Cara Memperbaiki Baterai HP yang Cepat Habis

Apalah artinya HP yang canggih tanpa didukung oleh baterai dengan kualitas yang mumpuni? HP sebagus apapun tidak akan ada artinya kalau kapasitas daya listrik yang disimpan di dalam baterai yang melengkapinya cepat habis. Anda akan kesulitan saat menggunakan HP tersebut. Misalnya Anda ingin berselancar di sosial media online, tetapi belum juga puas mendapatkan informasi, kapasitas baterai sudah menipis. Atau ketika Anda sedang asyik bermain game online tiba-tiba HP mati sendiri karena baterai yang ngedrop.

Memang benar kalau kita bisa mengisi ulang kapasitas daya di dalam baterai yang sudah habis melalui proses charge. Tetapi menge-charge HP membutuhkan waktu yang lama. Paling cepat Anda harus menunggu waktu hingga 2 jam supaya baterai tersebut terisi daya listrik kembali secara penuh. Kondisi ini tentu menjadi sangat merepotkan, terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah apa sih penyebab baterai HP cepat habis?

baterai-hp-cepat-habis.jpg

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan baterai cepat habis beserta solusi yang kami berikan untuk mengatasinya!

Kapasitas Baterai Terlalu Kecil – Ganti dengan Baterai yang Lebih Besar

Setiap HP mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan karakteristik baterai yang digunakan pun tidak sama. Biasanya HP dengan tipe low-end dibekali dengan baterai yang kapasitasnya tidak terlalu besar. Hal ini tentu berguna untuk memangkas biaya produksi HP tersebut sehingga bisa dijual dengan harga lebih murah. Mungkin HP yang Anda miliki juga mempunyai baterai dengan kapasitas yang kecil? Solusinya Anda tinggal beli saja baterai baru yang memiliki ukuran dan bentuk sama persis tetapi kapasitasnya jauh lebih besar.

Aplikasi yang Dijalankan Terlalu Banyak – Matikan Beberapa Aplikasi

Sama seperti manusia, semakin banyak pekerjaan yang kita lakukan, maka energi yang ada di dalam tubuh kita akan cepat habis. Begitu pula dengan ponsel. HP yang menjalakan aplikasi dalam jumlah yang banyak sekaligus akan mengakibatkannya boros energi. Sehingga kapasitas daya listriknya akan cepat habis. Sebaiknya Anda tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai sebelum membuka aplikasi lainnya. Disarankan pula untuk menghapus aplikasi yang tidak pernah dibuka dalam kurun waktu 3 hari terakhir. Aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan melalui web browser juga sebaiknya dihapus saja.

Baterai sudah Rusak – Perbaiki atau Ganti dengan Baterai Baru

Baterai pun dapat mengalami kerusakan. Kapan durasi waktu rusaknya baterai tidak ada yang tahu pasti sebab semuanya tergantung bagaimana Anda merawatnya. Tak jarang loh HP yang baru dipakai sebulan sudah mengalami kerusakan pada baterainya yaitu ngedrop karena pengguna sering melakukan yang menyebabkan baterai cepat rusak. Anda bisa mencoba memperbaiki baterai yang rusak ini dengan membungkusnya memakai kantung plastik, lalu meletakkannya di freezer selama 24 jam. Kalau solusi ini tidak berhasil, tidak ada cara lagi selain membeli baterai yang baru.