Cara agar HP Menjadi Remot TV

HP masa kini dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih. Tidak hanya sekadar perangkat telekomunikasi jarak jauh, tetapi kemampuannya ada banyak sekali. Sepertinya perangkat ini bisa menggantikan peran alat-alat elektronik yang lain. Dari mulai untuk menghitung, bermain game, menonton televisi, berselancar di internet, editting foto dan video, menyelesaikan tugas kantor, sampai berjualan secara online. Jadi pantas kalau sekarang HP berubah nama menjadi smartphone.

Bagi Anda yang sudah cukup lama memiliki HP pasti tidak terkejut lagi kalau perangkat ini juga dapat dijadikan sebagai remot TV. Bahkan kemampuan ini sudah ada sejak HP masih memakai sistem operasi berbasis Java dan Symbian. Dengan memanfaatkan fitur infrared pada HP, kita bisa mengubahnya menjadi remot TV dadakan. Lumayan banget kan? Daripada Anda bingung harus mencari remot TV yang sekarang hilang entah ke mana, mendingan gunakan saja HP yang ada di genggaman tangan Anda.

cara-hp-jadi-remot-tv.jpg

Memang benar kalau fitur infrared sudah lama tidak ditanamkan pada HP model smartphone. Mungkin fitur ini hanya dipandang sebelah mata. Namun belakangan ini tidak sedikit ponsel pintar yang kembali dibekali dengan infrared. Misalnya seperti Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S4 Mini, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy Note 3 Neo, Samsung Galaxy Mega 6.3, HTC One, HTC One Max, LG G2, LG G2 Mini, LG Optimus L9 II, LG Pro 2, dan Sony Xperia Z2. Beruntung bagi Anda yang memiliki HP-HP ini karena bisa menjadikannya sebagai remot dengan mudah.

Anda bisa menjadikan HP sebagai remot TV dengan cara di bawah ini

HP dengan Infrared

Smartphone yang memiliki fitur infrared biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus yang memungkinkan penggunanya bisa memakai HP tersebut sebagai remot. Tidak hanya remot TV, tetapi juga remot untuk perangkat elektronik lainnya seperti AC, DVD Player, bahkan mouse komputer. Contohnya untuk Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S4 Mini, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy Note 3 Neo, dan Samsung Galaxy Mega 6.3 Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan bernama WatchON.

Sementara itu, bagi smartphone selain dari merek Samsung, Anda masih bisa mengubahnya menjadi remot menggunakan berbagai aplikasi yang bisa didownload di Play Store. Sebagai contoh di antaranya Google Home, IR Remote, Roku, SURE, Universal TV Remote, LG TV Remote, dan lain-lain. Pokoknya Anda tinggal masuk ke aplikasi Play Store, kemudian lakukan pencarian memakai kata kunci remote TV. Pasti nantinya akan banyak muncul banyak aplikasi yang bisa digunakan.

HP Tanpa Infrared

Rata-rata HP yang menjadi remot menggunakan media perantara infrared sebagai koneksinya. Namun jika HP Anda tidak mempunyai fitur infrared, Anda masih bisa memanfaatkan fitur bluetooth dan WiFi sebagai media perantaranya. Syarat utamanya yakni TV Anda juga harus sudah mendukung bluetooth atau WiFi. Jika ternyata HP Anda belum mendukung bluetooth atau WiFi tapi sudah support USB, maka Anda bisa memakai alat bantu berupa bluetooth atau WiFi dongle untuk TV yang memungkinkannya bisa menerima sinyal bluetooth/WiFi.

Anda juga bisa memakai infrared controller untuk HP yang tidak dilengkapi infrared. Alat ini berfungsi untuk memancarkan sinyal infrared dari handphone sehingga bisa ditangkap oleh TV. Harganya sendiri tidak terlalu mahal berkisar antara Rp 20-50 ribuan. Untuk menggunakannya, Anda cukup menancapkan alat ini pada port audio 3,5 mm di HP yang biasa digunakan untuk memasang earphone atau headphone. Setelah itu, Anda tinggal menginstal aplikasi remot TV dari Play Store. Maka HP Anda pun kini sudah bisa digunakan sebagai remot TV.