Cara Membersihkan Casing HP dengan Bahan Alami

Jangan lupa memperhatikan kebersihan HP Anda ya. Pasti Anda tidak mau dicap sebagai orang yang jorok akibat HP yang kotor, kan? Kebanyakan orang memang tidak terlalu memedulikan kondisi HP miliknya. Asalkan ponsel sudah bekerja dengan normal berarti kondisinya baik-baik saja. Padahal kebersihan HP pun sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa membayangkan sendiri begitu banyak kuman dan bakteri yang bersarang di HP yang kotor ini.

Oleh karena itu, sebagai pemilik ponsel, Anda wajib membersihkan HP secara rutin. Terutama bagian casing HP yang memang mudah sekali kotor. Casing yang berada di bagian paling luar perangkat ini sekaligus berfungsi sebagai pelindung mesin. Casing bersentuhan langsung dengan udara yang dipenuhi polusi. Maka tak heran permukaannya pun menjadi gampang dikotori partikel-partikel debu. Anda mesti rajin membersihkannya.

cara-membersihkan-casing-hp.jpg

Tidak hanya polusi udara, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan casing HP Anda menjadi kotor. Di antaranya yaitu :

  1. Tangan Anda yang kotor menjadi penyebab utama kotornya casing HP. Kotoran-kotoran tersebut dengan mudah akan mengotori ponsel. Jadi biasakanlah mencuci tangan sebelum kembali memegang HP.
  2. Tempat di mana Anda meletakkan HP juga turut menyebabkan kondisinya kotor. Tanpa Anda sadari, permukaan bagian belakang casing ponsel akan menjadi kotor akibat terkena kotoran dari tempat tersebut.
  3. Partikel-partikel debu yang diterbangkan oleh angin juga dapat membuat permukaan HP menjadi sangat kotor. Terlebih jika Anda tidak rutin membersihkannya. Debu-debu ini akan menumpuk di ponsel sehingga lapisannya semakin tebal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ternyata kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membersihkan casing ponsel loh.

Jeruk Nipis

Bahan pertama yang kami rekomendasikan adalah jeruk nipis. Air sari jeruk nipis memang telah terbukti sangat ampuh dipakai sebagai bahan pembersih. Sifat asam yang dimilikinya membuat air sari ini mampu menghilangkan noda-noda membandel. Untuk membersihkan casing HP menggunakan jeruk nipis, Anda tinggal menyikat permukaan casing tersebut dengan air jeruk nipis. Tak butuh waktu yang lama, kondisi casing menjadi bersih.

Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon pun sudah lama dikenal sebagai bahan pembersih alami. Khasiatnya dalam membersihkan permukaan suatu benda yang kotor sudah tak terbantahkan lagi. Anda juga bisa mencobanya untuk membuat casing HP yang kotor menjadi lebih bersih. Caranya yaitu peraslah buah lemon untuk mengambil air sarinya. Nah, air sari lemon inilah yang kita gosokkan ke permukaan casing HP supaya kotorannya hilang.

Cuka Apel

Kalau Anda kebetulan mempunyai cuka apel di dapur, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan ponsel loh. Cuka apel ini bahkan ampuh sekali dalam menghilangkan kotoran yang ada di permukaan ponsel. Tidak hanya kotoran yang terlihat, noda-noda membandel yang susah dihilangkan pun akan cepat hilang jika Anda membersihkannya menggunakan cuka apel. Cobalah usapkan cuka apel ke seluruh permukaan casing secara merata.

Daun Sirih

Siapa sangka kalau Anda pun dapat membersihkan HP menggunakan daun sirih? Hal ini tidak terlepas dari kandungan bahan antiseptik di dalam daun sirih dapat kita gunakan untuk membersihkan ponsel. Tidak hanya bersih, kondisi HP Anda bahkan akan menjadi steril apabila Anda menggunakan daun sirih sebagai pembersihnya. Anda tinggal merendam casing HP ke dalam air rebusan daun sirih selama 6-8 jam. Kemudian bilas sampai bersih.

Bawang Merah

Bahan lain yang juga bisa digunakan untuk membersihkan casing HP yaitu bawang merah. Anda dapat memakai umbi bawang merah untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di permukaannya sekaligus membuat kondisi casing lebih steril. Potonglah umbi bawang merah. Kemudian gunakan bagian dalam dari potongan tersebut untuk membersihkan casing HP. Gosokkan potongan umbi ini pada casing supaya menjadi bersih.

Selain bahan-bahan alami di atas, sebenarnya Anda juga bisa membersihkan casing handphone menggunakan sabun cuci piring atau pasta gigi. Tinggal gunakan saja bahan-bahan ini sebagai sabun pembersih. Oleskan secukupnya di atas permukaan HP, lalu gosok memakai sikat gigi sampai bersih. Barulah kemudian Anda bisa membilasnya. Sebisa hindari menggunakan sabun yang bersifat keras seperti deterjen pakaian dan cairan pemutih pakaian karena dapat menyebabkan warna casing HP Anda memudar.