Cara Memasang Tempered Glass yang Benar

Bagaimana cara memasang tempered glass yang benar? Tempered glass adalah kaca yang telah diproses dengan metode tertentu meliputi pemanasan, pelapisan, dan penempaan sehingga membuat strukturnya semakin kuat. Bisa dikatakan kalau kekuatan tempered glass jauh lebih kokoh dibandingkan kaca biasa. Itulah sebabnya, tempered glass sudah lama dipakai untuk membuat tangga, kaca, pintu, atap, dan jembatan jalan.

Seiring dengan meningkatnya popularitas telepon seluler berlayar sentuh, masyarakat pun semakin menyadari kalau layar ponsel tersebut gampang tergores. Mereka membutuhkan sebuah pelindung layar ponsel yang dapat menjaga kondisi layar tersebut tanpa mengganggu fungsi dan kinerjanya. Dari sinilah awal mula tempered glass didesain secara khusus sebagai pelindung layar HP dari goresan, tekanan, maupun tabrakan.

Berhati-hatilah saat membeli tempered glass karena saat ini banyak produk palsu yang beredar di pasaran. Tempered glass memiliki wujud berupa kaca bening yang kuat sekali. Jika Anda memecahkannya, maka kepingan-kepingan kaca yang terbentuk tidak memiliki sudut yang tajam. Bagian pinggir kepingan tadi cenderung tumpul, terasa kasar, dan tidak berbahaya. Sedangkan tempered glass yang palsu biasanya terbuat dari kaca biasa atau bahkan plastik.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, banyak produsen yang telah memasang tempered glass di produk buatannya sejak awal. Kebanyakan jenis tempered glass yang digunakan adalah Corning Gorilla Glass. Ini merupakan tempered glass berkualitas tinggi yang dibuat oleh Perusahaan Corning. Walaupun Corning Gorilla Glass sudah mampu melindungi layar ponsel Anda dengan baik, tetapi tak ada salahnya Anda memasang tempered glass tambahan untuk semakin memperkuat perlindungannya.

Lantas bagaimana caranya memasang tempered glass? Rangkaian prosesnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Meskipun Anda tinggal memasang tempered glass tersebut, tetapi kenyataannya butuh ketelitian yang tinggi agar hasilnya rapi dan tidak menggelembung. Tentu saja pemasangan tempered glass yang salah akan membuat ponsel Anda terlihat aneh dan tidak nyaman digunakan. Tempered glass tersebut pun gampang pecah sendiri akibat harus menahan tekanan terus-menerus.

cara-memasang-tempered-glass.jpg

Langkah-langkah memasang tempered glass di layar HP :

  1. Anda harus membersihkan permukaan layar HP terlebih dahulu menggunakan kain lap yang disertakan di kemasan produk. Pakailah kain lap yang basah untuk pertama kali. Kemudian bersihkan lagi memakai kain lap yang kering. Hindari membersihkannya dengan kertas tisu sebab dapat meninggalkan kotoran berupa serabut kertas.
  2. Apabila ada partikel-partikel debu yang masih menempel di layar HP, Anda tidak boleh menyekanya dengan tangan atau kain lap. Silakan Anda bisa memakai selotip untuk mengangkat partikel-partikel debu tadi. Caranya adalah tempelkan selotip tepat di atas permukaan HP. Tekan-tekan sebentar, lalu segera angkat selotip tadi.
  3. Letakkan smartphone Anda di atas meja yang bersih dan permukaannya datar. Atur posisinya sedemikian rupa agar Anda mudah memasang tempered glass di atas permukaan layarnya. Setela itu, atur posisi tempered glass yang Anda pegang supaya pas dengan layar HP tersebut.
  4. Buatlah garis panduan dari selotip. Pasang satu buah selotip tepat di tengah-tengahnya. Lalu cek apakah posisi tempered glass berubah atau tidak. Jika posisinya berubah, maka Anda harus melepas kembali selotip tadi lalu memasangnya di posisi lain yang benar-benar pas.
  5. Setelah berhasil memasang selotip di tengah, kita pasang lagi selotip di sebelah kanan dan kiri untuk menahan posisi tempered glass dan memastikannya tidak bergerak sama sekali.
  6. Langkah berikutnya Anda bisa membersihkan kembali layar HP untuk membuatnya benar-benar bersih serta bebas dari partikel-partikel debu.
  7. Setelah itu, bukalah stiker yang terdapat di bagian bawah tempered glass secara perlahan-lahan dengan gerakan layaknya Anda sedang membuka resleting.
  8. Biarkan saja tempered glass dan HP tadi tanpa Anda perlu menekan-nekan permukaannya. Selang tak berapa lama kemudian, tempered glass pun secara otomatis terpasang di layar HP dengan sendirinya.