Cara Membersihkan Lensa Kamera HP agar Bersih Sempurna

Perangkat HP pada masa sekarang bukan sekadar alat telepon belaka. Tetapi perangkat ini pun mempunyai fungsi yang kompleks. Salah satunya yaitu kamera. Kamera merupakan fitur yang wajib ada di produk handphone zaman sekarang. Tidak hanya HP yang berharga mahal, bahkan fitur ini pun selalu ada di ponsel kelas awal. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan pengguna HP yang memang senang memotret foto menggunakan kamera HP.

Dibandingkan dengan kamera digital seperti DSLR atau SLR, memotret momen menggunakan kamera HP memang jauh lebih praktis. Apalagi kita juga tidak bisa terlepas dari pemakaian HP dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan adanya ponsel yang selalu ada di genggaman tangan ini, maka kita pun akan selalu menggunakan kameranya. Kamera HP selalu membuat kita bisa mengabadikan momen yang terjadi setiap saat.

membersihkan-lensa-kamera-hp.jpg

Masalahnya yaitu kondisi kamera HP lama-kelamaan menjadi kotor. Sedikit demi sedikit debu menempel di permukaan lensa kamera. Akibatnya hasil potret pun menjadi kurang tajam dan tidak jernih. Gambarnya kelihatan buram. Anda perlu membersihkannya supaya kamera HP tersebut mampu menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi lagi. Tetapi bagaimana kah caranya membersihkan lensa kamera HP yang benar?

Partikel-partikel Debu

Membersihkan permukaan lensa kamera HP sebenarnya bisa dilakukan menggunakan kain lap. Anda bisa memakai kain microfiber untuk mengelap permukaan lensa tersebut. Cukup gosok saja permukaannya dengan gerakan yang searah dan beberapa kali, maka hasilnya kamera pun akan bersih kembali. Namun biasanya hasil dari proses pembersihan dengan teknik ini tak akan lama. Beberapa saat kemudian kamera pun akan berdebu lagi.

Sebagai alternatifnya, kami sarankan Anda memanfaatkan kompresor untuk menghilangkan debu dari lensa kamera HP. Cobalah memakai kompresor tangan yang memiliki tekanan cukup kuat tetapi tidak akan merusak lensa tersebut. Semprotkan kompresor ini tepat ke arah lensa kamera HP dari jarak 20-30 cm sambil digerakkan dengan pola memutar. Niscaya lensa akan menjadi jauh lebih bersih. Bidikan kamera pun tidak akan buram lagi.

Noda Bekas Jari Tangan

Sering kali noda bekas jari tangan melekat di permukaan lensa kamera sehingga menyebabkan hasil tangkapan kamera pun menjadi terlihat buram. Noda ini sebenarnya sangat sepele tetapi bila tidak dibersihkan sampai tuntas akan mempengaruhi kualitas potret kamera tersebut. Hal ini biasanya disebabkan jari tangan Anda yang menyentuh lensa, baik secara sadar maupun tak sengaja. Akibatnya bagian lensa pun menjadi tidak jernih karena tertutupi oleh sidik jari.

Anda tidak perlu khawatir. Noda bekas jari tangan ini tidak sulit untuk dihilangkan. Anda cukup memakai kain microfiber untuk membersihkannya. Dengan karakteristik yang dimilikinya, kain microfiber dalam kondisi basah dapat menghilangkan noda tersebut dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu membasahi kain ini menggunakan air biasa. Lalu gosokkan pada permukaan lensa kamera. Hasilnya adalah kondisi lensa tersebut menjadi benar-benar bersih.

Kotoran yang Membandel

Pasti Anda merasa pusing bukan main ketika ada noda membandel yang menempel di lensa kamera HP. Noda tersebut sangat sulit untuk dihilangkan. Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghapusnya, namun hasilnya tetap nihil. Kotoran membandel tersebut tetap ada di permukaan lensa sehingga mengakibatkan Anda tidak bisa menggunakan kamera secara normal. Setiap kali Anda mencoba memotret, hasilnya pasti ada bayangan noda di gambarnya.

Kami mempunyai solusi yang jitu untuk mengatasi masalah yang cukup pelik ini. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring yang cair untuk menghilangkan noda membandel. Sabun cuci piring ini sangat efektif dalam menghilangkan noda serta membuat permukaan lensa menjadi bersih dan kinclong lagi. Anda hanya perlu menyiapkan setetes sabun cuci piring, lalu usapkan ke permukaan lensa menggunakan kain microfiber. Setelah bersih, bilas memakai kain yang lembab beberapa kali. Kini kamera HP Anda pun tampak seperti baru lagi.

Tips Merawat Kamera HP

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kamera HP Anda supaya tidak cepat rusak dan kualitas hasil potretnya tetap terjaga.

  1. Biasakan untuk meletakkan HP di tempat yang bersih dan kering. Kami sarankan Anda menyediakan kantung khusus untuk menyimpan HP.
  2. Jika ingin menyimpan di tas atau kantung celana, pastikan tidak satu tempat dengan barang-barang yang bisa menggores HP seperti kunci.
  3. Gunakan casing HP yang tidak hanya melindungi body ponsel saja, tetapi juga berikut kameranya. Saat ini sudah banyak model casing seperti ini.
  4. Cobalah untuk membersihkan HP secara menyeluruh setiap hari. Anda bisa melakukan pembersihan ini pada pagi atau malam hari.
  5. Pastikan kondisi tangan Anda dalam keadaan bersih setiap kali akan menggunakan HP. Tidak ada salahnya untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan mengeringkannya.