Cara Memperbaiki Bluetooth HP yang Tidak Bisa Diaktifkan

Walaupun kemampuan smartphone saat ini begitu kompleks, namun beberapa fitur lama masih tetap dipertahankan. Salah satunya yaitu bluetooth. Fitur bluetooth sudah ada di HP sejak ponsel bersistem operasi Java mengalami kejayaannya. Fitur ini digunakan untuk melakukan sambungan ke perangkat lain secara nirkabel (wireless). Kita bisa melakukan transfer data atau berbagi perangkat menggunakan fitur bluetooth. Karena manfaatnya yang krusial, bluetooth tetap dipertahankan hingga sekarang.

Sebagai pengguna smartphone, kita pun tetap membutuhkan bluetooth untuk berbagi file dengan HP yang lainnya. Fungsi lainnya yaitu melakukan konektivitas ke perangkat lain yang mendukung bluetooth. Speaker bluetooth misalnya. Kebanyakan speaker saat ini memang telah dilengkapi bluetooth sehingga kita tidak perlu repot memasang kabel lagi. Tapi bagaimana jadinya ketika Anda akan menyalakan fitur bluetooth di HP, fitur ini tidak mau menyala? Anda tidak bisa mengaktifkan bluetooth tersebut.

cara-memperbaiki-bluetooth-hp.jpg

Tenang saja. Kami mempunyai beberapa solusi untuk mengatasi masalah di atas!

Solusi 1. Coba Hapus Cache Bluetooth

Semua fitur di smartphone selalu menghasilkan cache ketika bekerja. Cache ini berguna agar sistem HP bisa mengontrol fitur tersebut dengan lebih mudah serta mempercepat kinerjanya. Namun ketika fitur bluetooth di HP Anda tidak dapat diaktifkan, bukan tidak mungkin penyebabnya terletak pada tumpukan cache yang sudah terlalu banyak. Hingga akhirnya sistem tidak mampu membaca dengan baik file cache tersebut. Cobalah Anda hapus semua cache ini supaya bluetooth menjadi segar kembali.

Solusi 2. Hapuslah Data Pada Bluetooth

Bluetooth pada smartphone selalu mengingat semua perangkat yang pernah terhubung dengannya. Hal ini dilakukan supaya HP Anda bisa tersambung kembali ke perangkat tersebut melalui bluetooth dengan mudah dan lebih cepat. Akan tetapi, jikalau daftar nama bluetooth yang pernah tersambung ini sudah terlalu banyak, kondisi tersebut bisa mempengaruhi kinerja bluetooth. Tak menutup kemungkinan fitur bluetooth HP Anda menjadi tidak dapat diaktifkan. Sebaiknya Anda hapus saja memori daftar ini.

Solusi 3. Instal Aplikasi untuk Bluetooth

Di Google Play atau Apps Store tersedia beberapa aplikasi yang dapat mendukung kinerja bluetooth di smartphone serta meningkatkan performanya. Bahkan tidak sedikit pula aplikasi yang bisa memperbaiki bluetooth yang bermasalah. Anda bisa mencoba menginstal aplikasi berjenis fix repair untuk bluetooth guna mengatasi masalah fitur bluetooth yang tak dapat dinyalakan meskipun tombolnya sudah ditekan berkali-kali. Pilihlah aplikasi yang mempunyai rating tertinggi sehingga kemampuannya telah teruji.

Solusi 4. Restart HP Anda dengan Total

Penyebab bluetooth yang tidak bisa diaktifkan bisa datang dari mana saja. Bukan tidak mungkin masalah ini timbul akibat sistem smartphone yang terlalu sibuk. Saking sibuknya sistem tersebut, sentuhan yang coba Anda berikan di layar HP tidak direspons sama sekali. Smartphone menjadi hang. Kondisi ini sering menimpa ponsel yang memiliki RAM sedikit. Sebagai solusinya, cobalah Anda mereboot HP secara total. Matikan HP Anda, lalu cabut baterainya dan biarkan selama 5-10 menit. Setelah itu, coba nyalakan HP kembali.

Solusi 5. Lakukan Factory Reset HP

Factory reset bisa menjadi pilihan yang masuk akal apabila Anda sudah mencoba semua solusi di atas, namun bluetooth di HP tetap tidak bisa aktif. Pada dasarnya, opsi ini berguna untuk mengembalikan kondisi smartphone layaknya smartphone yang baru keluar dari pabriknya. Semua setting di HP Anda akan kembali lagi ke awal. Sehingga masalah pada bluetooth yang mungkin timbul akibat kesalahan dalam pengaturannya dapat teratasi setelah Anda melakukan factory reset ini.

Solusi 6. Gantilah IC Chip Bluetooth HP

Cobalah Anda ingat-ingat sekali lagi apakah HP Anda pernah terjatuh, terkena air, atau terkena benturan yang cukup keras? Jika iya, maka bukan tidak mungkin bluetooth HP Anda menjadi mati akibat masalah ini. Bluetooth tersebut sudah rusak pada bagian hardwarenya. Chip bluetooth yang tertanam di dalam mesin smartphone sudah mengalami kerusakan yang fatal sehingga mati. Jadi satu-satunya solusi yang bisa diambil yaitu melepas IC yang rusak tersebut dengan menggantinya dengan IC baru.