Baterai HP Berkurang Sendiri, Apa Solusinya?

Baterai untuk HP zaman sekarang memang dikenal lebih boros dibandingkan dengan HP zaman dahulu. Salah satu penyebabnya adalah pekerjaan HP tersebut yang semakin bertambah. Kalau HP jadul umumnya hanya digunakan untuk keperluan telepon dan berkirim pesan singkat saja. Tetapi kemampuan HP sekarang sudah jauh lebih kompleks daripada fungsi utamanya sebagai sarana komunikasi. Bahkan kecerdasan HP masa kini sanggup menggantikan fungsi beberapa perangkat elektronik.

Sayangnya kemampuan baterai saat ini belum mampu mengimbangi tugas dari HP itu sendiri. Akibatnya daya listrik yang tersimpan di dalamnya cepat sekali habis. Tidak sedikit beberapa pengguna yang harus melakukan charging berulang-ulang kali dalam sehari agar HP-nya tetap menyala. Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu Anda dalam menggunakan HP. Anda merasa baru mengisi penuh baterai beberapa saat yang lalu, namun kini kapasitas baterainya sudah berkurang drastis.

baterai-hp-berkurang-sendiri.jpg

Keluhan lain yang kerap dialami oleh pengguna smartphone adalah kapasitas daya listrik pada baterainya yang berkurang sendiri, padahal Anda merasa yakin sama sekali tidak menggunakan HP tersebut. Lantas apa sih penyebabnya? Bagaimana pula cara untuk mengatasinya?

  1. Aplikasi yang Berjalan di Background

Inilah penyebab utama kenapa baterai HP Anda bisa berkurang secara drastis padahal Anda benar-benar merasa tidak menggunakan HP tersebut. Tidak lain yaitu aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Saat Anda mendiamkan HP, sebenarnya HP tadi masih bekerja karena ada beberapa aplikasi yang diizinkan oleh Anda untuk bekerja sendiri. Aplikasi yang berjalan di background ini umumnya berupa aplikasi yang berbasis sosial media. Solusinya tidak lain adalah mematikan paksa aplikasi tersebut melalui tombol Force Stop di menu Setting.

  1. Mobile Data/WI-FI Dinyalakan Terus

Anda tidak menggunakan HP tetapi fitur Mobile Data dan atau WI-FI tetap diaktifkan? Alamat daya listrik di baterai Anda pasti akan berkurang sangat banyak. Faktanya kedua fitur ini membutuhkan energi yang sangat banyak agar bisa bekerja. Mobile data akan terus melakukan koneksi dengan server aplikasi-aplikasi yang Anda instal supaya mendapatkan pembaharuan data. Begitu pula dengan fitur WI-FI yang akan terus mencari koneksi terhadap modem. Jadi kalau sedang tidak memakai HP, ada baiknya kedua fitur ini dimatikan saja.

  1. Baterai Memang sudah Rusak

Sebagus apapun produk baterai yang Anda miliki, pasti suatu saat akan mengalami kerusakan. Salah satu tandanya yaitu kinerja baterai tersebut yang menjadi sangat kacau. Baterai tidak bisa menyimpan energi listrik secara penuh. Pada saat digunakan pun kapasitas listrik di dalamnya akan berkurang secara cepat. Bahkan tidak menutup kemungkinan baterai tadi tiba-tiba mati sendiri padahal Anda yakin energi di dalamnya masih cukup banyak dilihat dari indikator pada layar HP. Selain itu, listrik di baterai tadi juga bisa berkurang sendiri. Untuk baterai yang sudah rusak, Anda wajib menggantinya.