Cara Membersihkan Layar HP dengan Mudah

Bagaimana cara membersihkan layar HP yang benar? Salah satu kewajiban Anda sebagai pemilik handphone adalah menjaga kondisi layarnya supaya tetap bersih. HP zaman sekarang yang notabene mengusung teknologi touchscreen tentu membutuhkan perawatan yang lebih intensif pada bagian layarnya mengingat layar tersebut merupakan bagian yang paling penting. Setiap hari Anda menyentuh layar HP hingga ribuan kali untuk mengoperasikannya. Jadi wajar saja kalau permukaan layar HP milik Anda menjadi cepat kotor.

Layar HP yang kotor akan mengalami penurunan pada tingkat responsivitasnya. Layar tersebut menjadi tidak begitu responsif terhadap sentuhan yang Anda berikan. Malahan ada beberapa kali kesalahan yang dilakukan oleh sistem HP dalam mengenali perintah dari Anda akibat layar yang sudah tidak bisa merespons dengan benar. Anda harus waspada terhadap partikel-partikel kotoran yang terdapat di permukaan layar HP. Sebab walaupun ukurannya kecil, partikel tersebut sangat tajam hingga dapat menimbulkan goresan di layar.

cara-membersihkan-layar-hp.jpg

Ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan guna membersihkan layar tersebut dengan mudah tetapi hasilnya sangat memuaskan. Di antaranya yaitu :

  1. Bersihkan dengan Selotip

Selotip ternyata mempunyai fungi lain di samping sebagai perekat. Anda bisa memakai selotip untuk membersihkan permukaan layar HP. Bahkan hasilnya pun memuaskan sekali. Semua noda, kotoran, debu, dan sidik jari hilang seketika. Anda hanya perlu menempelkan beberapa lembar selotip menutupi layar HP. Diamkan beberapa waktu agar partikel-partikel kotoran merekat di selotip. Lalu lepaslah selotip tadi satu per satu dengan gerakan yang cepat. Hasilnya kotoran akan berpindah ke selotip dan layar HP pun menjadi bersih.

  1. Lap Memakai Kain Microfiber

Kain microfiber biasa digunakan untuk membersihkan sepeda motor sebab kain ini sudah terbukti tidak akan menimbulkan goresan. Beberapa produsen alat elektronik pun ikut menyarankan penggunanya agar memakai kain ini untuk membersihkan perangkat elektronik. Tidak terkecuali pula dengan smartphone. Layar HP sebaiknya memang dibersihkan menggunakan kain lap yang basah. Bersihkan layar HP Anda dengan mengusapnya memakai kain microfiber secara berulang-ulang dan searah.

  1. Pakai Cairan Pembersih Khusus

Meningkatnya jumlah pengguna smartphone berlayar sentuh menghasilkan peluang baru bagi orang-orang yang jeli melihatnya. Mereka berupaya keras menciptakan cairan khusus pembersih layar HP yang mampu membersihkan dengan sempurna tanpa menimbulkan efek samping. Beruntung karena saat ini sudah ditemukan cairan khusus pembersih layar HP yang dijual di pasaran. Bahkan beberapa produk pembersih mengandung lapisan nano yang efektif menghilangkan bekas sidik jari sehingga layar terlihat benar-benar seperti baru.

  1. Gunakan Pembersih Ultraviolet

Di zaman serba canggih seperti sekarang telah banyak ditemukan perangkat-perangkat baru yang seolah-olah aneh karena tidak masuk akal. Salah satunya ialah perangkat yang ditujukan khusus untuk membersihkan smartphone. Bagian yang menarik dari perangkat ini yaitu bahan pembersihnya menggunakan sinar ultraviolet. Perangkat ini akan memproduksi sinar UV-C dengan panjang gelombang cahaya tertentu yang telah terbukti secara ilmiah dapat menghilangkan semua kotoran yang ada di permukaan ponsel. Anda hanya perlu memasukkan HP, lalu biarkan perangkat ini bekerja sebagaimana mestinya.