Agar HP Xiaomi Lebih Nyaman Digunakan Main Game dan Lebih Lancar

Kami yakin Anda menggunakan HP tidak hanya untuk menelepon saja, kan? Mengingat kemampuan HP pada zaman sekarang yang begitu kompleks, maka Anda pun dapat memakainya untuk keperluan yang lain. Contohnya yaitu bermain game. Memainkan game di smartphone memang suatu kegiatan yang sangat mengasyikkan. Apalagi kalau main game-nya secara beramai-ramai, pasti terasa lebih seru deh. Banyaknya game yang tersedia saat ini juga membuat kita tak akan merasa bosan.

Namun game yang memiliki kualitas grafis yang tinggi membutuhkan dukungan hardware yang baik agar dapat beroperasi secara optimal. Paling tidak, game-game HD (High Definition) ini memerlukan ponsel yang mempunyai chipset mumpuni serta kapasitas RAM lebih dari 2 GB. Sebab kalau spesifikasi HP Anda pas-pasan, jalannya game menjadi tidak lancar, tersendat-sendat, atau bahkan mengalami lag. Aktivitas bermain game pun menjadi tidak menyenangkan lagi.

agar-hp-xiaomi-lebih-nyaman.jpg

Khusus bagi Anda yang menggunakan smartphone Xiaomi, ternyata Anda bisa loh menyiasati spesifikasi ponsel yang pas-pasan agar tetap bisa bermain game HD dengan lancar.

Jagalah Suhu Pada Smartphone

Layaknya manusia yang sudah kelelahan, pasti kinerjanya akan menurun drastis. Begitu pula dengan smartphone. Smartphone yang sudah kelelahan ditandai dengan suhunya yang mengalami peningkatan. Ponsel tersebut terasa begitu panas. Performa sistem pun melambat, termasuk jalannya game di dalam HP tadi. Anda tidak boleh memaksa HP yang telah kelelahan untuk terus bekerja karena dapat merusak sistem maupun hardware-nya. Lebih baik Anda istirahatkan sebentar ponsel tersebut.

Lindungi Ponsel dengan Hardcase

Salah satu upaya untuk mencegah agar smartphone tidak cepat panas yaitu Anda bisa memasang casing tambahan. Fungsi casing ini tidak hanya melindungi HP dari benturan dan goresan, tetapi juga sebagai heatsink untuk menghantarkan panas berlebih dari dalam HP supaya cepat mengalir keluar. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan hardcase ketimbang softcase. Disarankan memakai hardcase berbahan logam agar fungsi penghantaran panasnya lebih optimal.

bermain-game-di-hp-xiaomi.jpg

Ubah ke ROM Xiaomi yang Resmi

Khusus jika HP Xiaomi Anda memakai ROM palsu agar tetap dapat menggunakan jaringan 4G LTE meski belum memperoleh sertifikasi TKDN, Anda sebaiknya segera memulihkan ROM ponsel tersebut ke versi ROM yang resmi. Walau ROM abal-abal memang bisa menyiasati satu masalah, tetapi bisa menimbulkan masalah yang lain. ROM palsu ini memang mempunyai banyak masalah seperti gagal saat update ROM terbaru, kinerja HP melambat, dan jalannya game pun tidak lancar. Kami akan memberi panduan secara lengkap tentang tata cara mengubah ROM resmi ini pada artikel berikutnya.

Nyalakan Fitur Percepat Permainan

Xiaomi benar-benar memanjakan kita sebagai pengguna produk smartphone buatannya agar tetap bisa bermain game dengan nyaman. Ada banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan performa smartphone ini. Salah satunya yaitu game booster (percepat permainan). Pada dasarnya, fitur ini bekerja dengan mengoptimalkan seluruh fitur yang dimiliki HP untuk keperluan game. Sehingga HP pun secara otomatis dapat memainkan game dengan lebih optimal. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di Pengaturan, Keamanan, lalu Peningkat Percepatan. Silakan tambahkan game apa saja yang ingin Anda optimalkan kinerjanya.

Padamkan Pengoptimalan MIUI

Anda juga dapat memanfaatkan fitur pengoptimalan MIUI untuk meningkatkan kelancaran game yang sedang dimainkan di HP. Fitur ini bekerja dengan mengatur RAM, CPU, dan GPU yang dimiliki HP Xiaomi sedemikian rupa sehingga mampu menjalankan seluruh pekerjaan yang harus ditanggungnya. Dampak dari fitur ini yaitu setiap aplikasi telah diberi porsi tertentu soal resource RAM, CPU, dan GPU yang dapat digunakannya. Agar game bisa memakai resource yang tak terbatas, Anda harus mematikan fitur yang satu ini. Caranya yaitu masuk Mode Pengembang. Lalu ke Setelan Tambahan/Opsi Pengembang dan padamkan Optimisasi MIUI.