Agar Sinyal HP Kuat, Pakai 6 Cara Ini Yuk!

HP membutuhkan sinyal supaya dapat berfungsi dengan normal. Sinyal ini merupakan media koneksi antara HP dengan tower yang menghubungkan jaringan telepon. Tanpa adanya sinyal, HP ibarat media player saja. Anda tidak bisa melakukan panggilan telepon, mengirimkan SMS, atau mengakses internet. Sayangnya sinyal pada HP tidak dapat diisi ulang. Kekuatan sinyal yang diterima murni dipengaruhi oleh kondisi tower pemancar sinyal terdekat.

Semua orang berharap agar bisa mendapatkan sinyal telepon yang kuat sebab tingkat kekuatan sinyal ini akan mempengaruhi kelancaran jalannya komunikasi/keterhubungan melalui sambungan wireless. Semakin kuat sinyal yang diterima oleh HP, maka semakin lancar pula jalannya proses komunikasi berlangsung. Akan tetapi, tidak semua pengguna HP bisa memperoleh sinyal dengan maksimal. Bagi Anda yang tinggal di daerah terpencil atau di tengah-tengah gedung bertingkat pasti akan kesulitan mendapatkan sinyal.

sinyal-hp-lemah.jpg

Kami mempunyai beberapa trik jitu untuk meningkatkan kekuatan sinyal yang diterima oleh HP Anda!

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Tidak usah bingung kalau Anda sulit mendapatkan sinyal yang bagus. Sebab kini sudah banyak tersedia aplikasi yang berfungsi untuk memperkuat kualitas sinyal yang diterima HP. Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis atau berbayar di Play Store maupun App Store. Cobalah Anda memasang aplikasi penguat sinyal ini untuk memperkuat sinyal. Pada dasarnya, aplikasi ini bekerja dengan membantu sistem HP dalam mencari sinyal semaksimal mungkin, lalu menguncinya pada mode jaringan tersebut.

Lakukan Refresh HP Beberapa Saat

Jika biasanya ponsel bisa memperoleh sinyal yang kuat, tetapi kemudian sinyal yang diterimanya menjadi lemah sekali, kemungkinan besar kondisi ini disebabkan oleh sistem HP yang terlalu sibuk. Akibatnya RAM pun akan memproses pekerjaan lain yang menurutnya penting terlebih dahulu, sedangkan proses pencarian sinyal akan diabaikan untuk sementara waktu. Anda bisa mencoba menyegarkannya dengan melakukan refresh. Selain melalui restart, Anda pun bisa mematikan sementara jaringan dengan mengaktifkan mode pesawat, lalu memadamkannya.

Pilih Mode Jaringan yang Tepat

Saat ini jaringan telepon di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G, bahkan sebentar lagi akan menjadi 5G. Secara teori, jaringan 4G ini memiliki tingkat kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan 2G dan 3G. Namun pada prakteknya, tidak selamanya jaringan 4G ini lebih cepat daripada jaringan 2G atau jaringan 3G. Kecepatan jaringan tersebut kembali lagi dipengaruhi oleh kekuatan sinyal yang dapat diterima HP. Jika HP Anda bisa menerima jaringan 3G secara penuh sedangkan 4G-nya lemah, sebaiknya pilih 3G saja.

Carilah Lokasi yang Strategis

Kondisi lingkungan tempat tinggal Anda juga akan mempengaruhi seberapa lancar sinyal dari tower dapat didistribusikan dengan baik ke ponsel. Walaupun tak kasat mata, tetapi sinyal ini ternyata bisa terhalang oleh tembok atau diterbangkan oleh angin loh. Maka tak heran kalau Anda yang berada di tengah-tengah gedung bertingkat pasti akan kesulitan menerima sinyal meskipun ada di perkotaan. Begitu pula jika Anda berada di tempat terbuka yang anginnya cukup kencang, sinyal HP pasti akan lemah. Tidak ada solusi lainnya selain Anda pindah ke tempat lain yang lokasinya lebih strategis.

Coba Pakai Aluminium Foil

Percaya atau tidak ternyata aluminium foil mampu meningkatkan kekuatan sinyal yang dapat diterima oleh HP loh. Hal ini tidak terlepas dari sifat konduksi yang dimilikinya, di mana lembaran aluminium foil sanggup menghantarkan panas dan listrik dengan baik. Anda bisa mencoba membuktikannya sendiri dengan menyediakan lembaran aluminium foil yang dipotong sesuai ukuran dimensi HP Anda. Selanjutnya bukalah casing belakang HP tersebut dan letakkan lembaran aluminium foil ini di dalamnya. Pasanglah kembali casing belakang HP. Perhatikan hasilnya.

Buatlah Alat Penguat Sinyal

Pernahkah Anda mendengar tentang wajanbolic? Pada dasarnya, wajanbolic merupakan alat penguat sinyal sederhana yang menggunakan wajan sebagai bahan utamanya. Ini adalah alat yang unik tetapi mempunyai kemampuan yang luar biasa. Wajanbolic terbukti sanggup memperkuat sinyal yang ditangkap oleh HP. Wajan sengaja dipilih karena dapat mengumpulkan sinyal-sinyal, lalu mengarahkannya ke bagian tengah wajan. Kami akan mencoba membahas tentang wajanbolic ini pada artikel selanjutnya.