Cara Membersihkan Laptop dengan Tuntas

Kini kita dapat melaksanakan berbagai pekerjaan dengan lebih gampang berkat adanya laptop. Laptop merupakan perangkat komputer jinjing yang memungkinkan kita bisa membawanya ke berbagai tempat manapun semau kita sendiri. Berbeda dengan komputer desktop, Anda dapat melipat komputer laptop lalu menjinjingnya sesuka hati tanpa perlu takut perangkat tersebut akan mengalami kerusakan. Sebab pada dasarnya laptop memang sengaja dirancang untuk keperluan ini.

Seringnya laptop dibawa ke berbagai tempat membuat kondisinya mudah kotor. Partikel-partikel debu dengan cepat mengotori laptop tersebut sampai ke bagian dalamnya. Umumnya keyboard merupakan bagian yang paling kotor terutama di sela-sela tombolnya. Tanpa Anda sadari, kotoran pada laptop ini akan mempengaruhi performanya. Komponen penyusun laptop akan terganggu. Aliran angin tak lancar akibat lubang ventilasinya tersumbat sehingga menyebabkan laptop cepat panas.

cara-membersihkan-laptop.jpg

Satu-satunya solusi untuk mengatasi laptop yang kotor yaitu membersihkannya. Yuk, kita bersihkan laptop secara bersama-sama!

Cabut Sumber Daya

Membersihkan laptop harus dilakukan ketika tidak ada aliran listrik sama sekali. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terkena setrum listrik serta mencegah terjadinya konsleting listrik. Jadi tugas pertama yang harus Anda laksanakan yaitu melepaskan baterai. Baterai merupakan media penyimpanan energi listrik yang memungkinkan laptop bisa tetap menyala meski tidak dipasangi kabel power. Baterai laptop biasanya terletak di bagian bawahnya. Untuk melepaskan baterai ini, Anda perlu membuka penguncinya terlebih dahulu. Barulah kemudian baterai laptop dapat dilepaskan. Begitu pula jika kabel power masih terpasang di laptop, Anda pun wajib melepaskannya.

Lepaskan Casing Bawah

Jangan hanya membersihkan bagian luar laptop saja ya. Anda pun perlu membersihkan bagian dalamnya terutama komponen-komponen laptop agar performanya kembali optimal. Untuk melakukannya, Anda perlu melepaskan casing bagian bawah terlebih dahulu. Mulailah dengan melepaskan semua sekrup yang menahan casing tersebut. Lepaskan sekrup ini satu per satu. Pastikan semua sekrup sudah berhasil dilepas supaya casing bisa dibuka. Lakukan dengan teliti sebab jumlah sekrup penahan casing laptop ini biasanya cukup banyak. Kalau sudah, seharusnya Anda bisa melepaskan casing dengan mudah. Namun bila casing masih sulit dilepaskan, kemungkinan besar masih ada sekrup yang terpasang.

Saatnya Bersih-bersih

  • Membersihkan Casing Laptop

Mulailah membersihkan laptop dari bagian yang paling mudah terlebih dahulu. Anda bisa mulai dari casing. Semua permukaan laptop disebut casing. Casing inilah yang membentuk dimensi laptop serta melindungi komponen-komponen elektronik yang menyusunnya. Anda dapat membersihkan casing laptop memakai kain microfiber yang lembut. Jangan lupa membasahi kain ini terlebih dahulu. Setelah itu, usapkan kain ini ke permukaan casing laptop secara merata sampai semua debu yang menempel sirna.

  • Membersihkan Keyboard

Keyboard atau papan ketik biasanya menjadi bagian yang paling kotor dari laptop. Ada begitu banyak partikel-partikel debu dan kotoran yang terselip di antara tombol-tombol keyboard ini. Kondisi keyboard yang kotor tentu akan mengganggu kenyamanan Anda. Responsivitas tombol keyboard dalam menangkan perintah juga berkurang. Hendaknya keyboard selalu dibersihkan agar bebas dari kotoran. Gunakan kuas kecil untuk menyapu tombol keyboard dan bagian sela-selanya. Anda juga bisa memakai jelly khusus untuk membersihkan keyboard supaya hasilnya lebih optimal. Hendaknya Anda memasang pelindung guna mencegah partikel-partikel debu mengotori keyboard.

  • Membersihkan Komponen

Komponen yang kami maksud yaitu semua komponen elektronika yang mendukung kinerja laptop. Komponen-komponen ini biasanya diletakkan di bawah keyboard. Anda perlu membuka casing bagian bawah untuk dapat menjangkaunya. Setelah itu, bersihkan permukaan komponen dari debu menggunakan kuas. Sapulah partikel-partikel debu tersebut memakai kuas sampai bersih. Jangan lupa untuk membersihkan bagian ventilasi udara, fan, dan heat sink. Biasanya bagian-bagian ini dipenuhi kotoran yang dapat menghambat aliran udara.

  • Membersihkan Motherboard

Khusus untuk membersihkan motherboard secara total bisa dilakukan khusus bagi Anda yang berani dan memang sudah cukup mahir. Biasanya kondisi motherboard kurang begitu bersih jika hanya disapu menggunakan kuas saja. Oleh sebab itu, Anda perlu mencucinya. Ya, motherboard memang boleh dicuci memakai air sabun asalkan Anda tahu caranya. Mulailah dengan melepas semua komponen dari motherboar. Lepaskan pula baterai CMOS yang terpasang. Berikutnya, Anda bisa langsung mencuci motherboard tersebut dan menjemurnya sampai benar-benar kering.

  • Membersihkan Monitor

Proses membersihkan monitor sebaiknya dilakukan paling akhir supaya tidak terkena kotoran lagi dari bagian laptop yang lain. Anda membutuhkan cairan pembersih khusus untuk layar monitor bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Semprotkan cairan ini secukupnya tepat ke permukaan monitor. Kemudian ratakan menggunakan kain microfiber. Lakukan pengelapan secara merata ke seluruh permukaan monitor supaya bersih sempurna.