Cara Lock Sinyal 4G di Samsung J2 Prime Tanpa Root

Memang aktivitas berselancar di internet akan lebih nyaman dilakukan manakala sambungan internet yang kita gunakan mempunyai kecepatan yang tinggi. Alhasil kita bisa beraktivitas secara online dengan lancar. Kita tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk membuka suatu laman web. Kita pun bisa melakukan streaming video dengan lancar tanpa buffering. Begitu pula untuk bermain game online, jalannya game bakal lancar tanpa lag.

Anda mungkin saat ini menggunakan Samsung Galaxy J2 Prime? Kebetulan smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G. Jaringan 4G merupakan jaringan internet paling cepat yang ada di Indonesia saat ini. Selain harus menggunakan smartphone yang sudah mendukung layanan 4G, Anda juga perlu memakai SIM card khusus yang sudah mendukung jaringan 4G untuk bisa ikut memakai jaringan ini. Samsung J2 Prime adalah salah satunya.

Tapi sayangnya Samsung Galaxy J2 Prime tidak memungkinkan penggunanya untuk mengunci sinyal 4G. Jadi Anda sebagai pengguna tidak bisa mempertahankan sinyal tersebut. Sinyal 4G akan dipilih oleh sistem pada HP secara otomatis. Biasanya sistem baru akan menggunakan sinyal 4G manakala kekuatan sinyal yang ditangkap oleh handphone tersebut cukup kuat. Jika sinyal 4G yang diterima antena HP lemah, maka sistem akan memilih sinyal 3,5G.

cara-lock-sinyal-4g.jpg

Ada perbedaan kecepatan yang cukup besar antara sinyal 4G dan sinyal 3,5G. Sinyal 4G memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi. Bahkan selisih kecepatannya jauh lebih tinggi daripada selisih kecepatan antara sinyal 3,5G dengan sinyal 3G. Semua aktivitas di internet akan berjalan lancar manakala kita mendapatkan sinyal 4G. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang melakukan trik-trik tertentu untuk mengunci sinyal 4G.

Kabar baiknya adalah kita bisa kok mengunci sinyal 4G di semua smartphone yang bersistem operasi Android, termasuk produk HP buatan Samsung. Caranya yaitu kita bisa menekan tombol *#*#4636#*#* lalu tekan tombol dial. Lantas Anda pun akan diarahkan ke menu yang tersembunyi yaitu Device Information. Di sinilah kita bisa mengubah mode jaringan ponsel agar menangkan sinyal 4G saja (4G Only).

Namun sayangnya Samsung J2 Prime tidak bisa mengakses menu Device Information melalui kombinasi tombol *#*#4636#*#*. Itu sebabnya, Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang mampu membantu Anda mewujudkan keinginan tersebut. Silakan Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Aktifkan mobile data pada perangkat Samsung J2 Prime Anda
  2. Bukalah aplikasi Play Store
  3. Lakukan pencarian dengan kata kunci 4G
  4. Tampil berbagai aplikasi yang dapat mengunci sinyal 4G
  5. Silakan pilih salah satu aplikasi yang memiliki rating paling tinggi
  6. Instal aplikasi pilihan Anda
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi aplikasi selesai
  8. Bukalah aplikasi pengunci sinyal 4G yang baru saja Anda instal
  9. Silakan tekan tombol Lock 4G atau semacamnya
  10. Gulirkan layar HP Anda ke bawah
  11. Tekan tombol Set Prefered Network Type
  12. Pilih 4G only

Selamat karena Anda sudah berhasil mengatur Samsung J2 Prime agar hanya menangkap sinyal 4G saja. Cuma satu masalahnya yaitu HP Anda akan berada dalam mode emergency. Artinya Anda tidak bisa melakukan panggilan atau menerima panggilan melalui jaringan telepon dari HP tersebut. Oleh karena itu, kami juga menyarankan Anda untuk mengubahnya kembali ke tipe jaringan normal jika sudah selesai berselancar di internet.