Cara Membedakan iPhone X Asli dan Palsu untuk Orang Awam

Versi terbaru dari Apple iPhone diberi nama iPhone X. Ini merupakan versi iPhone paling anyar dengan performa yang sangat gahar. Berbagai teknologi terbaru ditanamkan ke dalam produk iPhone yang satu ini. Banyak pula fitur-fitur smartphone yang belum pernah ada sebelumnya yang disematkan ke dalam ponsel pintar ini. Pokoknya iPhone X benar-benar akan membuat Anda tercengang karena mempunyai spesifikasi yang begitu canggih dengan inovasi teknologi yang paling mutakhir.

Namun bila ingin membeli iPhone X, Anda mesti berhati-hati. Mengapa sih? Karena di luar sana banyak sekali beredar produk iPhone palsu. Tidak salah lagi. Ini merupakan ulah para oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi. Sekilas iPhone X palsu ini terlihat mirip sekali dengan iPhone X original. Penampilan luarnya benar-benar mirip seperti iPhone yang asli. Tetapi kalau Anda memperhatikannya dengan lebih teliti lagi, maka akan terlihat perbedaannya yang cukup jelas. Yuk, kita pelajari bersama!

ciri-ciri-iphone-x-asli.jpg

Layar iPhone X Asli 5,8 Inci dan Sangat Jernih

iPhone X memiliki desain yang berbeda dari versi iPhone yang sebelumnya. Perbedaan tersebut terlihat dari tidak adanya lagi tombol-tombol fisik berupa tombol home, tombol menu, dan tombol back. iPhone X telah mengusung tampilan full-display dengan desain layar berjenis notch atau poni. Tapi sayangnya produk iPhone X palsu juga menggunakan konsep yang sama untuk mengelabui para pembeli. Namun bila Anda memeriksanya, kualitas layar antar keduanya jauh berbeda.

iPhone X original menggunakan layar 5,8 inci yang dilengkapi teknologi super AMOLED. Layarnya juga sudah dilindungi oleh teknologi scratch-resistant glass dan oleophobic coating yang membuatnya lebih aman dari benturan dan goresan. iPhone X juga dibekali teknologi 3D touch display yang akan memberi tampilan variatif saat disentuh. Dan yang paling membedakan ialah tingkat kejernihan layarnya. iPhone X memiliki layar yang jernih sekali karena susunan pikselnya sangat rapat hingga mencapai 458 ppi. Hal ini membuatnya layarnya tetap terlihat jelas meski di bawah sinar mentari.

Berbeda dengan iPhone X palsu. Meskipun desain layarnya mirip, tapi kualitasnya sangat jauh berbeda. iPhone X palsu menggunakan layar yang ala kadarnya. Biasanya sih iPhone X tiruan ini memakai layar TFT dengan kualitas yang rendah. Hal ini nampak kentara sekala ketika Anda mencoba melihat tampilan layar di bawah cahaya matahari. Fitur-fitur mutakhir juga tidak ada di dalam layar tersebut. Sedangkan untuk kerapatan layarnya, iPhone palsu ini umumnya memakai resolusi layar di bawah 300 ppi.

Perbandingan Hardware yang Digunakan

iPhone X memang layak dinobatkan sebagai salah satu smartphone yang mempunyai kemampuan paling cepat saat ini. Tentunya performa ini tak terlepas dari hardware yang ditanamkan ke dalamnya. iPhone X sendiri diketahui memiliki chipset Apple A11 Bionic Hexa-core berkecepatan 2,39 GHz. Kinerjanya juga didukung oleh RAM dengan kapasitas 3 GB yang mampu membuatnya dapat beroperasi dengan baik. Ada dua piliha memori internal dari iPhone X yaitu 64 GB dan 256 GB.

Pada iPhone X palsu, spesifikasi hardware yang digunakan jauh berbeda dengan versi originalnya. Hal ini semata-mata untuk memangkas biaya produksi iPhone replika tersebut. Umumnya iPhone X palsu tadi menggunakan prosesor Media Tek versi rendah dengan dukungan RAM yang cuma 1 GB saja. Sedangkan memori internalnya sendiri tidak lebih dari 16 GB. Satu hal yang unik, iPhone X palsu biasanya dilengkapi slot memori eksternal. Padahal Anda tidak bisa menambah memori eksternal pada iPhone X yang asli.

membedakan-iphone-x-asli.jpg

Katanya Sama, Tapi Kualitas Kameranya Beda Banget

Kalau Anda hobi memotret foto menggunakan kamera HP, iPhone X ini sangat kami rekomendasikan. Tentu saja karena iPhone X dilengkapi dengan kamera yang kualitasnya bagus sekali. iPhone X asli ini memakai dua buah sensor kamera berkekuatan 12 MP sebagai kamera utamanya. Kemampuan kamera ini selanjutnya akan didukung fitur-fitur fotografi yang canggih seperti OIS, PDAF, mode video 4K, optical zoom, dan masih banyak lagi. Sementara kamera depan iPhone X memiliki kekuatan 7 MP dengan fitur HDR. Dengan dukungan ini, hasil jepretan kamera iPhone menjadi sangat berkelas.

Sementara itu, iPhone X tiruan mengklaim kalau menggunakan hardware yang sama dengan iPhone X asli soal kamera dan fitur-fiturnya. Namun Anda tidak boleh langsung percaya dengan janji manis tadi. Mengapa? Sebab setelah diuji coba ternyata kamera iPhone X palsu mempunyai hasil bidikan yang jauh di bawah level kualitas kamera iPhone X asli. Foto dari kamera iPhone tiruan tersebut memiliki kualitas yang rendah, banyak noise, warnanya tidak nyata, dan sulit menentukan fokus.

Mengecek dari Operating System dan App Store

Sebenarnya mudah saja kok untuk mengecek suatu produk iPhone itu asli atau bukan. Cara yang paling gampang yaitu dengan melihat ada tidaknya aplikasi App Store di dalam HP tersebut. Kalau ada, iPhone tadi memang asli. Sementara jika tak ada, iPhone tersebut palsu. iPhone palsu biasaya menggunakan sistem operasi Android. Jadi aplikasi store yang ada di sini ialah Play Store, bukan App Store. Sedangkan semua iPhone yang asli memakai iOS sebagai sistem operasinya. Anda membutuhkan Apple ID untuk bisa masuk ke App Store dan mengunduh aplikasi baru.

Periksa Melalui Serial Number dan Sambungan iTunes

Trik lain yang juga gampang dilakukan untuk memeriksa keaslian iPhone X yakni melalui serial number pada ponsel tersebut. Anda bisa melihat informasi serial number ini melalui menu Setting, General, lalu About. Nampak jelas di sana serial number dari produk iPhone X Anda. Silakan Anda cek keaslian serial number ini melalui situs resmi Apple atau SNdeep. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan iTunes guna mengecek keaslian iPhone X. iTunes secara otomatis akan langsung mendeteksi smartphone Anda jika iPhone tersebut benar-benar asli. Anda hanya perlu menyambungkannya ke komputer. Sementara itu, iPhone X palsu tidak akan terdeteksi oleh iTunes sebagai device Apple.