9 Solusi Mengatasi HP Android Tidak Bisa Memutar Video Streaming

Fungsi HP pada zaman sekarang bukan hanya sebagai perangkat telekomunikasi saja, melainkan HP pun telah dibekali dengan kemampuan sebagai perangkat multimedia. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan oleh smartphone masa kini. Mulai dari menyetel musik, memutar video, merekam suara, memainkan game, dan sebagainya. Dengan kemampuannya yang kompleks tersebut, maka tidak heran kalau HP pun sekarang dijuluki sebagai perangkat telepon pintar.

Smartphone memang bisa memutar video, baik yang disimpan di dalam drive lokal maupun melalui sambungan internet. Yap, kita dapat melakukan streaming file video secara online menggunakan smartphone untuk efektivitas penggunaannya. Cukup dengan menekan tombol play saja, video tersebut secara otomatis akan dimainkan. Namun bagaimana bila smartphone Anda tidak bisa memutar video streaming padahal Anda sendiri sudah mencoba menekan tombol play berkali-kali?

hp-tidak-bisa-memutar-video.jpg

Ada beberapa peringatan yang muncul ketika smartphone kita tidak dapat memutar video streaming, antara lain :

  • Terjadi error.
  • Video ini tidak tersedia.
  • Sambunag ke server terputus.
  • Terjadi error. Tap untuk mencoba lagi.
  • Terjadi error saat pemutaran. Tap untuk mencoba lagi.

Solusi-solusi yang bisa Anda lakukan supaya smartphone kembali bisa memutar video streaming, di antaranya :

Pastikan Anda Punya Kuota Data

Mulai dari kemungkinan yang paling mendasar, yaitu apakah Anda masih mempunyai kuota data atau tidak? Kuota data atau kuota internet dibutuhkan untuk memutar video secara online. Tanpa adanya kuota ini, Anda tidak akan bisa melakukan streaming video. Kuota ibarat bahan bakar yang membuat smartphone Anda dapat bekerja. Kalau bahan bakarnya saja kosong, maka wajar sekali bila smartphone Anda tidak mampu memutar video online tersebut.

Memeriksa Kecepatan Internet

File video di internet hadir dengan kualitas yang bermacam-macam. Dari mulai SD 360p, SD 480p, HD 720p, HD 1080p, hingga 4K. Semakin tinggi kualitas resolusi video yang diputar, dibutuhkan kecepatan internet yang semakin cepat. Teknologi streaming saat ini sudah menerapkan metode kecepatan yang berkelanjutan untuk mencegah terjadinya buffering (jeda waktu pemutaran video). Cobalah Anda cek kecepatan sambung internet pada perangkat Anda. Kalau memang lambat, jangan paksakan memutar video yang memiliki resolusi tinggi.

Buka Kembali Aplikasi Streaming

Untuk melakukan streaming video menggunakan smartphone, Anda membutuhkan bantuan aplikasi tambahan. Contohnya yaitu YouTube, Whatsapp, atau browser-browser internet. Kenyataannya aplikasi ini kerap mengalami crash/kerusakan loh. Walaupun crash yang terjadi cuma kecil, namun hal ini akan berpengaruh terhadap fungsinya. Beberapa aplikasi tiba-tiba tidak bisa memutar video streaming sebab mengalami crash. Solusinya yaitu Anda bisa mencoba keluar dari aplikasi tersebut, tunggu sekitar 1-3 menit, lalu coba buka aplikasi tadi kembali.

Lakukan Restart Smartphone

Kalau solusi di atas tidak mampu memulihkan aplikasi yang sedang mengalami crash, maka Anda bisa mencoba melakukan restart terhadap smartphone tersebut. Coba mulai ulang perangkat HP tersebut untuk membuat kondisinya menjadi segar kembali. Solusi ini sering kali manjur dipakai untuk mengatasi ponsel yang tiba-tiba tidak bisa memutar video streaming secara online. Dengan melakukan restart, HP pun akan berada pada kondisi yang prima kembali.

Matikan Sebentar Koneksi Internet

Gagalnya Anda dalam memutar video streaming melalui perangkat telepon pintar juga bisa disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Kondisi sambungan internet di daerah Anda sangat tak menentu. Bukan tidak mungkin perangkat HP Anda bahkan mengalami kesulitan dalam mendapatakan sinyal. Maka wajar sekali bila akhirnya ponsel pun bingung sendiri. Kadang-kadang masalah ini dapat diatasi cuma dengan mematikan koneksi internet sebentar, lalu Anda bisa menyalakannya kembali.

Hapus Cache Aplikasi Streaming

Penumpukan file cache pada aplikasi streaming seperti YouTube, WhatsApp, serta beberapa browser internet kerap mengacaukan kinerjanya. Performa aplikasi tersebut menjadi kacau akibat cache yang harus diingatnya begitu banyak. Apalagi jika tak didukung oleh RAM dan memori internal yang memadai, pasti smartphone Anda akan kerap melakukan kesalahan saat menjalankan perintah streaming. Anda bisa menghapus cache secara berkala pada aplikasi yang dimaksud melalui menu Pengaturan.

Instal Ulang Aplikasi Streaming

Meski wujudnya berupa perangkat lunak alias tidak nyata, namun faktanya aplikasi pun bisa mengalami kerusakan loh. Sama halnya seperti benda-benda yang sudah rusak, kerusakan yang menimpat aplikasi membuatnya tidak bisa berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali. Anda harus segera memperbaiki kerusakan tersebut. Daripada melakukan repair, cobalah instal ulang aplikasi tadi. Anda bisa menghapus aplikasi lama yang telah rusak terlebih dahulu, lalu restart smartphone. Barulah kemudian Anda dapat menginstal aplikasi tersebut lagi.

Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Ketika pihak pengembang/developer aplikasi meluncurkan versi terbaru dari aplikasi buatannya, kadang-kadang terjadi masalah yang menimpa aplikasi versi lama. Masalah ini juga dapat menimpa aplikasi-aplikasi yang berbasis video streaming, di mana aplikasi tersebut tidak mampu bekerja dengan baik. Agar kinerja aplikasi ini bisa kembali normal, maka Anda harus melakukan update ke versi yang terbaru. Segera cek ke Google Play atau Apple Store untuk melakukan pembaharuan aplikasi.

Update Sistem Operasi ke Versi Terbaru

Baik pengguna smartphone yang berbasi Android OS maupun iOS, Anda harus melakukan update sistem operasi secara berkala. Pasalnya sering kali terjadi performa smartphone mengalami penurunan akibat sistem di dalamnya yang tidak terus diupate. Beberapa fitur pada HP bahkan bisa tiba-tiba mati sendiri dan tidak dapat digunakan lagi. Kasus ini biasanya terjadi apabila Anda tidak melakukan update sistem HP dalam rentang waktu yang cukup lama. Cobalah sekarang Anda perbaharui sistem operasi pada ponsel Anda ke versi yang paling baru.