab tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh smartphone zaman sekarang itu membutuhkan RAM yang besar sekali. HP saat ini benar-benar memerlukan dukungan RAM yang besar agar mampu bekerja dengan baik. Anda mugkin bakal sering mengalami kendala jika memakai HP yang RAM-nya cuma 1 GB.

Sebenarnya Anda tetap bisa menggunakan HP ber-RAM 1 GB dengan nyaman asalkan Anda memakainya secara normal layaknya handphone dan tidak boleh berlebihan.

Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Berguna

Saat Anda menyalakan smartphone untuk pertama kali pasti sudah ada banyak sekali aplikasi yang telah terinstal di dalamnya, kan? Sebenarnya tidak semua aplikasi tersebut berguna bagi Anda. Malahan jauh jumlah aplikasi yang tidak bermanfaatnya jauh lebih banyak. Daripada cuma memenuhi memori internal dan RAM karena beberapa aplikasi ini mampu bekerja di background, sebaiknya Anda hapus saja. Pilih aplikasi yang tidak berguna bagi Anda atau Anda tidak tahu fungsinya, lalu pilih uninstall.

Instal Hanya Aplikasi-aplikasi yang Bermanfaat

Di Play Store tersedia banyak sekali aplikasi yang bisa Anda pasang di smartphone. Beberapa aplikasi ini tersedia secara gratis. Namun ada pula kok aplikasi yang berbayar. Sebaiknya Anda tidak menginstalnya secara asal-asalan ya. Ingat, setiap aplikasi yang Anda instal di HP pasti akan memakan memori internal dan RAM. Semakin banyak jumlah aplikasi yang terinstal di HP, maka kapasitas RAM pun akan semakin terkuras. Hendaknya instal hanya aplikasi-aplikasi yang bermanafaat bagi Anda.

Uninstal Aplikasi yang Tidak Pernah Dibuka

Pada suatu waktu, Anda menginstal aplikasi tertentu karena sedang membutuhkannya. Tapi kemudian Anda tidak perlu membuka aplikasi tersebut lagi karena tidak menarik, membosankan, atau alasan yang lainnya. Nah, sebaiknya aplikasi yang sudah lama tidak dibuka ini dihapus saja dari HP Anda supaya RAM kembali lega. Menurut kami, aplikasi yang tidak pernah dibuka sekali pun selama 7 hari berturut-turut menandakan aplikasi tersebut sebenarnya tidak berguna. Silakan Anda hapus saja.

mengakali-ram-hp-kecil.jpg

Gunakan Browser Daripada Aplikasi Khusus

Beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store dibuat oleh pengembang website. Para pemilik website ini sengaja menyediakan aplikasi khusus agar pengguna dapat mengaksesnya dengan lebih praktis. Namun bagi Anda yang menggunakan HP ber-RAM kecil, sebaiknya tidak menginstal aplikasi-aplikasi semacam ini karena akan menghabiskan banyak memori di RAM. Lebih baik Anda tetap mengakses website tadi memakai browser internet. Toh, perbedaannya tidak terlalu signifikan kok.

Pilihlah Aplikasi Versi Lite Biar Lebih Ringan

Kalau Anda tetat keukeuh ingin menginstal aplikasi yang berbasis website biar lebih praktis untuk dapat mengakses website tersebut, kami mempunyai saran alternatif yaitu Anda bisa tetap menginstal aplikasi tersebut namun pilihlah aplikasi versi lite. Aplikasi lite ini merupakan versi sederhana dari aplikasi yang utuh. Selain ukurannya lebih kecil, kinerja aplikasi ini juga lebih ringan sehingga tidak memerlukan RAM yang banyak. Silakan Anda bisa menginstal berbagai aplikasi versi lite.

Jangan Instal Aplikasi Pembersih dan Antivirus

Aplikasi pembersih dan aplikasi antivirus memang mempunyai kegunaan yang sangat baik bagi ponsel Anda. Kedua macam aplikasi ini mampu menjaga smartphone dari serangan virus-virus nakal ataupun mencegah terjadinya tumpukan file-file sampah yang akan menghabiskan memori. Namun kalau Anda menggunakan smartphone secara normal dan tidak pernah mengakses website yang aneh-aneh, kami rasa Anda tidak perlu menginstal aplikasi pembersih ataupun antivirus ini. HP Anda akan tetap aman.

Manfaatkan SD Card untuk Menyimpan File

Smartphone yang dilengkapi dengan RAM 1 GB biasanya juga mempunyai memori internal yang sangat terbatas. Kami tebak mungkin HP Anda cuma memiliki memori internal 8 GB yang sebagian besar sudah digunakan untuk menyimpan file sistem. Sehingga kini tersisa hanya 1,3 GB saja. Apakah benar? Jikalau tebakan kami benar, sebaiknya mulai dari sekarang Anda manfaatkan SD card dengan maskimal deh. Simpanlah semua file di memori eksternal. Biarkan kapasitas memori internal tetap lapang.

Update Perangkat Lunak Terbaru secara Teratur

Sistem operasi Android terus mengalami pengembangan. Kalau Anda perhatikan dengan baik di bagian Pengaturan, maka bakal tersedia perangkat lunak terbaru dalam periode waktu tertentu. Ketika versi sistem operasi yang paling baru ini sudah tersedia, Anda harus segera melakukan update sehingga HP Anda memiliki perangkat lunak dengan versi terbaru. Tentunya sistem operasi terbaru ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, termasuk pengelolaan memori RAM-nya.